Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Pentingkah Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi?

Oleh: Alfi Lutfiyani*

Apa jadinya jika masyarakat mengabaikan kesehatannya di masa pandemi Covid-19 saat ini? Abai terhadap hal ini, resiko munculnya klaster baru penyebaran virus corona tidak terhindarkan. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting apalagi di masa pandemi seperti ini. Bukankah kesehatan lebih berharga daripada uang yang kita miliki. Kesehatan bahkan bisa dijadikan sebagai tabungan dimasa depan. Artinya, menerapkan pola hidup sehat di masa muda mampu mencegah berbagai penyakit di masa tua nanti. 

Pentingkah Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi?
https://www.pexels.com/id-id/foto/fajar-fitness-kebugaran-laki-laki-39308/

Menjaga kesehatan di masa pandemi sangat penting. Kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan diri kita, mencegah penularan makhluk virus dan bakteri kepada orang lain. Selain itu, kita tidak akan merepotkan orang lain karena mereka harus merawat dan menjaga saat kita sakit. Saat kita sehat, justru bisa merawat orang lain bahkan bisa menjadi volunteer dengan merawat orang lain yang sakit.

Disaat pandemi seperti ini masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah Indonesia. Protokol kesehatan tersebut diterapkan untuk menghindari penularan Covid-19. Awal covid-19 muncul di Indonesia, masyarakat sangat ketakutan bahkan mereka tidak berani untuk ke luar rumah atau beraktivitas di luar rumah demi menghindari tertularnya virus tersebut.

Lalu mengapa saat ini masyarakat justru mengabaikan protokol kesehatan? Sementara itu, kasus-kasus baru semakin meningkat. Wisma Atlet pun penuh. Demikian halnya hotel-hotel tempat isolasi mandiri setali tiga uang. Andai kesadaran masyarakat tinggi dalam menerapkan protocol kesehatan, tentu tempat-tempat tersebut tidak over capacity. Kelalaian masyarakatlah yang membuat Covid-19 ini tidak berhenti.

Rata-rata anak muda sekarang ini terlalu meremehkan virus Covid-19. Mereka tidak mengikuti protokol yang dianjurkan. Tanpa rasa bersalah mereka terlihat sering berkerumun  di tengah masyarakat tanpa berfikir panjang dampak dari virus Covid-19. Mereka merasa sistem imun tubuhnya kuat sehingga virus tidak mudah menyerang mereka. Padahal dari yang kita tahu melalui berita maupun artikel lainnya yang menjelaskan mengenai virus Covid-19 bahwa virus tersebut tidak memandang bulu. Mereka menyerang siapapun, baik anak bayi, remaja, maupun orang dewasa. Sehingga wajib untuk kita bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari bahayanya virus tersebut.

Dalam menjaga kesehatan di masa pandemik banyak sekali cara yang dapat kita lakukan meskipun kita tidak bisa beraktivitas di luar rumah. Cara yang dapat kita lakukan agar tubuh kita tetap vit di masa pandemi yaitu :

Pertama, olahraga. Olahraga menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan karena dengan berolahraga zat-zat beracun di dalam tubuh kita bisa keluar melalui keringat. Tidak harus berolahraga yang berat untuk sehat. Dengan melakukan lari-lari kecil setiap pagi kita bisa menjaga kesehatan kita. Jika kita takut untuk berolahraga di luar rumah, kita dapat melakukannya di dalam rumah seperti gym, treatmill, senam dengan coach yang bisa kita tonton melalui youtube, dan sebagainya.

Kedua, pola makan yang teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang teratur dapat kita lakukan setiap 6 jam sekali. Dari mulai bangun tidur jam 6 pagi, jam 12 siang, dan yang terakhir adalah jam 6 sore. Pola makan tersebut dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit seperti maag atau asam lambung serta membuat kondisi kita selalu fit. Selain pola makan yang teratur, kita juga harus mengonsumsi makanan sehat agar dapat menambah daya tahan tubuh  kita seperti mengonsumsi makanan berserat, yaitu buah-buahan, maupun sayuran supaya pencernaan kita dapat berfungsi dengan baik.

Ketiga, meminum air putih yang cukup. Selama satu hari kita diwajibkan meminum air putih minimal sebanyak kurang lebih 3 liter. Meminum air putih yang cukup dapat membuat tubuh kita terhindar dari dehidrasi, dimana dehidrasi tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Minum air putih yang cukup dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan membuat berat badan kita menjadi ideal.

Keempat, mengonsumsi vitamin. Mengonsumsi vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal di tengah pandemi. Vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tubuh kita tidak mudah drop salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C ini memiliki banyak sekali manfaat. Vitamin C dapat kita temui dengan mudah diberbagai supermarket dan harganya pun sangat terjangkau.

Kelima, menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan membuat kita terhindar dari berbagai macam virus maupun bakteri. Jagalah kebersihan seperti mandi dengan sabun anti bakteri, rajin mencuci tangan saat kita beraktivitas di luar rumah atau bisa menggunakan handsanitizer agar tangan kita bisa tetap bersih. Setelah beraktivitas di luar rumah jangan menyentuh wajah karena virus masuk melalui lubang hidung dan mata. Jangan lupa jika sudah sampai di rumah segera mengganti pakaian dan di cuci agar virus tidak menempel di sekitar rumah.

Keenam, mematuhi protokol kesehatan, agar virus tidak cepat menyebar maka kita harus mengikuti protokol kesehatan. Seperti, menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Untuk kalian yang terpaksa beraktivitas di luar rumah karena tuntutan pekerjaan harus selalu menjaga jarak dan memakai masker agar virus tidak mudah menyerang kalian dan kalian tidak menyebarkan virus ke orang lain.

Cara-cara diatas dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit yang ada. Meskipun kita yakin bangsa ini akan pulih dari covid-19, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Menjaga kesehatan bukan hanya saat pandemi seperti ini, tetapi harus kita lakukan setiap hari demi melindungi kita dan orang-orang di sekitar kita.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “sakit itu mahal”. Tentu saja sakit itu mahal, karena dengan kita merasa sakit maka banyak sekali waktu yang terbuang oleh kita, seperti waktu berkumpul dengan keluarga, dengan teman, bahkan waktu untuk mengerjakan tugas bisa saja terabaikan karena kondisi kita yang kurang fit untuk mengerjakan tugas. Jadi, meskipun kita tidak bisa beraktivitas di luar, tentu saja banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk hidup sehat serta banyaknya manfaat yang akan kita dapatkan nantinya.

* Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

143 komentar untuk "Pentingkah Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi?"

  1. artikel ini sangat baik dan memberikan manfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  2. Sangat bagus bgt ini artikel penting buat kita sadar akan penting nya menjaga kesehatan di masa pandemi saat ini smoga artikel ini bs di publish trus ke media ..atau bs di share juga kali ya bagus bgt jadi kita paham dan dan bermanfaat buat kita menjaga kesehatan diri sendiri dan kluarga kita nanti thx informasinya

    BalasHapus
  3. Wah artikel nya sangat penting sekali untuk pengetahuan kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Jangan lupa untuk tetap ikuti protokol kesehatan yaa

      Hapus
  4. Saya suka sekali sama yang membuat artikel ini❤️

    BalasHapus
  5. Artikel ini sangat bagus karena sangat informatif, memberikan informasi mengenai cara yang dapat kita lakukan agar tubuh kita tetap vit di masa pandemi. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti oleh siapapun. Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps betul sekali, artikel ini saya buat untuk memberikan informasi kpda masyarakat sekitar agar tetap menjaga kesehatannya di masa pandemi

      Hapus
  6. artikel ini sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  7. artikel ini mngajarkan kita ttng pentingx mnjaga kesehatan,krna sehat itu mahal.
    smoga artikel ini bisa bnyak mngajak org,untuk lbih sadar mnjaga kesehatan di masa pademi ini.

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bermanfaat untuk mengajarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi ini, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, karena menjaga kesehatan dapat membuat kondisi kita selalu fit dimasa pandemi ini. Tetap jaga kesehatan ya!

      Hapus
  9. Artikel nya sangat bagus bgt bermanfaat utk mengajarkan kita betapa penting nya menjaga kesehatan dimasa pandemi ini,dan ada nya artikel ini kita bisa tau, paham dan mengerti cara menjaga kesehatan yg baik,jika yg dilakukan adalah hidup sehat makan kesehatan yg akan kita dapatkan. Terima ksh🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, hidup sehat adalah kunci dari kesehatan itu sendiri. Terima kasih atas komentarnya🙏

      Hapus
  10. Wahh artikelnya sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  11. Artikel nya sangat bagus bgt karena bermanfaat untuk mengajarkan kita betapa penting nya menjaga kesehatan dimasa pandemi ini, dan ada nya artikel ini kita bs tau, paham, dan mengerti cara menjaga kesehatan yg baik, jika yg dilakukan adalah hidup sehat makan kesehatan yg akan kita dapatkan. Terima kasih🙏

    BalasHapus
  12. terima kasih sudah mengingatkan sesama utk selalu menjaga kesehatan khususnya selama masa pandemi ini! jadi semakin semangat jaga kesehatan demi diri sendiri dan keluarga nih :)

    BalasHapus
  13. Mega Tandawuya2 Desember 2020 12.23

    Artikelnya sangat bermanfaat, salam sehat semua. jangan lupa jaga kesehatan yah!

    BalasHapus
  14. waahhh bermanfaat banget artikelnyaaa, semoga kita semua selalu sehat yaaa didalam masa pandemi ini :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan ya. Semoga pandemi ini cepat berakhir.

      Hapus
  15. Terimakasih atas sharing ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" dini. Terima kasih atas komentar yg telah diberikan🙏

      Hapus
  16. Artikel ini sangat bermanfaat buat saya supaya lebih menjaga kesehatan dipandemi saat ini. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap jaga kesehatan. Semoga pandemi cepat berakhir!☺️

      Hapus
  17. Artikel yang sangat bermanfaat👍

    BalasHapus
  18. Terimakasih sudah mengingatkan kita kembali pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, karena faktanya covid 19 masih ada disekitar kita walaupun dalam kondisi new normal dan transisi. Dan izin menambahkan jika kita sedang dalam keadaan tidak sehat atau badan sedang tidak membaik, sebaiknya tidak beraktivitas keluar rumah karena virus akan menyerang ke tubuh yang sedang tidak baik, atau imun sedang menurun. Jaga selalu kesehatan :)

    BalasHapus
  19. Mksh byk telah berbagi tips,bermanfaat untuk kami yg beraktifitas dimasa pandemi ini.terus ingatkan kami dan tegur kami jika melanggar protokol covid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberikan komentar. Jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan yaa agar pandemi segera berakhir. Jangan lupa jaga kesehatan

      Hapus
  20. Wah artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi kita smua

    BalasHapus
  21. artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas informasi nyaa,sangat bermanfaat untuk masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Jgn lupa tetap jaga kesehatan yaa

      Hapus
  23. artikel yang sangat bermanfaat, bagus sekali

    BalasHapus
  24. Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Jangan lupa ttp jaga kesehatan ya

      Hapus
  25. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bnyk telah memberikan komentar

      Hapus
  26. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  27. Artikel yanng bagus dan bermanfaat
    Kerenn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak. Jgn lupa ttp jaga kesehatan ya

      Hapus
  28. Nadiatun Nasiroh7 Desember 2020 20.49

    Artikel nya bermanfaat dan mengedukasi terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih nadia.. semoga kita slalu diberikan kesehatan. Aamiin

      Hapus
  29. mantep bgt artikelnya bermanfaat sekali dan ringan buat di baca, semoga bisa membuat orang lain sadar akan kesehatan masing-masing ya! stay safe and stay healthy everyone:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih inefa. Aamiin.. semoga artikel saya bisa bermanfaat untuk orang banyak🙏 Stay stafe nefaaa

      Hapus
  30. Artikelnya sangat bermanfaat 🥰

    BalasHapus
  31. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, sangat informatif dan cara penyampaian penulis sangat jelas. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak.. tetap jaga kesehatan ya

      Hapus
  32. Wah keren , sangat bermanfaat arikel ini :)

    BalasHapus
  33. Terima kasih artikelnya sangat menambah wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Semoga kita slalu diberikan kesehatan

      Hapus
  34. Artikel nya baguss dan sangat sangat bermanfaat

    BalasHapus
  35. Artikelnya sangat bermanfaat👍🏼

    BalasHapus
  36. Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  37. Artikel ini sangat informatif dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak. Stay safe & stay healthy

      Hapus
  38. Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali, jadi saya bisa memulai hidup sehat dari sekarang. Semoga penulis sehat selalu dan yang baca artikelnya juga sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih banyak. Tetap jaga kesehatan ya

      Hapus
  39. Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  40. Artikenya bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih🙏 Ttp jaga kesehatan ya

      Hapus
  41. Artikel nya informatif sekali, sangat baik untuk menambah wawasan bagi masyarakat umum. Tetap peduli sama kesehatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mayang atas komentarnya. Semoga pandemi segera berakhir

      Hapus
  42. Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  43. Bermanfaat sekali informasinya👍

    BalasHapus
  44. wahh sangat bermanfaat informasinya��

    BalasHapus
  45. Artikelnya sangat bermanfaat, membuat saya sadar dan berfikir 2x untuk pergi keluar rumah jika tidak penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. iya betul, #dirumahaja jika tdk ada keadaan yang mendesak ya

      Hapus
  46. wahh artikel nya bermanfaat banget👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak. tetap jaga kesehatan ya

      Hapus
  47. Artikel yang sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak. selalu jaga kesehatan ya

      Hapus
  48. Wah setelah membaca jadi makin aware untuk tetep jaga kesehatan tubuh kita tetap vit di masa pandemi covid19 gini. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. terima kasih banyak.. jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan yaa

      Hapus
  49. Apakah penggunaan hand sanitizer efektif untuk mencegah penularan covid 19? Jika iya, maka kandungan apa yang wajib ada pada hand sanitizer agar efektif mencegah paparan virus dikala pandemi ini? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Menurut saya cuci tgn dgn sabun lebih efektif membunuh kuman, dibandingkan penggunaan hand sanitizer. Dan hand sanitizer yg bagus mengandung 70% alkohol.. jika ada salah mohon dikoreksi.. terima kasih

      Hapus
  50. Bagus artikelnyaaa, mantapp

    BalasHapus
  51. Artikel nya sangat mengedukasi

    BalasHapus
  52. Artielnya bagus, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan

      Hapus
  53. Terima kasih, jgn lupa tetap jaga kesehatan

    BalasHapus
  54. Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Sangat bermanfaatt sekali artikelnya

    BalasHapus
  57. Terimakasiii dapat menambah informasi

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Artikel nya sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  60. Very light to read but heavy on the filling. Keep up the good work herdy!

    BalasHapus
  61. Artikel yang sangat bermanfaat dan sangat informatif, terima kasih ya

    BalasHapus
  62. Artikelnya bagus sekali bisa dicerna dengan baik

    BalasHapus
  63. Bahasa dan penjelasan dari artikel ini mudah untuk di pahami untuk orang yang membutuhkan wawasan lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak. Jgn lupa selalu jaga kesehatan ya

      Hapus
  64. Artikel yang cukup bagus karena dengan membacanya kita jadi diingatkan kembali akan adanya virus ini dan tentunya menjadi lebih aware����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak. Jgn lupa selalu jaga kesehatan

      Hapus
  65. artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  66. wah artikelnya sangat membantu! terima kasih sudah menjadikan kita lebih berhati-hati lagi

    BalasHapus
  67. menurut saya saya artikel ini sangat menarik dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  68. Waaa jadi nambah ilmu dan bermanfaatt..

    BalasHapus
  69. wahh informatif banget..

    BalasHapus