Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Raih Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

 

Raih Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19
Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Oleh : Muhammad Khalil Gilbran*

Seperti yang kita ketahui di tahun 2020 ini kita dihadapkan oleh banyak sekali musibah yang menimpa Indonesia bahkan dunia yaitu pandemi Covid-19 atau yang sering disebut dengan virus corona. Pada awal tahun 2020 tepatnya pada bulan Maret pemerintah mengkonfirmasi masuknya virus ini ke Indonesia. Kondisi ini semakin buruk karena jumlah korban akibat virus Covid-19 ini semakin meningkat dari hari ke hari, akibat dari kasus virus corona ini, pemerintah akhirnya mengeluarkan berbagai kebijakan seperti melakukan himbauan untuk social distancing, memberlakukan pembatasan wilayah, dan memberlakukan Work From Home bagi para pegawai. Dengan adanya kebijakan ini serta situasi yang semakin genting, tentunya memberikan dampak bagi masyarakat, baik masyarakat menengah ke bawah hingga kalangan elit.  Kondisi ini juga memperparah perekonomian di Indonesia dari segala sisi, baik permintaan maupun penawaran. Hal ini tentunya sangat berdampak bagi masyarakat Indonesia, seperti : penghasilan yang menurun, kebutuhan hidup yang semakin banyak sehingga jumlah pengeluaran yang semakin meningkat, bahkan hilangnya lapangan pekerjaan. Dengan kondisi seperti ini jumlah pengangguran juga akan semakin meningkat.

Dimasa pandemi covid-19 ini banyak masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dikarenakan banyak tempat pekerjaan yang tidak sanggup membayar gaji para karyawannya bahkan sampai harus memutus kontrak kerja dengan karyawan. Kondisi ini tentunya akan memperparah perekonomian masyarakat Indonesia. Maka dari itu masyarakat Indonesia harus memutar otak untuk mencari pekerjaan yang bisa menghidupi mereka dimasa pandemi seperti ini dan agar mendapat keuntungan pada masa pandemi ini, apalagi kebutuhan hidup manusia semakin lama semakin meningkat sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana cara kita agar dapat meraih keuntungan pada masa pandemi seperti ini?  Banyak cara agar kita bisa meraih keuntungan dimasa pandemi seperti ini, di era revolusi industri 4.0 ini kita sudah dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang canggih sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan keuntungan, diantaranya adalah dengan bisnis online selain itu kita juga bisa mendapat keuntungan dari aspek lain disamping aspek utama tadi seperti menjadi youtuber, streamer dan bloger. Disini saya akan memberikan sedikit tips untuk bisa mendapatkan keuntungan dimasa pandemi covid-19 ini baik dari usaha atau bisnis yang akan kita mulai maupun dari usaha sampingan kita. Namun untuk mendapat keuntungaan dari konten yang kita buat terlebih dahulu kita harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, maka dari itu kita harus

Pertama, yang harus kita lakukan sebelum memulai bisnis, youtuber, streamer atau bloger adalah niat kita terlebih dahulu, maksud niat disini adalah apakah kita sungguh-sungguh untuk menekuni pekerjaan ini? semua berawal dari niat kita sendiri, karena jika kita tidak mempunyai niat yang teguh untuk menjalankan suatu pekerjaan maka hasilnya tidak memuaskan atau mengambang. Pengertian niat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “Keinginan dalam Hati”, dalam Islam niat berarti keinginan dalam hati yang ditujukan hanya kepada Allah SWT. jadi hal pertama yang kita butuhkan untuk memulai suatu pekerjaan adalah niat, kesungguhan, atau keinginan dalam hati kita.

Kedua, kita harus inovatif, inovatif artinya pemasukan hal-hal yang baru. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “Mengenalkan sesuatu yang bersifat baru”, lebih jelasnya adalah usaha yang dilakukan seseorang dengan menggunakan pemikiran dan kemampuan imajenasi. Dalam mencari inovasi kita harus tahu terlebih dahulu potensi dalam diri kita, seberapa mampu kita untuk bisa mengembangkan usaha atau bisnis kita, lalu setelah itu melakukan perencanaan akan seperti apakah nanti kedepannya atau bagaimana kedepannya. Disini kita harus melakukan perencanaan dengan matang karena perencanaan ini adalah sebagai pondasi awal untuk kita bisa memulai usaha kita.

Ketiga, melakukan riset. Disini kita harus benar-benar memperhatikan usaha apa yang akan kita buat lalu bagaimana kira-kira respon masyarakat akan usaha yang kita tekuni atau melakukan riset kepada masyarakat tentang apa saja yang sangat dibutuhkan dimasa pandemi ini, baik bertanya langsung maupun menggunakan kuisioner. Sehingga nantinya kita tahu apa yang masyarakat inginkan dan kita dapat membuat produk tersebut memiliki perbedaan dan menjadi keunikam tersendiri.

Keempat, kita harus bisa mencari ide-ide kreatif sebagai ciri khas untuk bisnis atau usaha yang kita jalani. Disini kita dapat belajar dari kesuksesan orang lain, sebagai pemula kita perlu belajar dari orang-orang yang telah berhasil sehingga nantinya kita mempunyai gambaran untuk usaha atau bisnis kita nantinya akan kearah yang seperti apa, kita juga dapat meniru pemikirannya dalam mengambil keputusan atau langkah ketika dihadapkan oleh suatu masalah dan menjadi motivasi dalam menjalankan bisnis atau usaha kita.

Kelima, manfaatkan teknologi yang ada. Seperti yang kita tahu di era revolusi industri 4.0 ini adanya teknologi-teknologi canggih disekitar kita dapat kita manfaatkan untuk memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktifitas. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik mungkin, seperti dengan membuat suatu aplikasi yang mudah digunakan dan hasilnya yang memuaskan sehingga masyarakat akan dengan mudah mengakses kebutuhan mereka. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mempromosikan bisnis atau usaha kita sehingga nantinya masyarakat tahu dan penasaran.

Keenam, kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang dengan cepat bisa berubah. Perkembangan yang ada akan selalu berubah, ketenaran suatu hal tidak dapat bertahan dengan lama karena ada saatnya hal tersebut akan dilupakan atau bahkan hilang oleh masyarakat. Jika ini terjadi kepada bisnis atau usaha kita maka akan menjadi masalah besar, oleh karena itu kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga nantinya kita bisa bersaing dengan bisnis yang lain. Disini kita harus bisa berpikir kreatif, namun itu tidaklah mudah. Kita harus memperbanyak ilmu dengan belajar dan meningkat kan skil kita sehingga nantinya kita dapat membangun usaha atau bisnis yang baik dan berkualitas.

Untuk meraih keuntungan dimasa pandemi covid-19 ini tidaklah mudah, banyak yang harus kita persiapkan dengan matang seperti mengawali semua dengan niat yang sungguh-sungguh, mempunyai pondasi yang kuat, mau belajar dari orang lain, mampu mencari ide-ide kreatif, dapat memanfaatkan teknologi yang ada dan dapat mengikuti arus perkembangan zaman. Masih banyak hal lain yang dapat membuat bisnis atau usaha kita lebih menarik atau mempunyai suatu ciri khas tersendiri. Semua ini sangatlah penting untuk kita dalam memulai suatu bisnis atau usaha, sehingga nantinya kita dapat meminimalisir atau mengantisipasi resiko yang mungkin terjadi dan bisnis atau usaha yang kita jalani dapat bersaing dengan bisnis yang lain atau bahkan bisa mengungguli bisnis atau usaha yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

58 komentar untuk "Raih Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19"

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat sekali kak artikelnya, terima kasih

    BalasHapus
  4. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
  5. Artikel yang bermanfaat dan memberikan informasi πŸ‘

    BalasHapus
  6. Artikel nya bermanfaat dan menarik, terimakasih

    BalasHapus
  7. artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  8. Artikel yg sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  9. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. waw terima kasih Min, dengan adanya tulisan tersebut saya jadi tahu menegnai tips untuk bisa mendapatkan keuntungan dimasa pandemi covid-19. dan saya juga sangat suka terkait penulisan yang anda sampaikan karena mudah di pahami

    BalasHapus
  11. Mantap....artikelnya bagus dan bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  12. Artikelnya bagus bgtt

    BalasHapus
  13. artikelnya menarik dan mengedukasi para pembaca✨

    BalasHapus
  14. Artikel nya Sangat informatif, mudah di pahami dan relevan banget, terimakasih

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat bermanfaat. Menambah pengetahuan dan wawasan terkait meraih keuntungan dimasa pandemi saat ini.

    BalasHapus
  16. Mantap kak artikelnya sangat bermanfaat sekali. Lanjutkan!

    BalasHapus
  17. Bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat!!πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  18. Terimakasih artikelnya bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
  19. artikel nya bagus, informatif dan bermanfaat

    BalasHapus
  20. Mantap kak artikelnya, saya jadi tau bagaimana agar tetap produktif dimasa pandemi seperti ini.. Terimakasih kak, lanjutkan !!

    BalasHapus
  21. Bagus artikelnya. Mudah dipahami dan sangat bermanfaat, menambah wawasan dan pengetahuan pada masa pandemi sekarang ini

    BalasHapus
  22. Waah mantepp artikelnya. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah wawasan buat semua orang yang membacanya. Terimakasih,lanjutkan!!

    BalasHapus
  23. Mantap, artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  24. Artikel sangat informatif dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus