Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raih Income dari Aplikasi Game

Oleh: Rama Surya Wijaya*

Masyarakat diseluruh Indonesia dari sabang hingga merauke baik yang muda maupun tua pasti tidak asing dengan yang namanya video game. Ya, video game sendiri terlahir pada tahun 1950an  ketika ahli komputer merancang permainan dan simulasi sederhana sebagai bagian dari penelitian mereka, atau untuk mengisi waktu luang. Video game sendiri menjadi pelarian oleh masyarakat diseluruh dunia khususnya Indonesia sendiri untuk menjadi pelarian dikala masa pandemi ini melanda Indonesia mulai dari awal febuari 2020 hingga saat ini. Video game sendiri pada dasarnya sangat mudah diakses oleh siapa saja baik itu anak-anak dibawah umur, remaja, orang tua, bahkan lansia pun bisa mengakses video game dengan mudah.

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Seperti yang kita ketahui, pada saat itu banyak orang tua yang melarang anak-anaknya untuk bermain video game dikarenakan mereka takut jika anak tersebut tidak ingin belajar dan membantu orang tuanya pada saat dirumah. Sebaliknya, para orang tua pada saat ini justru mendukung anak-anaknya untuk bermain game dikarenakan orang tuanya yakin bahwa jika mereka membiarkan anaknya bermain game, anak mereka akan lebih aman dari pergaulan bebas dan pergaulan tidak sehat yang tidak diinginkan oleh orang tuanya.

Dimasa pandemi covid-19 ini banyak masyarakat yang susah untuk bekerja maupun mencari pekerjaan dikarenakan banyak tempat-tempat yang menampung pekerjaan tidak sanggup untuk membayar para karyawannya bahkan ada juga karyawan yang dipulangkan karena biaya untuk membayar operasional para pekerja tidak cukup. Dan banyak masyarakat beralih melakukan pekerjaan melalui alat bantu media elektronik untuk membantu pekerjaannya di masa pandemi ini seperti live streamer, pemilik online shop, para bloger, pemilik vloger, pemain video game, dan masih banyak lagi. Disini saya akan memberikan opini saya tentang bagaimana meraih income dari video game dimasa pandemi.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, semua orang diseluruh dunia pasti mengetahui apa itu video game dan tak lagi banyak dari mereka para pengguna alat-alat elektronik pasti memiliki beberapa video game untuk  dimainkan dikala mereka jenuh dan luang. Tapi, banyak masyarakat kita yang tidak menyadari bahwa video game tersebut dapat memberikan keuntungan berupa materi bagi para pengguna video game itu sendiri dengan cara yang bisa dibilang sedikit rumit untuk para pemula yang ingin mencobanya. Disini saya akan memberikan bagaimana video game bisa memberikan keuntungan berupa materi dan bisa berpengaruh bagi perekonomian Indonesia dimasa pandemi ini.

Pertama, kita bisa mendapatkan keuntungan berupa materi dari sebuah video game dengan cara memainkan video game yang dapat menghasilkan uang pada saat dimainkan. Hasil pengamatan saya, banyak masyarakat Indonesia tidak menyadari bahwa ada aplikasi atau game yang kita bisa unduh dan mainkan yang bisa menghasilkan uang dalam waktu yang sedikit lama tetapi bernotaben menguntungkan karena video game ini bisa dimainkan pada waktu luang. Aplikasi yang sudah saya coba dan terperyaca sendiri itu ada dua yaitu aplikasi cashzine dan jakpat, untuk kedua aplikasi ini, kalian diwajibkan untuk mengumpulkan beberapa poin yang bisa ditukarkan menjadi uang. Untuk metode pengumpulan poin-poin tersebut sangat mudah, kalian hanya diharuskan melakukan tugas yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut dan mengumpulkan koin setelah menyelesaikan tugas tugas pada aplikasi tersebut. Untuk pengambilan uangnya sendiri, kalian bisa memilih metode yang sudah tersedia pada aplikasi tersebut seperti melalui bank, aplikasi bank online, dan pengiriman pulsa.

Kedua, kita bisa mendapatkan uang melalui video game dengan cara menjadi konten creator dengan berlatarkan game. Untuk cara kedua ini bisa dibilang cukup rumit karena kita harus menginvestasikan semua uang kita untuk mempunyai peralatan yang mendukung kita untuk menjadi konten creator khususnya dibidang game. Kita harus mempunyai budget yang cukup atau lebih untuk bisa memaksimalkan semua peralatan yang kita perlukan untuk menjadi konten creator dibidang game. Hal yang paling penting untuk menjadi konten creator selain modal adalah niat, karena jika kita hanya bermodalkan materi saja untuk menjadi konten creator, kita tidak akan menjadi konten creator yang berkembang dengan mudah pada saat menjadi konten creator dibidang game.

Hakikatnya, konten creator memiliki tugas yang sedikit rumit yaitu merekam permainan mereka saat mereka bermain game, mengedit video hasil dari rekaman mereka pada saat bermain game, mengupload video mereka melalui beberapa media sosial yang sering menjadi incaran para penikmat konten gaming, mempromosikan konten yang mereka berikan kepada masyarakat, dan melakukan livestreaming untuk menarik minat para masyarakat yang tertarik dibidang game. Untuk para konten creator dibidang game yang saya amati sendiri, saya memilih 3 konten creator bertemakan game yang saya pikir dapat menarik perhatian masyarakat baik di dalam Indonesia maupun di luar. Yang pertama saya memilih Miawaug yang bisa dijadikan pedoman pada saat ingin menjadi konten creator gaming. Saya memilih miawaug sebagai konten creator yang bisa dijadikan pedoman karena beliau merupakan konten creator game ternama dengan pembawaan tutur kata yang sopan. Yang kedua saya memilih Garit Dewana sebagai konten creator yang bisa kalian jadikan sebagai pedoman karena beliau sendiri membawakan kontennya dengan canda gurau yang lucu dan sedikit humor tentang kehidupan yang kita dapat pelajari dari Garit Dewana sendiri. Yang ketiga saya memilih Wielino sebagai konten creator yang dapat dijadikan pedoman untuk menjadi konten creator gaming karena hasil editing yang diberikan oleh Wielino sendiri cukup menarik dan dapat menjadi sorotan para penikmat konten game untuk melihat video-video yang disuguhkan oleh beliau.

Ketiga, kita bisa mendapatkan uang melalui game dengan cara mengikuti tournament game yang diadakan oleh pihak penyelenggara tournament tersebut. Untuk cara ketiga ini sangat sulit karena kita diharuskan untuk mempunyai skill dan kepandaian dalam game yang akan kita ikuti tournamentnya. Selain itu, untuk tournament sendiri biasanya kita harus memiliki sebuah tim yang kita buat untuk bisa mengikuti tournament tersebut. Untuk ketentuan lain, kalian hanya cukup memiliki akun game yang memadai atau bisa dipakai dalam rangka mengikuti tournament game yang akan kalian ikuti. Karena pada saat ini seluruh dunia mengalami pandemi covid-19, semua tournament tatap muka yang biasanya berjalan dan diadakan dibeberapa negara harus ditutup hingga pandemi covid-19 berakhir. Maka dari itu ramai adanya tournament online yang bisa diikuti oleh siapa saja dengan mengikuti ketentuan yang telah disediakan oleh para panitia penyelenggara tournament yang akan kalian ikuti. Dan untuk info lebih lanjut seputar tournament online yang akan kalian ikuti, kalian bisa mencari tahu informasi-informasi kebeberapa halaman penyelenggara tournament tersebut.

Peluang meraih income di masa pandemi saat ini dapat diperoleh melalui aplikasi game. Namun harus diingat untuk tidak mementingkan game terlebih dahulu sebagai mata pencarian utama jika kalian sudah memiliki mata pencaharian tetap. Atau mengabaikan kegiatan belajar dan perkuliahan demi menghasilkan uang dari aplikasi game.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Posted by Dedi Purwana

18 komentar untuk "Raih Income dari Aplikasi Game"

  1. Artikel yang cukup bagus untuk income game ini , kerja bagus semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasi, semoga kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui video game

      Hapus
  2. Rama mabar yok! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, tetapi kita harus bermain dengan serius sehingga bisa mengikuti tournament dan mendapatkan income :)

      Hapus
  3. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih ramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga kedepannya saya bisa menulis artikel yang menarik lagi

      Hapus
  4. Informasi yang sangat bermanfaat buat di masa pandemi yg membosankan ini

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat menarik dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Terimakasih, semoga kedepannya saya bisa menulis artikel yang menarik lagi

      Hapus
  7. Artikel yang sangat menarik dan sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus