Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Efektifkah Pembelajaran Sistem Online Class di Masa Pandemi?

 

Efektifkah Pembelajaran Sistem Online Class di Masa Pandemi?
https://www.pexels.com/id-id/foto/alfabet-angka-baca-bahasa-inggris-256417/

Oleh: Thasya Josephin*

Seperti yang kita ketahui sekarang, Indonesia sedang mengalami wabah virus corona atau yang biasa disebut sebagai Covid-19. Virus corona ini sangat mencemaskan bagi warga negara Indonesia, pasalnya disaat kita terkena atau terserang virus ini, virus ini akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan, dan sudah banyak warga negara Indonesia yang menjadi korban dari virus Corona ini sebagaimana yang kita tahu virus Corona ini menyebar sangat cepat yang di mana kita tahu bahwa pemerintah menganjurkan kita untuk menjaga jarak atau memutus rantai penyebaran oleh karena itu setiap pembelajaran untuk mahasiswa ataupun siswa dianjurkan melakukan pembelajaran melalui daring atau yang biasa disebut online class. Dengan adanya pembelajaran secara daring, pembelajaran ini dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meski dihadang virus Corona. Akan tetapi cara pembelajaran secara Daring ini menuai kontroversi yang di mana ada sebagian siswa ataupun mahasiswa yang tidak memiliki kuota atau laptop yang berkualifikasi untuk melakukan pembelajaran. Selain itu juga kemampuan teknologi bagi masing masing siswa itu berbeda tidak semua siswa memiliki pemahaman tentang teknologi untuk kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh.

Penyampaian materi melalui daring dapat bersifat interaktif sehingga peserta belajar mampu berinteraksi dengan komputer sebagai media belajarnya. Sebagai salah satu contoh siswa yang menggunakan pembelajaran media elektronik atau menjalin hubungan (browsing, chatting, video call) melalui media elektronik, dalam hal ini komputer dan internet nantinya akan memperoleh hasil belajar yang lebih efektif dan baik dari pada pembelajaran konvensional. Setiap siswa dituntut untuk aktif dan tanggap dalam pembelajaran ini. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas serta kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Keefektifan dalam hal pembelajaran melalui online class ini dapat diketahui melalui perilaku setiap siswa-siswa, maupun pembelajar (guru atau dosen). Model pembelajaran secara daring ini, pendapat peserta didik menerima melakukan pembelajaran secara daring karna model pembelajarannya yang santai, efisien, singkat dan hemat tenaga. Selain itu juga keefektifan ini bisa dilihat dengan cara orang tua dapat mengawasi putra putrinya dalam hal pembelajaran, sehingga putra putrinya dapat menerima pembelajaran dengan baik dan menangkap semua materi yang diajarkan. Para siswa pun dapat dikatakan menjadi lebih kreatif dalam hal menyelesaikan tugas individu maupun tugas kelompok mereka. Mereka dapat mengerjakan tugas dengan senyaman mungkin. Para murid juga bisa memanfaatkan berbagai bidang teknologi.

Potensi belajar melalui aplikasi pendidikan berbasis komputer (online class) ini sedang mengalami perkembangan pesat saat ini. Pebelajar tidak perlulagi memiliki buku-buku teks, apalagi buku-buku tersebut tersimpan dalam perpustakaan yang proses penggunaannya tidak begitu praktis lagi. Dosen atau guru dan pebelajar memperoleh bahan-bahan ajar secara berlipat ganda, dari lokasi yang cukup jauh dan tersimpan di perpustakaan-perpustkaan yang ada diseluruh dunia. Para guru, dosen, dan peserta didik dapat meningkatkan belajar di sekolah (pembelajaran) dengan mengakses informasi dari jaringan sumber-sumber (misalnya databases, perpustakaan, kelompok minat dan sebagainya), mengkomunikasikan melalui komputer dengan dosen dan pebelajar lain, dan mengubah atau merevisi pesan atau data sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, dosen atau guru dan peserta didik dapat mengakses dokumen-dokumen lain untuk memperkaya pengalaman belajarnya.

Setelah membahas beberapa keefektifan pembelajaran secara daring, kendala model pembelajaran daring ditengah Pandemi Covid-19 bagi para peserta didik adalah karena lemah pada sinyal jaringan internet, karena waktu yang diterapkan sangat singkat. Contohnya seperti kuliah online dalam sistem baris scanner, fotocopi, bahkan poto. Mencari file setelah scanner itu kadang-kadang terkendala dalam mencari dimana letak file tersebut. Setiap daerah belum tentu memiliki jaringan yang stabil. Apalagi dalam sistem belajar seperti ini butuh kuota ekstra. Kendala laptop atau handphone bermasalah, ketika sedang ujian atau server error. adapula waktu yang dibatasi, tidak ada kuota internet dan keterbatasan media yang di gunakan dan penyesuaian terhadap finansial setiap orang berbeda-beda untuk menghadapi situasi seperti sekarang. Kendala lain,masih ada miskomunikasi, kadang-kadang kadang apa yang dijelaskan guru disalahpahami oleh mahasiswa dan siswa harus belajar mandiri tidak ada  kolaborasi dilingkungan terbuka. Ada pula kendala dalam pembelajaran matematika yang di mana pembelajaran matematika itu tidak akan mudah dalam pembelajaran secara daring. dengan adanya pembelajaran secara Daring ini para guru ataupun dosen sangat sulit untuk mengontrol mana siswa yang serius mengikuti pelajarannya dan mana yang tidak pembelajaran lebih banyak bersifat teoritis dan minim praktik karena tidak dimungkinkan bertemu atau berinteraksi dengan para murid. Dan juga banyak hal yang dapat mengganggu proses pembelajaran sehingga konsentrasi siswa saat belajar.

Agar pembelajaran melalui sistem jaringan online ini efektif, berikut ini berbagai saran yang dapat diterapkan:

  1.  Isi yang disajikan memiliki relevansi dengan tujuan khusus pembelajaran yang ingin dicapai.
  2. Menggunakan metode-metode pembelajaran melalui contoh-contoh dan latihan latihan untuk membantu belajar para peserta didik.
  3. Menggunakan media seperti gambar-gambar dan kata-kata untuk menyajikan isi dan metode.
  4. Mengembangkan dan membangun pengetahuan dan keterampilan baru sesuai dengan tujuan individu dan peningkatan organisasi. 
  5. Tetap memberikan materi sebelum penugasan.
  6. Pemberian soal yang bervariatif dan berbeda tiap peserta didik.
  7. Pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya.
  8. Memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran.
  9. Mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan.
  10. Pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami.

Pembelajaran daring memiliki sisi positif dan sisi negatif yang saling beriringan. Hal ini nantinya akan membawa konsekuensi seberapa efektifkah pembelajaran daring di masa pandemi. Dengan kemajuan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan pendidikan, para pendidik memanfaatkanya untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Pembelajaran secara daring akan terus harus dilakukan mengingat belum tuntas nya  wabah Covid-19 di Indonesia dan membantu pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga sampai saat ini masih belum ditentukan kapan akan masuk sekolah kembali untuk pembelajaran tatap muka. Dengan demikian pembelajaran Daring sebagai solusi yang efektif dalam pembelajaran di rumah guna memutuskan rantai penyebaran virus Corona, physical distancing (menjaga jarak aman) juga menjadi pertimbangan dipilihnya pembelajaran tersebut. Kerjasama yang baik antara guru, siswa, orangtua siswa dan pihak sekolah menjadi faktor penentu agar pembelajaran daring lebih efektif. juga melatih setiap orang yang menggunakan menjadi lebih paham akan adanya teknologi yang semakin canggih. Jika ditanya pembelajaran secara daring ini termasuk efektif atau tidak, mungkin bisa dibilang 50 persen efektif dan 50 persen tidak karena tidak setiap kondisi siswa memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana 

35 komentar untuk "Efektifkah Pembelajaran Sistem Online Class di Masa Pandemi?"

  1. bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  2. terimakasih ilmu yg bermanfaat

    BalasHapus
  3. menambah pengetaahuan sekali

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali. Artikel tersebut sangat membantu saya untuk mengetahui cara menjalani pembalajaran lewat sistem daring secara efektif. Terimakasih untuk yang membuat artikel.

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak ilmunyaa sangat bermanfaat👍

    BalasHapus
  6. Waahhhh..... semoga ilmunya bisa bermanfaat juga buat yang lain.... semangaattt 😊😊

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  8. Ilmunya sangat bermanfaat, Terima kasih👍🏼

    BalasHapus
  9. Artikel yang bagus, bagus artikelnya

    BalasHapus
  10. artikelnya bagus, ilmunya sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  11. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 06.26

    Artikelnya mudah di pahami dan sangat bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus