Perempuan Di Lumbung Kemiskinan

Oleh Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus.

(Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta)

Sungguh beruntung perempuan di negeri ini. Emansipasi kaum hawa jauh lebih baik dibanding negara lain. Negara berperekonomian maju seperti Jepang, China bahkan Amerika sekalipun belum pernah memiliki presiden wanita, sementara Indonesia sudah. Sejak era reformasi tidak sedikit perempuan menduduki posisi di kabinet. Bahkan di republik ini urusan perempuan ditangani kementerian khusus. Namun di akar rumput, apakah kondisi kaum hawa di bumi pertiwi ini lebih baik?

Dunia Kampus - Perempuan Di Lumbung Kemiskinan
Foto oleh Ihsan Aditya dari Pexels

Potret kondisi perempuan yang terperangkap dalam lumbung kemiskinan tentu memprihatinkan. Jauh berbeda dibandingkan dengan perempuan sosialita. Ibarat langit dan bumi. Kaum sosialita dengan mudahnya mengeluarkan uang hanya untuk membeli sebuah tas bermerek seharga 750 jutaan. Sebaliknya bagi perempuan dalam jeratan kemiskinan, jangankan memiliki tas dengan harga selangit, melihatnya saja belum pernah. Untuk dapat membeli 1 liter beras saja, mereka harus bekerja memecah batu seharian dengan upah ala kadarnya. Sungguh ironis di negara dengan semboyan “gemah ripah loh jinawi”, kemiskinan masih merajalela.

Perempuan merupakan kelompok rentan kemiskinan. Hak akses pendidikan belum sepenuhnya dinikmati kaum perempuan. Ini dibuktikan dengan masih tingginya angka tuna aksara di kalangan perempuan. Dari 5,9 juta orang tuna aksara (3,7%), sebanyak 4,1 juta adalah perempuan. Bisa dibayangkan bila literasi dasar saja rendah, maka akses terhadap informasi pun terbatas. Padahal kemampuan untuk mendayagunakan informasi yang diperolehnya dapat menunjang  aktivitas keseharian. Oleh karenanya, pendidikan berperan penting mengangkat taraf hidup kaum hawa dan terhindar dari belenggu kemiskinan.

Senada dengan akses pendidikan, dalam bidang kesehatan pun setali tiga uang. Kaum hawa yang terperangkap jerat kemiskinan akan sulit mendapat layanan kesehatan dasar. Tingginya angka kematian ibu dan anak cermin dari sulitnya akses kesehatan bagi mereka. Gizi buruk juga menghantui kelompok marginal ini. Minimnya pengetahuan menyebabkan rendahnya kepedulian mereka terhadap asupan gizi yang baik bagi anak.

Pendidikan rendah tentu menyulitkan mereka mengakses sumberdaya ekonomi. Dogma perempuan harus di dapur memperparah persoalan. Hambatan akses terhadap permodalan menutup peluang potensi kewirausahaan yang dimiliki. Ketidakmandirian ekonomi akan menyulitkan kaum ibu ketika ditinggal suami. Kalaupun mereka bisa memperoleh pekerjaan, dengan ketrampilan yang rendah dapat dipastikan upah yang diterima seadanya. Lebih parahnya mereka terjebak dalam perangkap human trafficking.

Kemandirian Ekonomi

Sudah saatnya perempuan bangkit memperjuangkan kemandirian ekonomi. Namun ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seyogianya langkah-langkah berikut dapat diwujudkan.

Pertama, perlidungan hukum atas ketidakadilan hak perempuan. Penegakan hukum secara tegas terhadap kekerasan dalam rumah tangga misalnya, merupakan wujud perlindungan atas hak perempuan. Berbagai regulasi pro gender telah diterbitkan.  Hanya saja pada tataran implementasi peraturan masih rendah. Sudah saatnya mengurangi program-program pelatihan dan seminar pemberdayaan perempuan, bila hal itu dilakukan hanya untuk kepentingan pencitraan dan penyerapan anggaran. Yang diperlukan adalah aksi nyata mengurangi disparitas gender melalui berbagai program berpihak perempuan marginal.

Kedua, peningkatan akses layanan pendidikan. Tanamkan kesadaran bahwa pendidikan mampu mensejahterakan kehidupan mereka. Dari perempuan berpendidikan akan melahirkan generasi cerdas. Pola asuh anak tentu akan lebih baik seiring meningkatnya penguasaan berbagai informasi. Keterlibatan aktif pranata pendidikan formal dan nonformal sangat dibutuhkan. SDM ditentukan oleh pendidikan, kesehatan, dan pendapatan per kapita. Menurut kajian Bank Dunia dan UNESCO, pendidikan jadi penggerak utama pendapatan per kapita dan kesehatan.

Ketiga, kesetaraan akses sumberdaya ekonomi. Perempuan diharapkan dapat menopang pendapatan rumah tangga. Pendidikan kewirausahaan dan literasi keuangan penting diajarkan kepada mereka. Selain itu, pogram penguatan life skill juga diperlukan bagi kaum hawa. Kita patut belajar dari Mohammad Yunus, peraih nobel dari Bangladesh dengan konsep Grameen Banknya. Perempuan marginal di pedesaan terberdayakan produktivitasnya melalui pinjaman tanpa anggunan dari bank tersebut. Persyaratan administrasi juga dibuat semudah mungkin. Kredit Usaha Rakyat (KUR) semestinya disalurkan meniru model tersebut.

Keempat, asuransi kesehatan sosial harus tepat sasaran. Askesos semestinya diprioritaskan pada kelompok marginal. Kelompok ini mengalami hambatan dalam memperoleh layanan dasar kesehatan. Ketidakberdayaan ekonomi membuat kelompok ini tidak sanggup membayar asuransi kesehatan secara mandiri. Oleh karenanya, Pemerintah harus menanggung biaya askes mereka.  

Kelima, optimalisasi dana desa. Tidak dapat dipungkiri, kantong kemiskinan berada di pedesaan. Meski dalam APBN 2016 alokasi dana desa tidak sebesar nilai sesuai amanat UU Desa, namun prioritas program mesti diarahkan untuk pengentasan kemiskinan. Infrastaruktur desa seyogianya dibangun untuk melancarkan aktifitas perekonomian. Manakala perekonomian desa bergerak, lapangan kerja akan tersedia. Ini tentu mampu menghambat laju urbanisasi. Dengan demikian, dana desa diharapkan dapat mengangkat kemandirian ekonomi warga desa.

Pada akhirnya, tugas kita bersama mengeluarkan perempuan dari perangkap kemiskinan. Meski tugas ini tidaklah mudah, namun masih ada asa bahwa kue pertumbuhan ekonomi bangsa ini dapat dinikmati secara adil dan merata. Semoga lumbung kemiskinan terhapus di negara kaya sumberdaya alam ini. 

Komentar

  1. Sangat menarik dan menambah rasa kesadaran diri untuk bisa sedikit menghargai apa yg telah dimiliki. Dan semoga lumbung kemiskinan segara terhapus:)

    BalasHapus
  2. sangat menarik dan sangat mengedukasi terlebih lagi untuk kaum hawa, prof.

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat serta membuka wawasan untuk berfikir lebih kritis dan bijak terkhusus untuk kaum wanita.

    BalasHapus
  4. sangat menarik dan bermanfaat serta mengedukasi kaum wanita, prof

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat untuk di baca dan menambah wawasan

    BalasHapus
  6. Sangat menarik untuk dibaca, bermanfaat dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaat, mengedukasi serta menarik bagi para pembaca khususnya kaum wanita🙇‍♀️

    BalasHapus
  9. sangat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai perempuan dilumbung kemiskinan. semoga kedepannya kaum wanita dapat terbebas dari perangkap kemiskinan

    BalasHapus
  10. Sangat menarik dan bermanfaat untuk wawasan terutama bagi kaum perempuan agar lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitas hidup agar dapat segera terbebas dari perangkap kemiskinan

    BalasHapus
  11. Sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat dan sangat menarik

    BalasHapus
  14. Artikel yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ��

    BalasHapus
  15. Sangat menarik dan bermanfaat untuk di baca sebagai penambah wawasan

    BalasHapus
  16. Sangat menarik dan bermanfaat khususnya bagi kita para kaum wanita

    BalasHapus
  17. Sangat bermanfaat untuk dibaca dan menambah wawasan

    BalasHapus
  18. Sangat informatif dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  19. sangat menarik dan juga bermanfaat untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  20. Sangat bermanfaat, mudah dimengerti,dan menambah wawasan

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. sangat bermanfaat,menarik dan menambah wawasan

    BalasHapus
  23. sangat menarik dan juga bermanfaat terutama untuk menambah wawasan kita

    BalasHapus
  24. Sangat menarik dan bermanfaat untuk memperluas wawasan terlebih bagi kaum hawa prof

    BalasHapus
  25. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan terutama untuk kaun perempuan

    BalasHapus
  26. Sangat menarik pembaca dan juga sangat informatif

    BalasHapus
  27. Sungguh bermanfaat dalam mengatasi salah satu permasalahan di negeri ini

    BalasHapus
  28. Sangat bermanfaat dan informatif sekali

    BalasHapus
  29. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang kaum perempuan yang harus bisa meningkatkan kualitas hidupnya agar memiliki kemandirian ekonomi

    BalasHapus
  30. bermanfaat sekali,point-poinnya pun tercapaikan dengan baik

    BalasHapus
  31. sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang perempuan yang dimana harus lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas hidpnya agar terbebas dari perangkap kemiskinan

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  34. Sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  35. Anggrayeni kurnia11 November 2020 14.49

    Sangat bermanfaat, menarik dan menambah wawasan

    BalasHapus
  36. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  37. Sangat menarik, menambah wawasan bagi kita salah satunya tentang pentingnya pendidikan bagi kaum wanita

    BalasHapus
  38. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita ketika membacanya

    BalasHapus
  39. terumakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  40. isi yang sangat bermanfaat dan sesuai realita yang terjadi membuat konten sangat menarik dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam keseharian

    BalasHapus
  41. sangat menarik pembaca dan menambah wawasan bagi kaum wanita

    BalasHapus
  42. Wening Handayani11 November 2020 14.51

    Sangat menarik dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  43. Sangat menarik dan menambah wawasan

    BalasHapus
  44. Sangat Bermanfaat sekali, bahwa Kami para kaum Hawa Harus bisa lebih baik secara mandiri dalam hal finansial Agar dihindarkan dari situasi lumbung kemiskinan

    BalasHapus
  45. Trimakasih pak artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  46. Sangat menarik dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan sangat penting bagi kaum wanita agar dapat meningkatkan taraf kehidupan mereka.

    BalasHapus
  47. Memotivasi anak bangsa, terimakasih prof...

    BalasHapus
  48. sangat menarik dan menyadarkan pentingnya pendidikan terutama bagi kita kaum perempuan

    BalasHapus
  49. sangat menarik dan bermanfaat bagi pembaca serta menambah wawasan bagi kaum wanita

    BalasHapus
  50. Sangat bermanfaat menambah pengetahuan dan wawasan tentang perempuan dan lumbung kemiskinan agar perempuan tetap bersemangat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

    BalasHapus
  51. Sangat menarik dan bermanfaat terutama untuk kaum perempuan

    BalasHapus
  52. Artikel yang sangat menarik dan memverikan kesadaran thdp kaum perempuan

    BalasHapus
  53. Sangat menarik, bermanfaat, dan juga menambah wawasan bahwa pendidikan itu penting bagi para pembaca terutama perempuan

    BalasHapus
  54. Informatif dan sangat mengedukasi mengenai peningkatan potensi kewirausahaan dan kualitas pendidikan

    BalasHapus
  55. Terima kasih pak artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
  56. Informasi di dalam artikel ini disampaikan sangat menarik, informatif, dan bermanfaat untuk menjadi pembelajaran mengenai rawannya kemiskinan dalam kedudukan perempuan di perekonomian Indonesia

    BalasHapus
  57. Informatif dan sangat mengedukasi

    BalasHapus
  58. Amalia Putri Alamsyah11 November 2020 15.08

    Informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan, terimakasih prof

    BalasHapus
  59. Sangat bermanfaat dan mendapatkan wawasan ganv baik

    BalasHapus
  60. Artikel ini sangat bermanfaat dan sangat menarik

    BalasHapus
  61. Sangat informatif dan memotivasi kita agar lebih peduli terhadap kemiskinan di negara kita

    BalasHapus
  62. Informatif, menarik, dan mengedukasi. Menyadarkan dan dan menambah wawasan pentingnya pendidikan bagi kaum wanita

    BalasHapus
  63. Sangat informatif dan memotivasi kita untuk peduli terhadap kemiskinan yang terjadi di negara kita

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Sangat menarik dan bermanfaat untuk memperluas wawasan

    BalasHapus
  66. Artikel yang sangat informatif, menginspirasi, memotivasi dan daoat dijadikan pedoman, terkhusus untuk kaum perempuan di negara ini. Terimakasih untuk ilmu dan iformasinya Prof.

    BalasHapus
  67. Artikelnya sangat bermanfaat dan mengedukasi kita semua

    BalasHapus
  68. artikel ini sangat bermanfaat dan menarik. langkah-langkah yang diberikan dalam isi artikel tersebut bagus dan bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah yang baik. sukses trus prof🙏

    BalasHapus
  69. terimakasih pak, aartikelnya sangat informatif dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar dari Meyna Rasya Putri Leapriwanti

      Hapus
  70. Artikel bermanfaat dan bagus

    BalasHapus
  71. Sanagat menarik dan menambah wawasan terutam kaum wanita

    BalasHapus
  72. Artikel yang sangat memberi banyak pengetahuan

    BalasHapus
  73. Sangat bermanfaat, serta menambah wawasan terlebih lagi untuk kaum hawa

    BalasHapus
  74. Sangat bermanfaat dan memberi wawasan

    BalasHapus
  75. sangat bermanfaat menambah ilmu bagi diri saya, terima kasih prof

    BalasHapus
  76. Terima kasih prof . Sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  77. Artikel yang bermanfaat untuk memberikan wawasan dan semangat kepada kaum hawa bahwa kaum hawa tidak hanya diam dirumah tetapi juga bisa berpreatasi bagi negara ini

    BalasHapus
  78. Artikel yang sangat informatif, menginspirasi, memotivasi dan dapat dijadikan pembelajaran untuk kedepannyaa

    BalasHapus
  79. Artikel ini sangat informatif, bermanfaat dan tentunya menambah wawasan, terlebih untuk kaum perempuan

    BalasHapus
  80. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  81. sangat berguna dan menambah wawasan

    BalasHapus
  82. Artikel yang bagus dan sangat berguna bagi para pembacanya

    BalasHapus
  83. Artikel yang sangat bagus,bermanfaat,dan mengedukasi... Membuka cakrawala wawasan yang luas tentang kemampuan² yang sudah seharusnya dicapai oleh seorang perempuan... Yang mana kita telah berada di zaman emansipasi wanita

    BalasHapus
  84. Artikel ini sangat bermanfaat, menginspirasi, dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  85. Artikel yang informatif dan berguna untuk menambah wawasan bagi para pembaca.

    BalasHapus
  86. Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih

    BalasHapus
  87. Artikel yang sangat bermanfaat, dan tentunya menambah wawasan serta informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarah Khairanni11 November 2020 16.49

      dari Sarah Khairanni

      Hapus
  88. An Nissa Panindha11 November 2020 16.49

    Artikel ini sangat Informatif, mencamtumkan point-point penting dan bermanfaat, mengedukasi, serta menambah wawasan terutama untuk kaum perempuan

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Artikel sangat bermanfaat, berguna untuk menambah wawasan pembaca.

    BalasHapus
  91. Artikel sangat bermanfaat, dan memberikan wawasan yang luas untuk para pembaca

    BalasHapus
  92. Nadiatun Nasiroh11 November 2020 17.38

    Artikel yang sangat informatif, mengedukasi dan sangat lengkap. Artikel dapat menambah wawasan pembaca

    BalasHapus
  93. Patricia Regina Putrie11 November 2020 19.17

    artikel ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu bagi pembaca.

    BalasHapus
  94. Artikel yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.Terima kasih

    BalasHapus
  95. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca, terimakasih prof

    BalasHapus
  96. Artikel yang sangat bermanfaat dan mengedukasi pembaca. Terimakasih prof

    BalasHapus
  97. artikel ini menarik dan informatif bagi para pembaca

    BalasHapus
  98. Artikel ini sangat bermanfaat dan menarik, Terimakasih Prof

    BalasHapus
  99. Fernanda Amelia Putri12 November 2020 07.59

    Artikel ini sangat bermanfaat dan menarik, Terimakasih Prof

    BalasHapus
  100. Wahhh artikelny bagus, terimaksih profff

    BalasHapus
  101. sangat menarik dan bermanfaat serta mengedukasi kaum wanita pak

    BalasHapus
  102. Allysya Lailla Bilqiis1 Desember 2020 20.08

    saya sangat setuju pada artikel di atas, bahwa perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata dalam membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. terima kasih prof artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

POSTINGAN TERPOPULER

7 Tips Menentukan Topik (bukan judul) Skripsi

Teknologi Informasi menjadi Inovasi dalam Berwirausaha?