Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menjaga Kenyamanan saat Kuliah di Rumah aja

Sudah lebih dari setahun pola perkuliahan tatap maya berlangsung selama pandemi Covid-19. Dampak learning loss yang menjadi isu hangat terkait model pembelajaran daring ini mulai mencuat. Pembelajaran tatap muka secara terbatas pun mulai diwacanakan untuk seluruh jenjang pendidikan dengan tetap memperhatikan kondisi dan kebijakan masing-masing daerah. 

dunia kampus - jasa pembasmi tikus jogja
Image by Rudy and Peter Skitterians from Pixabay 

Pembelajaran tatap muka yang sifatnya terbatas tersebut menuntut kita tetap melaksanakan aktifitas belajar mengajar dari rumah.  Beberapa perguruan tinggi mulai menyiapkan pelaksanaannya secara hati-hati. Perkuliahan tatap muka hanya diperuntukkan bagi mata kuliah berbasis praktikum dengan protokol kesehatan yang ketat.

Merefleksi pengalaman pembelajaran tatap maya setahun lalu, beragam kendala kerap muncul (silakan baca postingan sebelumnya Dinamika Perkuliahan Semasa di Rumah Aja).  Keterbatasan kuota internet, motivasi rendah, buruknya sinyal, peralatan penunjang yang tidak memadai misalnya sering dihadapi baik dosen maupun mahasiswa. Oleh karenanya, efektifitas kuliah virtual sangat bergantung dukungan fasilitas belajar dan mengajar. Layaknya perkuliahan tatap muka, kuliah online pun membutuhkan lingkungan belajar mengajar yang nyaman.

Suara bising di saat kita menyampaikan materi kuliah atau rapat secara daring, sangat menganggu konsentrasi. Bayangkan saat kita melalukan presentasi penting secara virtual, suara bising terdengar oleh peserta meeting lainnya dan sangat mengganggu. Kebisingan itu misalnya bisa bersumber dari suara kendaraan yang lalu lalang di depan rumah atau kost, pedagang keliling yang menjajakan dagangannya, atau para pengamen di depan pagar menyanyikan lagu. 

Kerap kita tidak menyadari sumber kebisingan itu juga bisa berasal dari dalam rumah sendiri. Dengungan suara rayap atau tikus yang mencicit, tentu membuat konsentrasi kita terganggu. Bahkan lebih menjengkelkan lagi tatkala kita sedang asyik menyampaikan materi tiba-tiba pasokan daya listrik ke PC/ notebook atau modem wifi kita terganggu. Gangguan listrik bisa berasal dari PLN langsung karena ada perbaikan. Hal ini wajar saja terjadi. 

Namun, yang membuat kita jengkel adalah apabila kabel jaringan listrik terputus karena digigit tikus. Tikus merupakan hama yang sangat mengganggu dan merepotkan ketika mereka berada di dalam rumah atau kantor kita. Hewan yang satu ini memiliki sifat merusak dan suka menggigit kabel untuk mengasah giginya. Hasil gigitannya inilah akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik, bahkan bisa berujung pada kebakaran karena arus pendek.

Mungkin diantara kita menganggap sepele gangguan dari tikus. Padahal hewan pengerat ini selain mengggangu kenyamanan juga menularkan beragam jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi Kesehatan manusia. Jenis penyakit melalui perantaraan hewan perusak ini mulai dari Hanta virus, demam akibat gigitan tikus, penyakit pes hingga jenis penyakit yang sangat serius yaitu Leptospirosis.

Lingkungan rumah/ kost yang kotor sangat disenangi hewan perusak ini. Keberadaan tikus bisa terdeteksi apabila di sekitar rumah Anda ada bekas gesekan, jejak kaki (jejak lari), lubang, kerusakan, sarang, suara garukan, kotoran tikus, dan bau khas. Jika tanda-tanda terebut berada di rumah atau tempat kita ngekost, bisa dipastikan tempat tinggal kita telah diserang hama tikus. Tikus adalah hewan yang mudah berkembangbiak. Manakala hewan ini sukses membuat sarang di rumah kita, perkembangbiakan mereka akan sulit dikendalikan.

Mengendalikan tikus manakala mereka sudah bersarang di tempat tinggal kita tidaklah mudah. Pengetahuan kita yang terbatas terkait perilaku hewan yang satu ini membuat upaya pengusiran hewan pengerat ini terkendala. Hewan yang satu ini termasuk makhluk cerdik. Meski kita sudah memasang jebakan atau perangkap tikus, metode konvensional ini kerap tidak membuahkan hasil. Kalaupun berhasil tidak berarti hewan ini tidak akan kembali bertamu di rumah kita.

Nah daripada pada emosi kita memuncak karena gangguan hewan satu ini, serahkan saja pada ahlinya yang terpercaya dan berpengalaman. Tersedia banyak penyedia jasa pembasmi hama tikus. Satu provider penyedia jasa pembasmi tikus bereputasi yang memiliki kantor di berbagai daerah di tanah air dan diperkuat tenaga profesional bersertifikat adalah PT Fumida Pestindo Jaya. Perusahaan ini juga terdaftar sebagai anggota resmi Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia.

Nah bagi sobat dunia kampus yang tinggal atau ngekost di kota Pendidikan Yogyakarta bisa menggunakan jasa mereka. Cakupan kawasan jasa pembasmi tikus Jogja meliputi Wirobrajan, Umbulharjo, Tegalrejo, Pakulaman, Ngampilan, Merangsan, Mantrijeron, Kraton, Kotagede, Jetis, Gondomanan, Gondokusuman, Gedingtengen dan Danurejan. Kalian bisa gali informasi lebih lanjut tentang profil penyedia jasa pembasmi tikus ini di https://fumida.co.id/jasa-pembasmi-tikus-di-yogyakarta/

Membiarkan tikus berkeliaran di tempat tinggal atau kost kita sama saja dengan memberikan peluang hewan ini merusak peralatan elektronik penunjang kegiatan work from home atau learning from home di masa pandemi. Ongkos yang harus dibayar terlalu mahal jika hewan kotor dan rakus ini sampai menularkan penyakit kepada anggota keluarga kita. Oleh karena itu, kesadaran menjaga kebersihan di dalam dan di luar rumah harus tertanam pada setiap anggota penghuninya. Ingatlah kebersihan itu bagian dari iman [ ]