Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Peranan Teknologi dalam Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0

Oleh : Seto Aji Sampurno*

Apa arti dari kewirausahaan, teknologi, dan revolusi industri 4.0? Kewirausahaan adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan didasari perilaku kreatif dan inovatif untuk menghasilkan suatu karya atau barang yang memiliki nilai jual, yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi orang lain dan mampu membuka lapangan pekerjaan. Teknologi adalah sebuah keahlian atau hal-hal yang juga berkaitan dengan pengetahuan, teknologi ini merupakan suatu hal yang hanya terbatas pada benda yang memiliki wujud saja seperti peralatan/mesin. Revolusi adalah perubahan besar yang terjadi dalam waktu singkat, sedangkan revolusi industri 4.0 adalah perubahan besar yang terjadi dalam dunia industri yang memberikan dampat yang besar pada lingkungan sekitar, disebut revolusi industri 4.0 karena revolusi pada bidang industri sudah terjadi sebanyak 4 kali.

Peranan Teknologi dalam Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0
Foto oleh hitesh choudhary dari Pexels

Sebagian besar dari pembaca mungkin bertanya apa saja sih peranan dari teknologi dalam dunia kewirausahaan di era revolusi industri 4.0 sekarang ini? Seperti yang sudah di jelaskan bahwa teknologi merupakan sebuah keahlian yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang berupa benda/peralatan sehingga peranan teknologi dalam dunia kewirausahaan akan sangat membantu sekali untuk mempermudah jalannya suatu usaha karena dengan hadirnya teknologi seorang wirausahawan akan semakin terbantu dan dapat meningkatkan pendapatan dari usahanya tersebut menjadi berkali-kali lipat lebih banyak, tetapi dengan hadirnya teknologi juga dapat memicu banyak hal seperti berkurangnya lapangan pekerjaan, pengeluaran untuk teknologi juga bisa cenderung lebih mahal dan sebagainya.

Dengan hadirnya teknologi mungkin beberapa lapangan pekerjaan akan berkurang tetapi kabar baiknya hal tersebut dapat memicu beberapa dampak positif lainnya seperti : Pertama, Munculnya profesi baru beberapa profesi baru dan masih asing di Indonesia adalah digital marketing, content creator, data scientist, influencer dan masih banyak profesi lainnya, setelah adanya teknologi profesi-profesi tersebut menjadi mulai banyak hadir di Indonesia. Kedua, Hadirnya perusahaan-perusahaan baru  berbasis digital seperti perusahaan transportasi online, took online dan masih banyak lain sebagainya, padahal dahulu perusahaan-perusahaan bisnis biasanya melakukan penjualan dan penawaran secara konvensional. Ketiga,  Hadirnya tenaga kerja kecerdasan buatan atau biasa disebut Artificial Intelligence (AI), sejak awal mulai revolusi industri 4.0 tenaga kerja manusia sudah mulai tergantikan oleh tenaga kerja mesin/robot sehingga saat ini transisi pergantian tenaga kerja dari manusia ke tenaga kerja robot sudah mulai sering terlihat. Contohnya adalah penggunaan bot, bot adalah bentuk sistem pemrograman yang dapat menirukan perilaku manusia. Beberapa kali bot sudah sering dipakai dalam divisi customer care. Kegunaan bot ini adalah saat kita mengajukan beberapa pertanyaan maka bot tersebut lah yang akan membantu menjawab pertanyaan kita. Keempat, Munculnya banyak peluang usaha baru, dengan hadirnya situs-situs e-commerce saat ini membuat peluang bisnis atau usaha baru dapat bermunculan. Kelima, Pasar yang lebih luas, dengan hadirnya internet membuat lebih mudah untuk terhubung dengan orang lain. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk dapat memperluas jaringan menjangkau para calon konsumen mereka sehingga mereka dapat mengekspansi ke pasar baru yang belum pernah terjangkau. Keenam, Meningkatnya permintaan tenaga kerja IT, dengan berkembangnya teknologi membuat permintaan tenaga kerja IT semakin meningkat hal ini karena setiap perusahaan dan bisnis saat ini membutuhkan tenaga ahli dibidang IT, tidak hanya tenaga ahli IT dibidang programmer saja yang dibutuhkan tetapi banyak sektor IT yang dibutuhkan seperti data scientist, full-stack developer, technical product manager, system analysis dan banyak lagi yang lainnya. Ketujuh, Standard baru untuk calon pekerja, di era revolusi industri 4.0 saat ini hamper setiap perusahaan mengharapkan para pekerjanya dan calon tenaga kerjanya untuk dapat bisa dan memahami dasar dari teknologi, mulai dari yang sangat dasar seperti penggunaan internet, pengoperasian computer, penggunaan perangkat lunak untuk pengolahan data dan sebagainya. Di saat seperti ini para pekerja memang sangat dituntut untuk terampil pada berbagai bidang yang terkait dengan teknologi, walaupun bidang pekerjaannya tidak berhubungan dengan teknolgi tetapi setiap aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan pasti akan menggunakan teknologi.

Teknologi saat ini juga memiliki banyak manfaat bagi dunia bisnis dan kewirausahaan, manfaat ini bisa dirasakan dampaknya cukup besar karena sudah banyak kegiatan manusia yang memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini tidak hanya berlaku untuk kehidupan sehari-hari saja tetapi sudah banyak perusahaan diluar sana yang memanfaatkan teknologi sehingga mau tidak mau saat kita memulai suatu usaha harus menggunakan teknologi dalam menjalankan usaha tersebut, karena jika tidak menggunakan teknologi dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan maka bisnis kita akan mudah untuk disalip dan sangat mudah untuk tertinggal dari kompetitor-kompetitor bisnis lainnya.

Manfaat teknologi sangat berguna bagi kelancaran usaha di dunia bisnis terlebih teknologi informasi, teknologi ini membuat mekanisme bisnis menjadi lebih stabil, lebih efisien, lebih inovatif dalam kegiatan usaha karena pola kebiasaan kerja yang lebih teratur dan lebih cepat membuat hasil pekerjaan menjadi efisien dan tidak memerlukan banyak waktu dan uang yang lebih.

Berikut adalah manfaat dari teknologi informasi untuk dunia usaha, yaitu : Pertama,  Mempermudah cara komunikasi, untuk saat ini dengan berkembangnya teknologi mempermudah kita dalam menghubungi klien atau customer kita bisa menggunakan aplikasi seperti whatsapp, email, line, dan aplikasi komunikasi lainnya, serta kita juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan promosi produk usaha kita ataupun promosi event yang diadakan oleh perusahaan kita. Kedua, Sebagai sumber pengetahuan, pada saat ini kita dimudahkan dengan hadirnya teknologi untuk dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi yang ingin kita ketahui baik untuk kegiatan usaha maupun kegiatan sehari-hari. Ketiga, Sebagai manajemen data, untuk menyimpan data atau mengarsipkan data secara konvensional saat ini sangatlah kurang cukup dengan hadirnya teknologi kita dapat menyimpan data melalui berbagai software yang dapat diakses lewat internet sehingga kita dapat dengan mudah mengaudit data terkait usaha secara rutin. Keempat, Sebagai CRM (Customer Relationship Manager), CRM adalah software yang berguna untuk mengelola hubungan baik terhadap pelanggan, semua data terkait customer akan dapat terekam oleh CRM. Semua kegiatan dan interaksi kita terkait usaha dengan customer akan tersimpan dengan baik di CRM sehingga kita dapat membangun hubungan baik dengan customer yang akan berdampak dengan kinerja produktivitas perusahaan.

Jadi, setelah dijelaskan apa itu teknologi, kewirausahaan dan industri 4.0 serta telah dijelaskan bahwa apa saja peranan teknologi dan telah dijelaskan apa saja manfaat dari teknologi bagi kelangsungan usaha dapat disimpulkan bahwa peran teknologi dalam dunia kewirausahaan di era industri 4.0 sangatlah penting karena teknologi dapat membuat usaha menjadi semakin berkembang, membuka berbagai profesi baru di dunia usaha, menambah pengetahuan untuk teknologi setiap perkembangannya, dan dapat menghasilkan pendapatan berkali-kali lipat dari biasanya karena pekerjaan akan menjadi lebih efisen dan menjadi lebih inovatif, tetapi peran teknologi dalam dunia kewirausahaan juga menghadirkan beberapa dampak kurang baik seperti membuat beberapa profesi juga ikut menghilang dan juga pengeluaran biaya untuk teknologi yang akan digunakan bisa relatif mahal.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana 

Posting Komentar untuk "Peranan Teknologi dalam Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0"