Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Krisis Praktik Akuntansi UMKM

Oleh: Intan Kusumawardany*

Krisis Praktik Akuntansi UMKM
Foto oleh Kuncheek dari Pexels

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang sobat dunia kampus sering dengar dengan akronim UMKM ini merupakan kunci penompang perekonomian negara, bahkan disaat terjadi krisis global. Penyerapan tenaga kerja yang berkerja di sektor UMKM sudah melebihi 90% dan sisanya adalah makro . Hal ini dikarenakan UMKM bersifat fleksibel yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan siklus usaha sehingga mampu memberikan kontribusi baik untuk perekonomian negara. Namun, tantangan yang dihadapi UMKM tidaklah mudah, baik dari segi akses modal, teknologi, pasar gelobal maupun pengetahuan akuntansi untuk mengolah keuangannya masih dibilang sangatlah rendah. Padahal pengetahuan akuntansi dapat menjadi dasar yang handal bagi para pengambilan keputusan dalam pengelolaan usaha kecil atau menengah untuk keputusan penetapan harga, pengembangan usaha, menyeimbangkan, keputusan berinvestasi dan sebagainya yang disebabkan rendahnya tingkat pendidikan, pelatihan usaha, pengalaman manajerial, kurang pemahaman teknologi informasi dan kurangnya keandalan karakteristik laporan keuangan. Pelaku UMKM juga mengabaikan pencatatan akuntansi dan laporan keuangan yang sangat dibutuhkan. Dengan terbatasnnya pengetahuan akuntansi ini, maka akan merusak usaha mereka baik secara cepat maupun lambat.

Lalu apa yang akan dilakukan untuk membuat UMKM berkembang lebih besar dan dapat mencegah kerugian besar? Ya benar, jawabanya adalah memberikan pengetahuan yang memadai tentang pentingnya peran akuntansi untuk keberlangsungan UMKM.

Hal yang sangat mendasar dan harus diketahui mengenai akuntansi bagi para pelaku UMKM adalah pengertian akuntansi. Akuntansi adalah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta dalam kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga bisa digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Jika menurut para ahli dari salah satunya yang bernama Paul Gradi bahwa Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

Akuntansi memiliki dua pandangan yaitu pengguna jasa akuntansi dan proses kegiatan. Kedua hal ini sangat penting diketahui oleh para pelaku UMKM karena dapat menatat rapi serta memudahkan dalam pengambilan keputusan agar nantinya tidak membuat para pelaku UMKM keliru mana yang harus di perbaiki. Yang pertama pengguna jasa yang mana akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu dan atau aktivitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan suatu entitas atau transaksi yang bersifat keuangan (financial).lalu yang kedua adalah proses kegiatan yang mana akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu entitas. Dari sini bisa dilihat, bahwaakuntansi merupakan kegiatan yang kompleks, menyangkut berbagai macam kegiatan

Setiap organisasi sangat memerlukan informasi yang jelas, beragam dan dapat dipertanggungjawabkan. Ketika organisasi itu adalah organisasi bisnis maka informasi yang dibutuhkan haruslah dapat dipahami, relevan, materialitas, keandalan, substansi mengungguli bentuk, pertimbangan sehat, kelengkapan, dapat dibandingkan, tepat waktu dan keseimbangan antara biaya dan manfaat yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat digunakan oleh manajer untuk menjalankan operasi perusahaan. Akuntansi juga memberikan informasi penting kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahui kinerja keuangan dan kondisi perusahaan saat itu. Ketika transaksi tidak dicatat dengan baik dan benar maka akan menimbulkan suatu masalah keuangan yang memberikan efek buruk sehingga berakibat kesalahan dalam setiap pengambil keputusan.

Dalam praktik akuntansi untuk UMKM pada suatu entitas ditandai dengan ketersediaan laporan keuangan pada entitas tersebut yang disusun secara sistematis dan didukung dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk menghasilkan laporan keuangan yang baik maka berkaitan dengan ketersediaan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah susunan dari orang, aktivitas, data, jaringan dan teknologi yang terintegrasi yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan operasi sehari-hari sebuah bisnis, juga menyediakan kebutuhan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan oleh manajer. Untuk membangun sistem informasi haruslah mengkombinasikan secara efektif komponen-komponen sistem informasi sebagai berikut:

  1. Sistem informasi akuntansi membutuhkan sumber daya untuk dapat berfungsi. Manusia merupakan unsur sistem informasi akuntansi yang berperan dalam menjalankan sistem, pengambilan keputusan dan pengendalian atas jalannya sistem informasi akuntansi.
  2. Prosedur merupakan urutan atau langkah-langkah untuk menjalankan suatu pekerjaan, tugas atau kegiatan. Biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam atas transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.
  3. Data merupakan komponen sistem informasi akuntansi tentang proses-proses bisnis organisasi. Formulir merupakan unsur pokok data yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang terjadi. Formulir juga sering diistilahkan dengan dokumen. Karena dengan formulir semua peristiwa yang terjadi dalam organisasi direkam (didokumentasikan) diatas secarik kertas.
  4. Software adalah suatu fasilitas yang telah dirancang secara terkomputerisasi dan dipakai untuk memproses data organisasi dalam suatu perusahaan secara otomatis untuk menghasilkan laporan/informasi.
  5. Infrastruktur Tekologi Informasi adalah peralatan yang berbasiskan teknologi untuk digunakan dalam rangka memproses data, termasuk komputer, peralatan pendukung (peripheral device) dan peralatan untuk komunikasi jaringan.

Dari kelima komponen ini memungkinkan suatu akuntansi memenuhi tiga fungsi pentingya dalam organisasi, yaitu:

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku yang terlibat dalam berbagai aktivitas tersebut, agar pihak manajemen, para pegawai, dan pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang (review) hal-hal yang terjadi.
  2. Mengubah data dalam informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
  3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi, termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, dan andal.

Dari pejelasan diatas, bahwa hadirnya pengetahuan akuntansi dan mempraktekannya secara langsung di sektor UMKM ini sangatlah membawa peran penting dan bermanfaat bagi perkembangan UMKM. Hal ini sesuai dengan Hentauruk (2017 : 10) yang mengatakan bahwa tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu entitas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Namun untuk menjalankan bisnis UMKM saat ini yang sedang terdampak virus COVID-19 sangatlah mempersulit laju pertumbuhan perekonomian Indonesia. Bahkan beberapa sektor usaha hampir mengalami kelumpuhan tak terkecuali usaha mikro,menengah serta makro yang ujung-ujungnya mempengaruhi perekonomian negara. Sebab, menahan laju penyebaran Covid-19 akan berpengaruh terhadap perekonomian. Oleh karena itu, pembelajaran akuntansi sangatlah dibutuhkan saat ini dan juga perlu sedikit mendorong berbagai pihak terutama lembaga pendidikan untuk bekerjasama dengan pihak pemerintah kota dan provinsi dalam memberikan pengetahuan akuntansi pada para pelaku UMKM demi terciptanya akuntansi yang baik sehingga menjadikan pelaku bisnis UMKM memiliki usaha yang berkembang besar. Sehubungan dengan hal tersebut maka UMKM perlu ditingkatkan jumlahnya dan diberdayakan menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan unggul, sehingga peranannya dalam penyerapan tenaga kerja, ekspor dan pembentukan produk domestik bruto semakin meningkat. Ayo sobat dunia kampus bantu UMKM yah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

69 komentar untuk "Krisis Praktik Akuntansi UMKM"

  1. Saangat bermanfaat sekali artikelnya, terima kasih

    BalasHapus
  2. Sangat menarik dan bermanfaat, keren nih

    BalasHapus
  3. Artikel yang informatif, semoga UMKM bisa melek akan pentingnya praktik akuntansi.

    BalasHapus
  4. Artikel ini memberikan banyak insight baru di kehidupan saya. Jika dilihat dari sudut pandang orang awam, berbisnis tidak perlu pengetahuan akuntansi yang memadai, justru artikel ini mematahkan stigma tersebut. Pelaku UMKM sudah seharusnya memiliki pengetahuan tentang pencatatan keuang terhadap bisnis mereka sendiri, sehingga mereka dapat memaksimalkan keuntungan.

    Terimakasih kepada sdri. Intan yang telah memnyuguhkan artikel yang sangat bermanfaat ini

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, sering terjadi pelaku umkm merasa usahanya tidak membuahkan hasil yg maksimal. Mereka melakukan banyak cara untuk mendapatkan keuntungan yang besar namun usut punya usut hal paling penting yang mereka terlewati begitu saja yaitu pemahaman dan praktik akuntansi dalam usahanya. Memang sekarang sudah banyak aplikasi akuntansi yang memudahkan dalam laporan keuangan tetapi belum tentu semua pelaku UMKM paham dan bisa menganalisis untuk menarik sebuah kesimpulan. Jika kesimpulan tersebte salah maka akan kesulitan dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, betapa pentingnya pengetahuan akuntansi untuk para pelaku UMKM. Terimakasih banyak atas pujiannya 🙏

      Hapus
  5. Kerenn, sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  6. Sangat menarik dan bermanfaat👍🏾

    BalasHapus
  7. terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih banyak ya olif

      Hapus
  8. Informasinya sangat bermanfaat, semoga bisa saya terapkan dalam tugas-tugas saya. Terima kasih ☺️

    BalasHapus
  9. wah terima kasih sekali untuk artikelnya! sangat bermanfaat dan informatif sekali 🌱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih banyakkk hehe

      Hapus
  10. Mg makin terus berkembang ilmunya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah setelah aku baca artikel ini aku baru sadar ternyata hanya mengandalkan niat dan modal itu belum cukup. Pengetahuan akuntansi benar-benar harus di terapkan.. Makasih banyak sdr. Intan sudah membuka pandangan aku terkait UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah banget ya, termakasih kembali

      Hapus
  12. Makasih ya Intan Kusumawardany, jadi nambah wawasan nih ternyata penompang ekonomi Indonesia didominasi UMKM. Di tunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, siap makasih banyak ya

      Hapus
    2. Alhamdulillah, siap makasih banyak ya

      Hapus
  13. benar2 banyak pengetahuan yg di spill dlm artikelnya,bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah ya, sukses buat kita semua

      Hapus
  14. Masya Allah.. luar biasa kak, semangat! 🖤🖤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih ya, semangat juga bua kamu :*

      Hapus
  15. Masya Allah semangaat terus kak,kereeenn!

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Artikel sangat bermanfaat bisa memberikan wawasan dan mengarahkan agar lebih mudah dalam mengatur keuangan dalam UMKM ... LUAR BIASA

    BalasHapus
  18. Artikelnya menarik dan informatif. Membuka pengetahuan saya tentang umkm

    BalasHapus
  19. Makasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  20. Artikelnya bagus, mudah juga dipelajari materinya. Saran aja semoga kedepannya bisa bikin banyak artikel tentang pengetahuan lagi👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, bismillah terimakasih banyak ya

      Hapus
  21. Artikelnya bagus bgt buat nambah wawasan 👍

    BalasHapus
  22. Terimakasih banyak atas informssipenting ini.sejujurnya saya takut memulai bisnis,tetapi dengan adanya artikel ini sy jadi tau apa saja yang perlu dipahami dan disaipakan terlebih dahulu. Makasih ya atas informasinya🙏

    BalasHapus
  23. Bagus sekali artikelnya.jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Konten yang disajikan informatif

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Penting banget yah berarti Akuntansi itu. Mantap penulis

    BalasHapus