Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Inovatif untuk Anak Muda Kreatif

Oleh : Stephanie Nathania*

Kondisi saat ini, masyarakat sudah menyadari bahwa berbisnis adalah alternatif yang tepat untuk menambah penghasilan mereka. Faktanya, sudah banyak masyarakat membuka usaha. Walaupun, masih kecil-kecilan, mereka percaya jika dijalani dengan serius, bisnis mereka lama kelamaan akan menjadi bisnis yang besar. Tidak hanya masyarakat yang sudah dewasa dan berumur saja yang memulai bisnis. Saat ini anak-anak muda, seperti anak sekolah, mulai dari Sekolah Menengah Pertama sampai Mengah Atas, dan para mahasiswa, sudah memulai bisnis mereka sendiri. Bagi mereka hal tersebut akan menambah uang jajan dan sedikit mengurangi beban orang tua. 

Bisnis Inovatif untuk Anak Muda Kreatif
Foto oleh Thirdman dari Pexels

Namun, untuk sekarang ini, karena sudah banyaknya kesadaran masyarat bahwa berbisnis merupakan pilihan tepat untuk menambah penghasilan, jadi banyak sekali jenis bisnis yang sudah ada di luar sana. Mulai dari bisnis yang berbau fashion, makanan, dan bahkan bisnis jasa pemotretan produk sudah banyak sekali. Kalau kita perhatikan bisnis minuman saja, dengan konsep cafΓ© dan berisi menu kopi, di daerah Rawamangun, sekitar kampus Universitas Negeri Jakarta saja sudah sangat banyak. CafΓ© dengan menu kopi memang banyak digemari anak muda dan sangat tepat untuk anak muda yang suka sekali nongkrong. Lalu selanjutnya berbisnis berbau fashion, awal-awal tahun 2019 bisnis Trifting masih jarang dijumpai di sekitar kita. Namun sekarang, sudah banyak sekali anak muda yang menjalani bisnis Trifting dan bahkan, harga yang mereka tawarkan berani tinggi dan kalau dipikir-pikir harganya sudah tidak masuk akal. Jadi beberapa orang akan berfikir “mending saya beli baju baru”.

Saking sudah banyaknya bisnis diluar sana, membuat kita yang ingin memulai bisnis harus benar-benar berpikir keras. Kira-kira bisnis apa sih yang benar-benar bisa membedakan kita dengan kompetitor lain? Bisnis apa yang benar-benar inovatif, dan mampu menjadi cetusan baru. Tentunya bisnis yang seperti itu hanya datang dari anak muda yang kreatif, dan dapat berpikir Out of The Box.

Pertama-tama sebelum memulai bisnis yang inovatif, yang harus kita pahami adalah arti dari Inovatif itu sendiri. Pengertian inovatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengenalkan sesuatu yang bersifat baru. Lalu, apa yang dimaksud dengan inovasi? Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan. Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya. Jadi bisnis yang inovasi, adalah bisnis yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. atau sudah ada, namun memiliki pembeda dari yang lain.

Dalam mencari inovasi bisnis, yang paling mendasar adalah kita harus melihat potensi dalam diri kita, kira-kira seberapa mampu kita anak mengembangkan bisnis kita. Lalu memulai perencanaan bisnis dengan sangat matang. Karena banyak pembisnis yang kurang memahami hal ini dan kurang dalam pondasi bisnis. Perencanaan yang matang bagaikan pondasi awal awal dalam membangun bisnis. Ibaratnya membangun rumah, jika pondasi rumah kuat, maka akan kokoh pula rumahnya.

Melihat bisnis kreatif yang sudah ada dan dijalani banyak anak muda sekarang ini, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan inovasi bisnis. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun bisnis inovatif.

Pertama, sebelum memulai bisnis lalukanlah riset produk dan bisnis. Perhatikan barang dan bisnis yang akan ditawarkan. Apakah bisnis yang akan ditawarkan tersebut, sudah mendapat pasar? Apakah sudah tau tujuan pemasarannya? Lakukan riset melalui internet, langsung dan juga bisa dengan kuisioner. Jika barang dan jasa yang ditawarkan ternyata banyak yang membutuhkan, maka anda sudah memiliki pasar. Namun jika sudah ada yang menawarkan barang dan jasa yang sama, lakukanlah modivikasi terhadap produk. Maka, produk yang dimiliki akan memiliki perbedaan dan menjadi suatu keunikan.

Kedua, belajarlah dari kesuksesan orang lain. Dalam memulai bisnis, sebagai seorang pemula, maka yang perlu banyak belajar. Belajar dari orang-orang yang sukses, dapat membuat kita memiliki gambaran akan dibawa kearah mana bisnis yang dibangun. Tidak hanya itu, orang yang sudah sukses juga dapat ditiru langkah-langkahnya, pemikirannya, penyelesaian maslahnya, dan dapat dijadikan sebagai seorang motivator dalam menjalankan bisnis. Banyak sekali pembisnis muda yang invovatif, kreatif, dan sangat memotivasi untuk dijadikan contoh.

Ketiga, munculkanlah ide kreatif. Seperti yang sudah dibahas, lakukanlah modifikasi terhadap bisnis, agar memiliki karakter dan ciri khas. Sehingga bisnis yang anda miliki unik. Timbulkanlah ide-ide unik untuk diterapkan dalam bisnis.

Keempat, Manfaatkan Teknologi. Seperti yang kita sadari, sekarang ini segala teknologi yang ada sudah canggih, dan sangat mempermudah manusia untuk melakukan aktifitas. Maka dari itu, manfaatkanlah teknologi tersebut. Kita dapat membuat desain yang sangat menarik misalnya, dengan aplikasi terbaru yang mudah digunakan dan sangat baik hasilnya. Atau yang lainnya, kita dapat memanfaatkan social media dan plat form jual beli untuk menarik konsumen dan mempromosikan bisnis kita. Manfaatkan internet, dengan technology, bisnis dapat menjadi lebih mudah dikembangkan.

Kelima, Ikutilah Perkembangan. Bisnis yang inovatif, namun jika tidak mampu mengikuti perkembangan akan sangat percuma. Mengapa demikian? Perkembangan yang ada akan selalu berputar dan berjalan. Selera orang akan berubah-ubah setiap saatnya. Kepopuler suatu hal tidaklah bertahan lama. Pasti akan ada saatnya dimana hal tersebut sudah tidak lagi popular. Jadi, ikutilah trend yang sedang popular, dan terapkanlah dalam bisnis. Lakukan perubahan bisnis terhadap perubahan yang ada. Dengan demikian bisnis akan terus berjalan sesuai dengan perkembangan zaman, dan tidak akan mati. Namun, jangan juga terlalu sering melukan perubahan dalam bisnis. Jika terlalu sering, akan membuat konsumen bingung dan tidak mengerti terhadap konsep bisnis yang ada, dan akan memudarkan ciri khas yang ada pada bisnis.

Berpikiran kreatif tidaklah mudah. Yang diutamakan adalah kemauan untuk banyak belajar dan meningkatkan skill dalam diri. Upgrade skill dan pengetahuan dalam diri sebelum membangun bisnis yang inovatif. Karena dengan skill dan pengetahuan yang baik, maka bisnis yang akan dibangun juga merupakan bisnis yang baik, yang tidak asal-asal, dan bisnis yang berkualitas.

Memulai bisnis yang inovatif haruslah memiliki pondasi yang kuat, mau belajar dari kesuksesan orang lain, mampu memunculkan ide-ide kreatif, Dapat memanfaatkan teknologi dan mampu melakukan perkembangan dalam bisnis. Penerapan inovasi bisnis sangatlah penting. Bisnis yang inovatif, berasal dari orang yang kreatif. Anak muda haruslah kreatif dan mau memulai hal baru. Dengan demikian bisnis yang dijalani akan mampu bersaing dan mampu mengalahkan Kompetitor lain. Jadi, sebagai anak muda memiliki pemikiran yang kreatif sangatlah penting untuk memulai bisnis. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengupayakan bisnis menjadi hal yang menarik. Dengan keunikan yang ada dalam diri, ubahlah menjadi keunikan yang dapat ditawarkan kepada orang lain dan menghasilkan penghasilan. []

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Posted by Dedi Purwana

50 komentar untuk "Bisnis Inovatif untuk Anak Muda Kreatif"

  1. Good bgt artikelnyaπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stevie Nathania8 Desember 2020 22.22

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  2. Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.23

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  3. Opini yang bagus dan menginformasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.23

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  4. Ini pengetahuan yang bermanfaat banget buat aku yang ingin berwirausaha. Thanks, sukses ya Stevie ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.24

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  5. Membaca tulisan ini seakan membuka "theater of mind" terhadap bisnis yang akan saya jalani. Saya acapkali merasa takut bisnis saya kedepannya tidak akan berjalan sesuai ekspektasi saya, tapi tulisan ini membawa saya ke state of mind baru. Terimakasih Stephanie atas tulisan yg bagus ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.25

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (: semoga sukses dalam memulai usahanya rian

      Hapus
  6. Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.25

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  7. Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.26

      Terimakasih atas apreasiasinya krishanaa, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  8. sangat membantu πŸ‘, makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stephanie Nathania8 Desember 2020 22.29

      Terimakasih atas apreasiasinya, semoga dapat bermanfaat informasinya (:

      Hapus
  9. πŸ’―πŸ’―πŸ’―

    BalasHapus
  10. mantap sekali, bagus untuk kita yg ingin berbisnis atau berwirausaha

    BalasHapus
  11. Pengetahuan yang sangat bagus jika ingin memulai suatu usaha agar dapat meminimalisir kegagalan dalam berwirausahaπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  12. Mantap memberi pengetahuan sekalii πŸ‘

    BalasHapus
  13. Kerennn banget menambah wawasan untuk berwirausaha

    BalasHapus
  14. Betul banget, untuk menjadi anak muda yang inovatif diperlukan pemikiran yang krearif, membuka bisnis tidaklah mudah dan asal-asalan. Terimakasih atas ilmunyaπŸ‘Œ

    BalasHapus
  15. bagus banget artikelnya

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Artikel ini sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  18. keren banget jadi bisa nambah pengetahuan untuk memulai usaha nihh

    BalasHapus
  19. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  20. bermanfaat bgt, thank you writer!

    BalasHapus
  21. Keren, sangat bermanfaat ��

    BalasHapus
  22. Pas banget nih nambah ilmu bisnis di masa pandemi

    BalasHapus
  23. Sangat bermanfaat πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  24. Fransisca Ratna3 Desember 2020 11.36

    Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. Bermanfaat bgt nih artikelnya untuk menambah wawasan kita untuk berbisnis

    BalasHapus
  26. mantap nihh artikelnya inovatif!

    BalasHapus
  27. mantap , bagus dan bemanfaat, kerennnnn

    BalasHapus
  28. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  29. Sangat membantu, untuk kita semua yang ingin memulai bisnis. Terimakasih πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  30. Artikel yang membantu sesama sekali, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  31. Mantappp, membantu banget artikelnya

    BalasHapus
  32. Terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
  33. Terimakasih artikelnya informatif sekali...kerenn

    BalasHapus
  34. Sangat membantu sekali artikelnya

    BalasHapus