Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Baru di Masa Pandemi CORONA

Oleh:  Aliffa Nurul Fithriyah*

Tidak terasa sudah kurang lebih setahun tepatnya sejak Maret 2020 pandemi Covid 19  ada di Indonesia. Negara lain yang melaporkan kasus kasus impor pandemi dari Wuhan itu adalah Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Semua negara itu melaporkan kasus pertama Corona pada Januari 2020. Sedangkan Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada Senin 2 Maret 2020. Ketika itu, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun sebagai kasus ke 1 dan ke 2 pasien positif Covid 19. Namun muncul dugaan bahwa 2 kasus itu bukan kasus pertama. Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai memprediksi virus Corona telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020. 

Kebiasaan Baru di Masa Pandemi CORONA
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Hingga detik ini kita harus bersahabat dengan virus Covid 19 ini, karena belum ada titik terang bahwa virus ini akan segera lenyap dari bumi kita tercinta. Indonesia dalam tahap mendatangkan Vaksin sebagai upaya pencegahan dari penyakit ini, karena hingga saat inipun belum ada obat  obat khusus untuk COVID-19. Sepeti yang pernah dikatakan Presiden Joko Widodo bahwa di awal Desember ini selain 1,2 juta vaksin Corona yang sudah tiba. Selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan ini juga akan tiba 15.000.000 dosis vaksin. Dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh Biofarma. Pemberian Vaksin  adalah upaya untuk memberikan kekebalan dalam tubuh agar masyarakat tidak terpapar virus Corona. Program vaksinasi Covid 19 kan digelar pemerintah pada bulan Desember ini. Diharapkan akan ada manfaat besar kepada setiap penerima vaksin Corona. Karena sudah sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, yakni saat pandemi seperti saat ini. Namun bukan berarti setelah warga mendapat suntikan vaksin, virus Corona akan berakhir. Vaksin hanya sebagai imunitas tinggi untuk mencegah virus masuk dalam tubuh.

Tujuan Vaksin di sini hanya meningkatkan kekebalan tubuh. Potensi virus masih terjadi sehingga setelah vaksin tetap harus menjalankan protokol kesehatan seperti yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Dengan demikian orang yang terpapar sakit akan menurun perkembangannya dan kematian juga menurun. Mata rantai penularan terputus dan Insyaallah  pandemi Covid 19 akan segera berakhir, itu harapan dari semua pihak tentunya..

Sedangkan perawatan diri untuk menghadapi penyakit ini apabila sudah dinyatakan positif Covid 19 dan melakukan isolasi mandiri antara lain adalah, harus banyak beristirahat, minum banyak air, dan konsumsi makan makanan yang bergizi tinggi.Untuk hal tersebut tidak perlu mencari makan makanan mahal keaneka ragaman makanan di Indonesia banyak sekali tinggal kepintaran kita dalam memilih menu yang bernilai gizi tinggi. Gunakan ruangan yang terpisah dari anggota keluarga anda, dan jika memungkinkan gunakan kamar mandi khusus. Bersihkan dan lakukan disinfeksi pada permukaan benda yang sering disentuh.

Semua orang harus menjaga pola hidup sehat di rumah. Jaga pola diet yang sehat, tidur cukup, tetap aktif, dan lakukan kontak sosial dengan orang-orang yang Anda sayangi melalui telepon atau internet. Selama masa sulit seperti sekarang, anak-anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian lebih dari orang dewasa. Usahakan untuk selalu menjaga rutinitas dan jadwal seperti biasanya. Jika anda merasa sedih, stres, atau bingung selama krisis merupakan hal yang normal. Berbicara dengan orang yang Anda percaya, seperti teman dan keluarga, dapat membantu. Dan juga jika anda merasa perlu, boleh hubungi tenaga kesehatan atau medis.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah menerbitkan aturan baru yang harus dipatuhi oleh masyarakat saat hendak bepergian keluar rumah. Dalam aturan ini, hal penting yang perlu diperhatikan sebelum keluar rumah adalah kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda dalam kondisi yang fit saat hendak keluar rumah. Jika sedang kurang sehat, sebaiknya tunda dulu berpergian ke luar rumah dan beristirahatlah sampai Anda benar-benar pulih. Anda juga diwajibkan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermogun sebelum memasuki tempat tertentu. Selain itu, sering-seringlah mencuci tangan setelah menyentuh apa pun di luar rumah. Jangan menyentuh bagian wajah, seperti mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya selalu bawa hand sanitizer.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu Anda ketahui untuk menjalani adaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19:

1. Pergi ke pasar, pertokoan, atau mall

Ketika hendak pergi ke pasar, pertokoan, atau mall untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan lainnya, besar kemungkinan Anda akan bertemu dengan banyak orang. Untuk mencegah penularan virus, pastikan Anda menjaga jarak dengan orang lain minimal 1–2 meter. Anda disarankan untuk tidak masuk ke dalam pasar, pertokoan, atau mall bila kondisinya sedang padat dan sulit menerapkan pshysical distancing. Namun, jika memang sedang ada keperluan yang mendesak, kenakanlah masker dan pelindung wajah (face shield) untuk melindungi diri dari paparan virus.

2. Pergi ke rumah makan atau restoran

Pada era adaptasi kebiasaan baru ini, pengunjung sudah diperbolehkan makan langsung di rumah makan atau restoran. Sebaiknya, anda memilih rumah makan atau restoran yang menyediakan meja untuk makan di luar ruangan. Pastikan juga mejanya berjarak 1–2 meter dengan meja lainnya. anda juga bisa membawa alat makan sendiri dari rumah bila memang tidak yakin akan standar kebersihan restoran tempat Anda makan. Saat makan, jangan lupa untuk menyimpan masker di tempat yang bersih agar bagian dalam masker tidak terkontaminasi virus.

3. Di stasiun, terminal, bandara, atau pelabuhan

Saat berada di stasiun, terminal, bandara, atau pelabuhan, pastikan Anda selalu memakai masker dan menerapkan physical distancing dengan penumpang lainnya. Bila ingin berpergian dengan moda transportasi udara atau laut, anda perlu mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card) sesuai ketentuan yang berlaku di bandara atau pelabuhan.

4. Pergi ke tempat wisata

Jika ingin berlibur ke tempat wisata setelah beberapa bulan membatasi aktivitas di luar rumah, hal ini sekarang boleh saja dilakukan, tetapi Anda tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sebelum pergi liburan, Anda disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu aturan yang berlaku di destinasi tujuan. Pasalnya, setiap wilayah memiliki ketentuan yang berbeda-beda, tergantung dari status risiko penyebaran COVID-19 di daerah tersebut. Anda disarankan untuk membawa botol minum dan alat makan sendiri selama liburan. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk masuk ke tempat wisata yang ramai dan tidak memungkinkan physical distancing.

5. Menginap di hotel

Bagi Anda yang berniat untuk menginap di hotel saat berwisata atau sekadar staycation, carilah informasi dahulu terkait hotel yang akan ditempati. Pastikan pengelola hotel telah melakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seperti menyemprotkan disinfektan, serta melakukan pembersihan filter AC dengan rutin. Pada saat melakukan check in hotel atau berada di restoran hotel, pastikan Anda selalu menjaga jarak dengan orang lain ataupun karyawan hotel. Selain itu, hindari untuk berada dalam satu lift dengan banyak orang, ya. Ketika sudah sampai di kamar hotel, bersihkanlah meja, remote tv, gagang pintu, toilet, atau barang lainnya dengan disinfektan yang Anda bawa sendiri. Anda juga dianjurkan untuk membawa peralatan mandi, seperti sikat gigi dan handuk, dari rumah.

6. Pergi ke sekolah

Jika sudah bisa masuk kembali ke sekolah, pastikan menggunakan masker yang yang ukurannya pas. Ingat juga untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun setelah menyentuh benda-benda di sekolah. Bila perlu, sediakan hand sanitizer di dalam tas sekolah. Selain itu, bawa bekal makanan sehat agar dapat memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitasnya di sekolah dan tidak perlu jajan di kantin yang kemungkinan akan ramai di jam istirahat.

7. Olahraga di tempat umum dan pusat kebugaran

Saat hendak berolahraga di tempat terbuka, Anda dianjurkan untuk menjaga jarak 5 meter dengan orang lain saat berjalan kaki, 10 meter saat berlari, dan 20 meter saat bersepeda. Bila Anda berolahraga di tempat kebugaran, pilihlah tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan berbagi peralatan pribadi, seperti handuk, gloves gym, atau matras, dengan orang lain. Setelah berolahraga, bersihkan peralatan tersebut menggunakan disinfektan.

Sesampainya di rumah, Anda jangan langsung bersantai atau bersentuhan dengan anggota keluarga di rumah. Segera bersihkan semua barang yang Anda pakai di luar rumah. Setelah itu, langsung mandi dan berganti pakaian dengan baju yang bersih.

Adaptasi kebiasaan baru juga diberlakukan pada saat acara keagamaan, seperti hari raya Idul Adha. Selain menerapkan panduan adaptasi kebiasaan baru yang telah dipaparkan di atas, pastikan juga Anda selalu mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari COVID-19 maupun masalah kesehatan lainnya.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas  Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana 

69 komentar untuk "Kebiasaan Baru di Masa Pandemi CORONA"

  1. Artikel yg menarik, sangat membantu sebagai ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi saat ini.

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat bagus dan menarik, dan sangat bermanfaat. dimana artikel ini menjelaskan secara rinci hal yg harus dilakukan di masa pandemi ini

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus dan terperinci menjelaskan tentang pandemi covid 19. sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  4. Rahardian Bagas S12 Desember 2020 11.54

    Cukup membantu dalam situasi pandemi spt skrg ini artikelnya,semangat menulis ya.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Pembahasan yang menarik dan sangat bermanfaat sesuai kondisi sekarang ini. Dengan penggunaan kalimat yang tepat juga mudah dimengerti, membuat artikel ini semakin bagus.

    BalasHapus
  7. Pandemi covid 19 memang masih menjadi isu vital di indonesia maupun dunia. Seluruh sektor pemerintah dan masyarakat sudah mengerahkan upaya dan pencegahan atas penyebaran virus ini. Dengan adanya artikel ini, kita menjadi tahu hal hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menekan angka penyebaran virus. Artikel yang sangat membantu. Semoga kedepannya, penulis dapat membuat artikel artikel lain yang dapat membantu dan memberi pengetahuan yang bermanfaat.

    BalasHapus
  8. artikel yang sangad bermanfaat buat saya dan pastinya kita semua, menggunakan bahasa yang mudah dimingerti juga.

    BalasHapus
  9. Woahhh artikel YG sangat membantu saya untuk lebih mengetahui tentang covid 19. Juga
    Dengan bahasa yg mudah dipahami.
    Semangat selalu untuk saudari alifa

    BalasHapus
  10. bagus dan gampang dipahami bgt artikelnya. Wah sangat bermanfaat nih

    BalasHapus
  11. Ariktelnya sangat membantu dan juga artikelnya rapi jadi mudah di pahami, semangat untuk afila dari keluarga EXU CLUB

    BalasHapus
  12. Semoga makin banyak artikel yang mengedukasi seperti ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan baru mengenai new normal di era panemi covid-19 seperti sekarang.
    Bagus... Lanjutkan kak 👍

    BalasHapus
  13. Penjelasannya sangat detail dan gampang di pahami

    BalasHapus
  14. Wah bagus artikelnya, mudah saya pahami sebagai seorang pelajar, terimaksih ka

    BalasHapus
  15. Suka dengan artikelnya, cukup dimengerti dan menarik

    BalasHapus
  16. Menarik untuk dibaca artikelnya

    BalasHapus
  17. Luar biasa bagus sekali pembahasannya, sangat sesuai dengan kondisi kita sekarang, bahasa yang di gunakan juga mudah di cerna

    BalasHapus
  18. Zahra Salsabila12 Desember 2020 12.36

    artikel nya keren dan pas sekali untuk kita di masa pandemi seperti sekarang������

    BalasHapus
  19. Bagus banget artikelnya dan mudah dipahami

    BalasHapus
  20. artikelnya menarik dan tida menggunakan kata" yg berbelit belit sehingga mudah untuk dipahami terima kasih untuk pembuat artikel ini dikarenakan sangat membantu pada saat pandemi seperti sekarang yg mengharuskan kita untuk melakukan kegiatan secara daring

    BalasHapus
  21. Ahhh bagus aritikerlnya menarik banget, aku sukaaaa. Semangat!

    BalasHapus
  22. Bagus artikelnya,dibahas dgn bahasa yg mudah dimengerti,bermanfaat buat dimasa pandemi new normal ini.

    BalasHapus
  23. Bahasa yang di gunakan mudah di pahami dan sangat bermanfaat untuk masa sekarang ini

    BalasHapus
  24. Artikel yang sangat bermanfaat dan sangat informatif, terima kasih

    BalasHapus
  25. Artikel nya keren bgtt

    BalasHapus
  26. Putri Aisyah salsabil21 Desember 2020 17.11

    Artikel nya sangat bermanfaat sekali untuk saya karena dapat menambah pengetahuan saya

    BalasHapus
  27. Mantap nih artikelnya dan bermanfaat

    BalasHapus
  28. artikel nya menarik memberikan informasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  29. Cukup menarik artikelnya dan bermanfaat untuk menghadapi kondisi pandemi covid seperti saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir membaca dan berkomentar

      Hapus
  30. Artikelnya bagus,mudah di pahami,juga menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir membaca dan berkomentar

      Hapus
  31. Artikel ini sangat membantu bagi kita2 yg msh awam ttg corona virus & bgm cara kita mencegah supaya tdk terpapar virus tsb 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir membaca dan berkomentar

      Hapus