Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Teknologi Digital dan Informasi Dalam Bisnis

Oleh: Evalianti Vivian*

Perkembangan zaman dan teknologi yang kita kenal dengan sebutan Revolusi Industri 4.0, semakin lama semakin maju dan pesat. Perkembangan ini juga banyak membantu kegiatan sehari-hari seseorang, misalnya untuk pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga, dan juga tuntutan pelajaran untuk memahami adanya internet untuk mencari informasi, dan juga sebagai salah satu media yang paling tepat untuk memasarkan produk atau untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. 

 

 

Pentingnya Teknologi Digital dan Informasi Dalam Bisnis
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Teknologi dan informasi saat ini bisa dibilang sudah menjadi bagian dari kehidupan dan kebutuhan kita sehari-hari. Teknologi canggih ini pun sangat mudah digunakan dan bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan banyak orang yang sudah menggunakannya mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa pun sudah mengetahui adanya perkembangan teknologi digital ataupun sosial media.

 

Perkembangan teknologi ini pun tidak jarang digunakan untuk melakukan kegiatan bisnis, baik dari pemasaran atau pun promosi. Indonesia sendiri sudah menerapkan adanya persaingan bisnis yang berhubungan dengan era globalisasi, hal ini membuat banyak pebisnis harus memiliki strategi dalam bersaing agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan pesat. Kebanyakan pengusaha saat ini menggunakan perkembangan teknologi dan kekuatan media sosial untuk bersaing dengan pengusaha lainnya. Selain karena mudah digunakan, kegiatan bisnis yang dilakukan secara online juga tidak menggunakan uang yang terlalu banyak. Bahkan dengan menggunakan internet, semua proses dalam berbisnis akan lebih mudah dan lebih cepat misalnya pembelian barang dari luar negeri, promosi dengan media sosial yang dikenal dengan sebutan endorsement.

 

Kegiatan usaha yang menggunakan teknologi digital ini sering dikenal dengan istilah Pemasaran Digital atau Digital Marketing. Kegiatan pemasaran digital ini sering dilakukan melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau melalui media sosial. Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dan media sosial dalam berbagai aspek kehidupan di kehidupakn kita sehari-hari, Digital Marketing menjadi semakin popular dan banyak digunakan. Pengertian dari Digital Marketing secara umum adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, seperti Internet, media sosial dan juga telepon seluler.

 

Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands yang dulunya menggunakan marketing biasa, sekarang jadi menggunakan teknologi untuk pemasaran produknya. Seiring dengan semakin banyaknya pengusaha yang menggunakan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasaran dan promosinya, dan semakin banyaknya orang yang menggunakan media sosial, ataupun berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.

 

Pentingnya Transformasi Digital pada Bisnis

Transformasi digital tidak hanya untuk perusahaan besar, kegiatan ini juga bisa dilakukan perusahaan menengah dan usaha kecil-kecilan. Namun tentunya ini membawa sejumlah tantangan. Tantangan utama penerapan transformasi digital dalam bisnis adalah kurangnya keterampilan atau pelatihan yang tidak memadai, tantangan TI atu infrastruktur yang mengharuskan kita untuk belajar seiring dengan berjalannya zaman, ketergantungan terhadap proses yang sebelumnya dilakukan, dan kurangnya investasi dalam hal digital.

 

Namun selain itu, digital marketing tentunya memilki hambatan yang tidak sedikit. Namun terlepas dari itu semua, membuat kegiatan digital ke dalam strategi bisnis Anda merupakan salah satu hal yang sangat direkomendasikan. Transformasi akan membawa bisnis yang menerapkan strategi digital yang fokus secara efektif menjangkau dan terlibat dengan pelanggannya, memperoleh keunggulan kompetitif melalui diversifikasi aliran pendapatan mereka, meningkatkan laba, dan memperbarui sistem TI yang kuno.

Keuntungan Menggunakan Teknologi di Bidang Pemasaran

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan sebagai seorang pebisnis jika kita memilih dan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju seperti gadget, laptop, komputer, dan juga media yang dapat membantu akses dalam dunia bisnis yaitu adanya internet dan media sosial. Berikut ini merupakan beberapa contoh keuntungan atau manfaatnya jika kita menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran produk kita, diantaranya sebagai berikut :

1.     Dapat menghubungkan dengan beberapa konsumen yang jaraknya jauh.
Konsumen yang memiliki jarak yang sangat jauh dengan tempat produksi usaha terkadang menghalangi terjadinya kegiatan jual beli. Namun dengan menggunakan media sosial dan teknologi, masalah ini dapat diatasi. Media sosial membantu kita untuk dapat menghubungi produsen dengan beberapa konsumen yang jaraknya cukup jauh bahkan yang mungkin jaraknya tidak bisa dijangkau. Misalkan Anda tinggal di Pulau Jawa kemudian ada pembeli Anda yang tinggal di Pulau Sumatera maupun Pulau Kalimatan maka Anda sebagi pengusaha akan dapat menjangkaunya dengan cukup mudah dengan adanya sosial media dan teknologi terkini yang akan membantu Anda dalam berbisnis.

 

2.     Memudahkan komunikasi
Keuntungan selanjutnya adalah membuat komunikasi menjadi mudah dan cepat, jika hanya mengandalkan kegiatan pemasaran dan produksi dengan menggunakan media cetak, tentu saja akan membutuhkan waktu dan modal yang tidak sedikit, namun dengan menggunakan media digital dan media sosial ini setiap pengusaha akan melakukan promosi, berjualan, dan lain sebagainya maka akan dapat menyebar luas dengan cukup cepat. Selain karena media sosial merupakan media yang sering digunakan oleh banyak masyarakat, media sosial juga membuat kegiatan berkomunikasi dengan pelanggan lebih mudah dan murah.

 

3.     Peluang bisnis baru bertambah.

Semakin canggihnya dan juga sangat pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang yang memilih untuk memulai sebuah bisnis dengan menggunakan online shop yang menggunakan aplikasi terkini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya toko-toko online yang sudah banyak dibuat oleh beberapa orang dari berbagai macam usia, selain mudah untuk dibuat, kegiatan bisnis online juga mengurangi penggunaan modal untuk tempat usaha. Saat ini aplikasi online shop tersebut sudah banyak menjual berbagai kebutuhan sehari- hari dari pakaian, kebutuhan elektronik, sampai makanan dan minuman.

4.     Mengurangi biaya produksi dan operasional.

Kegiatan bisnis yang menggunakan strategi pemasaran digital ini juga memiliki keuntungan untuk mengurangi biaya produksi. Biaya Produksi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pelaporan keuangan suatu perusahaan. Biaya Produksi atau Cost of Production adalah biaya yang timbul dari suatu proses produksi perusahaan dalam membuat barang atau jasa yang akan dijual. Sebagai contoh, jika kita melakukan usaha tidak online, sudah pasti kita butuh tempat usaha seperti toko, lalu kita juga harus membayar karyawan dan juga membayar sewa toko tersebut.  Dengan menggunakan online shop atau bisnis online semua akan teratasi, anda dapat menggunakan beberapa alat teknologi yang memudahkan kegiatan dalam berusaha atau berjualan seperti dengan menggunakan laptop, gadget, media sosial dan juga internet.

5.     Akses informasi dan penyebaran informasi.

Keuntungan selanjutnya adalah akses informasi dan penyebaran informasi sangat cepat. Dengan adanya sosial media ini juga membantu pengusaha untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis kita agar banyak orang yang mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan. Selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi aplikasi bisnis online untuk memudahkan penjualan produk kita.

Memang tidak mudah bagi pengusaha untuk merubah kegiatan pemasaran dari sistem yang lama ke sistem yang baru atau sistem digital. Namun jika kita sebagai pengusaha sudah mengetahui arah industri perusahaan kita, maka selanjutnya adalah mengembangkan pandangan yang  akan oleh perusahaan. Jika hal ini sudah direncanakan, makak egiatan digital marketing kedepannya sudah sangat mudah untuk dijalankan. Penerapan digital marketing ini tidak hanya terkenal namun sistem ini juga membuat kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan anda menjadi lebih efektif terutama pada era digital.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

5 komentar untuk "Pentingnya Teknologi Digital dan Informasi Dalam Bisnis"

  1. Artikel yang menarik dan bermanfaat, terima kasih:)

    BalasHapus
  2. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat menarik dan bermanfaat, terimkasih yaa

    BalasHapus
  4. artikelnya sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  5. bagus artikelnya,,sangat bermanfaat

    BalasHapus