Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Menciptakan Inovasi Dalam Berwirausaha Di Masa Pandemi

Oleh: Fitria Cahyani*

Di masa pandemi covid-19 tidak sedikit para wirausaha yang mengalami gulung tikar yang  disebabkan oleh banyak faktor seperti salah satunya yaitu kurangnya inovasi untuk berbisnis, namun tidak dapat dipungkiri juga pandemi covid-19 ini justru meningkatkan kreativitas serta inovasi sejumlah orang yang bergelut dalam bisnis, baik itu bisnis yang sudah dijalankan sejak lama atau bisnis yang baru saja dibuat semasa covid-19. Lalu sebenarnya inovasi itu apa?

Menciptakan Inovasi Dalam Berwirausaha Di Masa Pandemi
Foto oleh Ann H dari Pexels

Menurut KBBI inovasi berarti penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Sedangkan pengertian lainnya yaitu menurut UU No.19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan ataupun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau proses produksinya.

Sebelum membahas jauh mengenai tips berinovasi dalam usaha, yang perlu kita sadari terlebih dahulu yaitu seberapa penting inovasi itu? Sebuah bisnis atau usaha tidak akan berjalan secara lama jika pemiliknya tidak memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usahanya oleh sebab itu seorang wirausaha harus bisa melakukan inovasi terhadap bisnisnya dan inovasi inilah yang menjadi kunci untuk memenangkan persaingan pasar dan menjadikan produk yang kita miliki berbeda dengan produk lainnya , seperti yang dikatakan Thomas W Zimmerer (1996) “Entrepreneurship is a process of application and innovation in solving problems and opportunities to improve life”

Dengan demikian, untuk mencari dan mendapatkan sebuah inovasi memang tidaklah mudah apalagi dalam berwirausaha butuh daya pikir serta banyak inspirasi yang sering kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu dalam berbisnis diperlukan sebuah inovasi agar usaha yang dijalankan dapat bertahan atau bahkan berkembang. Lalu cara mencari atau menemukan inovasi untuk berbisnis itu bagaimana?

1.     Cari inspirasi yang ada di sekeliling kita

Untuk mencari sebuah inspirasi tidak perlu jauh-jauh kita cari karena inspirasi bisa kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan dari sesuatu yang sederhana dan bisa kita temukan dengan berbagai macam bentuk seperti pengalaman, cerita, atau bahkan yang sering kita lihat dari layar ponsel pintar kita. Berdasarkan hal tersebut kita bisa temukan inspirasi yang menjadi sebuah gerbang untuk kita menemukan inovasi dalam berbisnis. Terkadang inovasi juga bisa datang dari masalah yang ada di sekitar Anda seperti inovasi Gojek yang didirikan oleh Nadiem Makarim ia mendapat inovasi ketika mengamati masalah yang ada di sekitarnya ketika ojek yang biasa ia tumpangi sedang menunggu penumpang dalam waktu yang sangat lama dan pada akhirnya ia mendapatkan ide untuk membuat aplikasi Gojek untuk mempermudah kan penumpang serta pengemudi dapat bertemu untuk memakai jasanya.

2.     Jangan selalu terfokus pada inovasi yang besar

Terkadang apa yang kita inginkan dalam menemukan inovasi selalu sebuah hal yang   besar dan jauh dari yang biasa orang pikirkan atau out of the box, hal tersebut tentu tidaklah masalah namun sesuaikan juga ya dengan kemampuan dan kreativitas cara berpikir kita. Tidak semua ide kecil itu buruk namun kadang hal tak terduga juga bisa kita temukan dari hal-hal yang kita anggap kecil. Tetapi jika Anda bisa dengan mudah menemukan sebuah inovasi yang out of the box jangan ragu untuk merealisasikan inovasi tersebut bisa jadi inovasi itu adalah jawaban untuk kebutuhan masyarakat saat ini.

3.     Carilah pengalaman

Untuk dapat mencari pengalaman yang banyak tentu kita harus keluar terlebih dahulu dari yang namanya zona nyaman, temukanlah pengalam baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya agar pengalaman tersebut tidak hanya memberikan Anda pelajaran baru namun Anda juga dapat menemukan inovasi yang tidak Anda duga sebelumnya. Mencari pengalaman tidak selalu mengenai suatu hal yang besar Anda juga bisa mencari pengalaman-pengalaman kecil di kehidupan sehari-hari Anda agar pengalaman tersebut dapat memacu menjadi seorang yang inovatif dengan merangsang pikiran dan indera kita.

4.     Ikuti arus perkembangan

Agar bisnis yang Anda lakukan dapat terus bertahan dan berkembang maka usaha yang kita lakukan harus selalu mengikuti perkembangan yang ada seperti info bisnis, pasar, atau Anda bisa mengikuti tren yang ada di lingkungan sekitar konsumen atau bahkan mencari inovasi dari pesaing bisnis Anda. Bukan melakukan plagiat ya! tapi dari hal tersebut Anda dapat menemukan ide bisnis baru yang jauh lebih baik atau bahkan menjadi ciri khas dari bisnis Anda.

5.     Berani melakukan perubahan

Ketika Anda sedang mencari sebuah inovasi tentu Anda juga harus siap melakukan perubahan yang ada serta konsekuensi ke depannya mengenai inovasi yang Anda jalankan, Anda harus optimis membawa inovasi tersebut menuju kesuksesan karena tidak jarang banyak orang yang berbisnis yang tidak melakukan inovasi terhadap bisnis yang mereka jalankan disebabkan oleh rasa takut mereka mengenai perubahan, takut gagal, takut hanya membuang-buang modal saja, takut inovasi yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan serta ketakutan lainnya yang bisa menghambat perubahan yang ada.

6.     Melakukan riset bisnis Anda

Melakukan sebuah riset dalam berwirausaha merupakan hal yang penting agar produk atau bisnis yang Anda lakukan dapat membuahkan hasil terutama dalam segmen pasar. Bisa jadi inovasi produk Anda begitu cemerlang namun Anda tidak melakukan riset mendalam terhadap target pasar alhasil produk tersebut tidak bisa mencapai ekspetasi penjualan yang Anda dambakan. Dengan demikian, Anda perlu melakukan riset bisnis agar usaha yang Anda lakukan mendapatkan kelancaran dan satu hal yang harus Anda pikirkan  apakah inovasi yang ada dapat memberikan sebuah solusi bagi kebutuhan para konsumen Anda?

7.     Perbanyak relasi

Mengapa perbanyak relasi juga penting dalam mencari inovasi bisnis? Sadar atau tidak sadar justru terkadang inovasi bisnis datang dari relasi kita baik itu relasi bisnis relasi teman ataupun keluarga, Anda juga bisa terpacu untuk menjadi orang yang lebih sukses dari mereka baik itu belajar dari kesuksesan mereka atau dari kegagalan mereka yang bisa memunculkan inovasi baru untuk usaha Anda dan juga mereka tidak hanya memberikan beragam informasi ataupun pengalaman yang bisa memberikan Anda ide baru , selain itu relasi juga penting untuk memasarkan produk usaha Anda sehingga produk inovatif yang Anda miliki bisa tersebar lewat relasi tersebut.

Itulah beberapa tips seputar mencari inovasi bisnis terutama untuk mempertahankan bisnis kita di masa pandemi saat ini. Inovator tidak selalu menciptakan hal baru dari sebuah ketiadaan menjadi ada namun mereka juga membangun sebuah ide-ide yang menjadikan hal sebelumnya menjadi lebih efektif dan efisien. Inovasi tidak selalu tentang peningkatan kualitas produk tetapi bisa juga mengenai branding, distribusi, dan promosi. Dan perlu Anda ingat juga dalam merealisasikan inovasi bisa juga dengan bantuan kecanggihan teknologi yang ada saat ini agar mampu mempermudah proses realisasi tersebut, seperti melalui telepon genggam lewat fitur sosial media yang Anda miliki. Bagaimana? Apakah Anda tertarik melakukan inovasi terhadap bisnis Anda?

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

8 komentar untuk "Menciptakan Inovasi Dalam Berwirausaha Di Masa Pandemi"

  1. Artikel yang menarik dan bermanfaat, terima kasih:)

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik, juga bermanfaat bagi para wirausaha untuk terus berinovasi dengan baik

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  4. Artikel ini sangat bagus dan menarik,bagi para wirausaha

    BalasHapus
  5. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Artikel ini cukup menarik dan juga bermanfaat untuk seseorang yang mau berwirausaha pada masa pandemi covid-19 ini

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  8. Artikelnya menarik dan menambah wawasan

    BalasHapus