Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi

Oleh: Daffa Syalsabila*

Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua, semua orang berhak menempuh pendidikan yang layak. Menurut saya, pendidikan adalah jembatan untuk mencapai karir. Melalui pendidikan,  kita dapat mendapatkan berbagai ilmu yang bermanfaat untuk masa depan. Pendidikan tidak pernah berpatok pada umur sebab umur hanyalah angka. Jika kita ada kemauan maka ada jalan, terlepas dari semua masalah yang dialami seseorang untuk menempuh pendidikan, pasti selalu ada solusi untuk memecahkan suatu masalah tersebut. 

Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi

Kesuksesan tidak dipengaruhi oleh kecerdasan. Pintar hanya sebagai faktor pendukung. Bahkan orang yang mendapat IPK 4 pun terkadang terlalu anti sosial sehingga tidak mempunya jiwa bersosialisasi dan cenderung tidak punya relasi padahal relasi berperan penting. Dengan memperbanyak relasi maka semua akan terasa semakin mudah, relasi membantu kita menuju tangga kesuksesan. Percuma pintar jika tidak ada pengalaman dan tidak peduli sekitar “experience is the best teacher”. Pengalaman yang banyak dapat membuat kita menjadi pribadi yang hebat. Memang pengalaman tidak melulu mengesankan, akan ada pengalaman yang mengecewakan tetapi itu lah hidup. Hidup diibaratkan sebagai roda, kadang di atas, kadang di bawah. Jangan sampai pengalaman buruk membuat kita trauma, justru dari adanya pengalaman tersebut kita harus mengambil sebuah pelajaran agar berguna di kehidupan yang akan datang.

Melalui pendidikan kita dapat memberi dan membalas jasa orang tua. Kita dapat membanggakan mereka karena ilmu adalah sumber dari kesuksesan. Semakin tinggi pendidikan sang anak maka orang tua akan semakin bangga. Selain itu melalui pendidikan, pola pikir kita juga akan semakin terbentuk. Keadaan pendidikan di Indonesia saat ini sedang menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau yang biasa disebut PJJ dikarenakan adanya virus Corona. Virus ini sangat berdampak di dunia pendidikan, kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring atau online sehingga angkatan lama atau mahasiswa semester akhir akan semakin kesulitan karena harus melakukan siding skripsi secara online, pemahaman dalam pembelajaran juga semakin sedikit karena fokus kita dapat teralihkan.

Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona antara lain dengan menerapkan pembelajaran sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), WFH atau work from home (bekerja dari rumah), social distancing, penutupan berbagai tempat wisata, dan lain-lain. Masalah yang sering timbul dan paling banyak dikeluhkan sebagai kendala adalah kuota yang terbatas. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan kuota yang banyak karena semua dikerjakan secara online, memakai zoom dan google meet membutuhkan kuota hingga 2 GB sekali pakai. Jadi dengan masalah tersebut, pemerintah memberikan solusi yaitu dengan memberikan kuota gratis. Kuota yang diberikan sangat melimpah, bisa sampai ratusan GB. Namun, solusi ini tidak berlaku untuk mahasiswa yang berada di pedalaman. Di pedalaman, sangat susah untuk mendapatkan signal, harus ke tempat tertentu karena situasi yang memaksa. Maka dari itu, pemerintah harus memikirkan cara agar solusinya dapat terbagi menjadi rata.

Hal yang dapat dilakukan  mahasiswa untuk  berperan dalam mewujudkan perdidikan yang maju di masa pandemi adalah dengan memperbanyak literasi, mengkampanyekan hidup sehat, menjaga lingkungan alam dan aktif dalam kegiatan sosial. Literasi sangat penting karena dengan literasi kita dapat berwawasan luas. Mengkampanyekan hidup sehat dapat dimulai dari diri sendiri yaitu dengan mencuci tangan, menggunakan hand sand sanitizer, dan memakai masker. Virus ini dapat menular melalui udara, jadi alangkah baiknya untuk menutup hidung dengan tangan ketika hendak bersin dan menutup mulut dengan tangan ketika hendak batuk agar bakteri yang keluar tidak tersebar melalui udara. Melihat keluar dan aktif dalam kegiatan sosial juga sangat penting untuk menjaring hubungan yang lebih luas. Mahasiswa dapat ikut dan aktif dalam berbagai organisasi yang ada di kampus. Melewati organisasi tersebut, mahasiswa dapat melatih skill dan kemampuannya dalam berbagai  bidang terutama di bidang komunikasi dan kepemimpinan sehingga dapat membantu mewujudkan perkembangan berkelanjutan di masa yang akan datang. Sumber daya manusia tentu saja berperan penting dalam mewujudkan perkembangan berkelanjutan, sumber daya manusia yang berkualitas dapat menciptakan masa depan yang baik. Pendidikan merupakan salah satu lembaga yang penting dalam membentuk karakter dan kemampuan cara berfikir  seseorang.

Tingkat pendidikan yang paling tinggi adalah mahasiswa, mahasiswa dianggap sebagai ‘Agent of Change’ atau agen dari suatu perubahan yang artinya mahasiswa sebagai jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Mahasiswa mendapat kepercayaan yang besar untuk menjadi Agent of Change karena mereka sudah dibekali ilmu dan pengalaman yang banyak. Pengalaman menjadi pemimpin sangat dibutuhkan di suatu universitas atau kampus, wadah atau tempat untuk mendapat pengalaman tersebut adalah dengan mengikuti organisasi yang disediakan di kampus.

Peran mahasiswa di bidang pendidikan adalah sebagai social control di masyarakat, antara lain sebagai agent of change, social control, dan moral force. Pembelajaran moral sangat penting agar membentuk karakter yang sopan dan baik. Peran mahasiswa dan siswa jelas berbeda karena mahasiswa adalah tingkatan akhir dari pendidikan. Siswa harus dituntun, mahasiswa sebaliknya. Mahasiswa harus bisa menuntun. Mahasiswa juga diharapkan dapat memberi feedback atau timbal balik untuk masyarakat sedangkan siswa tidak ada kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat.

Saya akan mengambil contoh dari ketua angkatan, ketua angkatan harus dapat membawa pengikutnya ke arah yang positif dan mendapat kepercayaan dari pengikutnya. Cara agar mengantisipasi keributan di angkatan adalah dengan menyelesaikannya dengan rileks dan santai agar tidak menjadi beban dan menyelesaikan masalah tersebut dengan cara merangkul agar tidak ada gap antara ketua angkatan dan anak angkatan yang bermasalah sehingga masalah akan semakin mudah diselesaikan. Jika sudah sangat melenceng atau berlebihan maka caranya adalah bermusyawarah dan berusaha intropeksi diri. Ketua angkatan hanya dapat mengingatkan, ketua angkatan lebih sering menyelesaikan masalah ekonomi para mahasiswa yang kesulitan membayar uang UKT, caranya adalah dengan menggalang dana kas yang nantinya uang tersebut akan  digunakan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan membayar uang UKT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

Masalah yang sering ditemukan di bidang pendidikan adalah pengajar cenderung semena-mena atau asal-asalan mengajar, bagi sebagian pengajar, mengajar adalah suatu formalitas saja tanpa memerhatikan kualitas dan kompetensinya sebagai pengajar. Kerap kali ditemukan pengajar hanya memberi tugas tanpa menjelaskan materi yang membuat mahasiswa menjadi bingung. Masalah di bidang pendidikan tidak hanya disebabkan dari pengajar, melainkan juga dari mahasiswa, mereka sering kali bolos dan tidak mendengarkan materi yang disampaikan oleh pengajar. Masalah ini cenderung terlihat simple tetapi memiliki efek yang besar dan akan menimbulkan mindset atau pola pikir yang salah yaitu “tidak apa-apa jika tidak berpendidikan, yang penting bisa sukses dan mendapat uang yang banyak”. Seolah-olah dunia melulu tentang uang dan tidak ada niat untuk menggali ilmu sedalam-dalamnya.  Cara mengatasinya adalah dengan mengubah sistem pendidikan, yang diubah bukan hanya kurikulum tetapi mindset.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana 

54 komentar untuk "Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi"

  1. Sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  2. artikel yang menarik dan mengedukasi para pembaca✨

    BalasHapus
  3. artikelnya menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  4. artikelnya seindah langit hari ini

    BalasHapus
  5. alhamdulillah, bermanfaat juga hidupnya

    BalasHapus
  6. Artikel nya sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  7. Aulia Putri Zahwa21 Desember 2020 15.12

    Artikelnya bermanfaat, terimakasih.

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat baik ��

    BalasHapus
  9. Tetap semangat menjalani hari-hari, artikelnya bagus..

    BalasHapus
  10. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat.. Terimakasih:)

    BalasHapus
  11. artikel yang menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Anissa πŸ™‚πŸ™πŸ»

      Hapus
  12. Artikel sangat informatif dan menarik

    BalasHapus
  13. artikelnya bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  14. Sangat menarik dan bermanfaat artikel yang dibuat oleh daffa πŸ™

    BalasHapus
  15. artikelnya sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  16. Artikel yang informatif dan menarik

    BalasHapus
  17. sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca

    BalasHapus
  18. Allysya Lailla Bilqiis21 Desember 2020 21.33

    artikel yang sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Artikel sangat bermanfaat

    BalasHapus
  21. artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus