Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Pentingnya Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Oleh: Citra Putri Andari*

Apa yang perlu kita ketahui tentang virus Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia?. Sudah sekitar delapan bulan, tepatnya pada awal Maret Indonesia digemparkan dengan adanya virus Covid-19 atau Corona. Tidak hanya Indonesia saja bahkan Negara-Negara di dunia pun ikut digemparkan dengan adanya virus ini. Penularan virus ini sangat cepat karena dari manusia ke manusia terjadi melalui percikan batuk, bersin, bersentuhan dengan penderita virus Covid-19, serta dapat juga terjadi melalui kontak benda-benda di sekitar penderita yang terkena virus Covid-19. Yang menarik dari kasus Covid-19 ini adalah, tidak semua pasien Covid-19 menunjukkan gejala atau hanya menunjukkan gejala yang ringan saja. Itu dikarenakan adanya perbedaan kekuatan sistem imunitas tubuh, dimana pada usia dewasa muda, sistem imunitas tubuh lebih kuat daripada usia lanjut. Lalu sampai sekarang solusi untuk menghentikan virus ini pun belum terselesaikan.

Ditengah pandemi Covid-19, imunitas tubuh merupakan salah satu aspek yang dapat melindungi kita dari wabah ini. Selain melakukan tindakan-tindakan yang telah banyak dihimbau oleh pemerintah dan lembaga – lembaga sosial lainnya, seperti menerapkan pembatasan sosial, protokol kesehatan seperti 3M (Mencuci tangan, Menggunakan masker, dan Menjaga jarak).  Kita juga dapat melakukan tindakan yang membentengi diri dari serangan virus dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan yang bergizi, olahraga ringan dan istirahat yang cukup akan sangat membantu dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, satu yang paling penting untuk meningkatkan imunitas tubuh  adalah selalu melakukan hal-hal sederhana ketika dirumah. Jangan hanya berbaring saja di kasur, menonton acara televisi, dan lain-lain. Apalagi ditengah wabah Covid- 19 ini, seringkali muncul berita-berita yang menimbulkan kecemasan dan kepanikan. Belum lagi rasa jenuh karena harus tinggal dirumah dan tidak bisa ke mana-mana dalam jangka waktu yang tidak pasti. Alangkah baiknya jika kita menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk sekedar melakukan hal-hal sederhana ketika dirumah guna meningkatkan imunitas tubuh.

Lalu hal-hal sederhana apakah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh?. Ada beberapa hal-hal sederhana yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya yaitu :

Pertama, berjemur. Berjemur dibawah sinar matahari merupakan cara sederhana untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang berasal dari sinar ultraviolet-B (UVB). Vitamin D dipercaya memberikan pengaruh baik terhadap sistem imunitas tubuh. Walaupun kita memang bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, tetapi lebih bagus jika meningkatkan kadar vitamin tersebut dengan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Untuk mendapatkan vitamin D dengan mudah, berjemurlah di bawah paparan sinar matahari pada jam 08.00 sampai 09.00. Tidak perlu berjemur lama-lama, selama 10 sampai 15 menit setiap harinya pun saja sudah cukup untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan efektif.

Kedua, rutin minum air putih. Minum air putih setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh salah satunya agar tubuh tetap terhidrasi. Jika tubuh kita sampai dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal.  Untuk mencegah dehidrasi, minumlah yang cukup setiap hari. Menurut penelitian, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari. Anda harus perbanyak minum air jika melakukan aktivitas berlebih seperti olahraga atau ketika cuaca sedang panas. Karena kekurangan minum membuat tubuh lebih cepat lelah, daya tahan melemah, dan paparan virus bisa menginfeksi.

Ketiga, rajin mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan pencegahan penularan virus Corona. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik adalah cara terbaik untuk membunuh kuman. Selain mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer juga dianjurkan setelah kita menyentuh benda. Kita menyentuh banyak permukaan yang mengandung bermacam-macam kuman. Jika kita tidak menjaga kebersihan tangan, virus dan kuman akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Keempat, hindari stres. Stres yang dibiarkan bisa menyebabkan perubahan-perubahan yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang. Orang yang mengalami stres sebenarnya sudah mulai memasuki “jenjang sakit”. Oleh karena itu, hindarilah dengan meluangkan waktu sejenak misalnya dengan melakukan hobi anda, atau bercanda tawa dan berkumpul bersama keluarga, apa saja yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, namun kegiatan itu harus positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

Kelima, menjaga berat badan. Sistem imunitas tubuh terbentuk oleh berbagai macam sel yang melindungi tubuh dan untuk bekerja dengan baik, sel ini harus hidup bersama secara seimbang. Kelebihan berat badan (obesitas) pun diyakini dapat mengganggu keseimbangan ini dan menciptakan sel imunitas yang justru merusak tubuh. Cara menjaga berat badan misalnya dengan berolahraga ringan dirumah seperti lari-lari kecil. Mengingat bahwa obesitas dapat melemahkan sistem imunitas tubuh, maka menjaga berat badan penting untuk dilakukan.

Keenam, minum suplemen. Untuk melengkapi nutrisi harian, konsumsilah suplemen khusus untuk meningkatkan imunitas tubuh, Mengutip dari Alodokter, pilihlah suplemen yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat seperti Echinacea, Mengkudu, Daun Meniran, Vitamin B Complex, C, D, E, dan Zinc. Minum suplemen ini penting karena saat PSBB diperlonggar, banyak orang termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala) yang juga sama-sama beraktivitas. OTG ini sebenarnya positif Covid-19, namun tanpa gejala sehingga orang tersebut tidak mengetahui. Walaupun tanpa gejala, OTG memiliki potensi untuk menularkan orang di sekitarnya.

Ketujuh, berhenti merokok. Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif (menghirup asap rokok orang lain), terbukti dapat membuat sistem imunitas tubuh menjadi lebih lemah. Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi. Itulah sebabnya, berhenti merokok merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bagi anda perokok aktif, berhenti merokok memang tak mudah. Meski begitu, berhenti merokok bukan juga hal yang mustahil dilakukan.

Jika dipikirkan kembali, kita bisa melakukan hal-hal sederhana diatas dalam keseharian atau rutinitas kita selama dirumah. Banyak dokter dan para perawat medis lainnya yang berjuang mati-matian untuk pasien Covid-19, bahkan sudah ada juga dokter atau pun perawat yang sampai meninggal karena tertular virus Covid-19 ini dari pasien yang ditanganinya. Tidakkah kita setidaknya sedikit saja peduli akan hal itu?. Hanya diam dirumah saja itu sudah cukup membantu agar virus ini tidak lebih banyak memakan korban jiwa lagi. Dan ketika dirumah pun kita harus tetap menjaga kebersihan, konsisten untuk tetap menjaga imunitas tubuh dengan meningkatkannya lagi lewat hal-hal sederhana diatas, jika ada sesuatu yang mendesak dan memang harus keluar rumah, ikuti kebijakan pemerintah untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Mari kita lakukan pencegahan virus Covid-19 ini dengan selalu meningkatkan imunitas tubuh, dan berdiam diri dirumah bersama keluarga.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

60 komentar untuk "Pentingnya Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi"

  1. Wah keren, terimakasih infonya

    BalasHapus
  2. Mardyah Alviani Batubara8 Desember 2020 16.02

    Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat bermanfaat dan membantu sekali dalam meningkatkan imunitas tubuhπŸ‘

    BalasHapus
  4. Setuju banget kita di masa pandemi ini memang harus terus meningkatkan imunitas tubuh. Artikel yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa terus tingkatkan imunitas tubuh selama di rumah!!!:)

      Hapus
    2. Pasti kak. sukses terus ya kak buat kuliah nya

      Hapus
  5. setujuuuu bgt kita emng harus meningkatkan imunitas tubuh. artikelnya juga sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. artikel sangat bermanfaat, keren... terimakasih infonya

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat di masa pandemi seperti ini. Terima kasih

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat bermanfaat, jadi lebih mengetahui pentingnya meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi seperti ini, terima kasih

    BalasHapus
  9. sangat bermanfaat, terimakasih infonya

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat kak, terimakasih infonya

    BalasHapus
  11. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat dan keren

    BalasHapus
  12. Bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Bermanfaat sekali, terimakasih

    BalasHapus
  14. Wah artikelnya sangat bermanfaat dan sangat jelas terimakasih

    BalasHapus
  15. Salsabila Audzah8 Desember 2020 18.20

    Keren....��

    BalasHapus
  16. wihh bermanfaat banget πŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
  17. Fajar Shafitri8 Desember 2020 18.44

    artikelnya bermanfaat banget, menarik.

    BalasHapus
  18. Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. Artikelnya sangat bermanfaat, apa lagi dikondisi pandemi ini

    BalasHapus
  20. sangatt bermafaat dan jelas kata kata nya

    BalasHapus
  21. Fernanda Amelia Putri10 Desember 2020 19.55

    artikel sangat bermanfaat.. kerenn

    BalasHapus
  22. Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  23. Artikelnya Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  24. An Nissa Panindha6 Januari 2021 09.43

    Artikel nya sangat bermanfaat dan bahasa nya mudah untuk dipahami

    BalasHapus