Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Sisi Lain dari Pandemi Covid-19

Oleh: Banindia Bella A*

Sudah tidak asing lagi dengan kata pandemi Covid- 19 di telinga kita saat ini, semua orang mengetahui nya dan mengerti mengenai apa yang terjadi begitu juga yang di akibatkan oleh pandemi Covid-19 ini. Banyak sekali masalah yang terjadi akibat adanya pandemi ini, semua sektor merasakanya, mulai dari pemerintahan, pariwisata, ekonomi, pendidikan, serta semua kalangan masyarakat Indonesia, bahkan seluruh dunia pun turut merasakanya. Ini adalah pandemi yang sangat besar yang sedang menimpa bumi kita ini. Pemberitaan pada media sosial membahas mengenai kerugian yang terjadi, kegagalan segala hal, korban yang terus meningkat, dan masih banyak lagi mengenai akibat buruk dari pandemi Covid- 19 yang sedang dan masih terjadi ini. Namun tidak semua orang menyadari adanya sisi lain dari pandemi Covid- 19 ini. Yaitu sisi positif yang dapat kita ambil di tengah – tengah sisi negatif dari pandemi Covid –19.

Sisi Lain dari Pandemi Covid-19
Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

Pandemi Covid–19 ini menuntut dan mengajarkan kita banyak hal. Terutama dalam menumbuhkan rasa kemanusiaan dalam diri kita masing- masing. Adanya pandemi ini menyadarkan kita betapa penting nya berbagi di tengah kesulitan yang di hadapi semua orang, mengajarkan kita arti dari kebersamaan dan persatuan, dan juga menuntut kita untuk dapat berfikir kreatif. Tidak hanya itu, sisi positif nya pun di rasakan oleh para wirausahawan, karena jika dilihat lebih seksama lagi, banyak sekali peluang untuk dapat mengembangkan usaha mereka walaupun berada di tengah pandemi seperti ini. Namun dengan keadaan seperti ini pula di butuhkan kreatifitas yang tinggi dan baik dari seorang wirausahawan untuk dapat mendapatkan peluang tersebut. Semua orang terutama para wirausahawan di tuntut untuk terus dapat belajar dan mengembangkan kreatifikas mereka di tengah pandemi yang masih terjadi ini. Semangat dari diri sendiri dan dukungan dari orang terdekat sangat amat membantu di kala seperti ini. Kreatifitas muncul karena adanya suatu hal yang terjadi yang memaksa seseorang untuk dapat tetap maju dalam suatu hal yang terjadi tersebut.

Seperti yang kita dapat lihat sekarang, walaupun di tengah pandemi seperti ini, fashion tetap menjadi prioritas banyak orang. Oleh sebab itu, banyak penjual masker tidak hanya sekedar menjual masker biasa, karena mereka tahu masker pun sekarang telah menjadi bagian dari dunia fashion. Konsumen tetap ingin terlihat modis walau mereka menggunakan masker. Oleh karena itu, konsumen pun mencari masker yang sesuai dengan outfit yang mereka gunakan. Banyak aneka ragam kreatifitas masker yang dapat kita temui , contohnya ada masker kain yang di jait dengan motif – motif yang menarik, ada juga masker tie die atau masker dengan corak abstrak dengan warna- warna yang unik, masker dengan bentuk animasi kartun atau film pun ada, bahkan masker sekali pakai pun kini sudah banyak yang mengaplikasikanya dengan di lukis atau pun di jait membentuk gambar- gambar yang menarik, serta masker- masker sekali pakai yang mengalami modifikasi agar terlihat modern dan elegan.

Tak hanya masker, hal penting dan wajib yang harus di bawa dan digunakan pada saat- saat pandemi seperti ini adalah hand sanitizer. Penjual hand sanitizer pun tak kalah dalam ke kreatifan mereka dalam memproduksi dan memasarkan produk mereka. Kini dapat kita jumpai berbagai macam hand sanitizer. Contoh nya seperti hand sanitizer dengan sedikit kandungan alkohol sehingga tidak membuat tangan menjadi kering, hand sanitizer dengan aroma terapi yang menenangkan dan menyejukan, hand sanitizer yang memiliki kandungan untuk menjaga dan memberi nutrisi pada kulit tangan, hand sanitizer yang di buat dan di kemas khusus untuk anak- anak dengan di tambahkanya stiker animasi- animasi kartun favorit anak-anak sehingga menarik perhatian dan minat anak- anak untuk memilikinya, ada juga hand sanitizer yang di kemas dengan unik dan tidak membutuhkan tempat yang besar untuk membawanya sehingga menarik minat generasi milenial yang lebih menyukai barang- barang yang terlihat simpel dan mudah di bawa.

Kreatif bukan hanya kita menciptakan dan memproduksi barang atau produk yang akan kita jual saja. Melainkan kita juga harus berfikir kreatif untuk memasarkanya dengan baik. Proses pemasaran ini menjadi hal yang penting, karena informasi- informasi penting mengenai produk akan dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Perlu strategi yang matang dan ter arah agar produk yang kita jual sampai kepada konsumen dengan hasil yang baik dan memuaskan. Dengan begitu usaha atau bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan baik, bahkan dapat terus mengalami peningkatan dan kemajuan. Strategi tersebut dapat berupa terorganisasi nya atau ter arah nya sasaran yang akan menjadi konsumen dari produk atau barang yang akan di jual ini, adanya diskon atau promo yang menarik sehingga membuat konsumen berniat untuk membeli produk tersebut, ataupun bisa dengan memanfaatkan sistem endorse kepada public figure agar konsumen lebih percaya lagi dan tertarik terhadap barang atau produk yang di jual. Itu semua jelas akan menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Dan ini yang terakhir dan amat sangat berpengaruh dalam segala bidang, yaitu kemajuan teknologi. Saat ini di masa pandemi Covid –19 ini, kemajuan teknologi sangat di butuhkan, baik itu dalam bidang sosial, kesehatan, politik, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Karena sekarang semua hal, apapun yang kita lakukan, semuanya berhubungan dengan teknologi. Apalagi dengan kita tidak boleh menyentuh banyak barang atau benda apapun saat berada di luar rumah, membuat orang – orang berfikir untuk mencipkatan segalanya tanpa menyentuh benda lain selain milik kita. Seperti sekarang kita bisa melakukan pembayaran apapun hanya dengan scan dari smart phone milik kita, atau pun kartu debit, atau bahkan kita bisa dengan menggunakan applikasi yang telah di ciptakan menggunakan smart phone milik kita, membeli makanan hanya dengan aplikasi pula dan akan diantar ke tempat tujuan dengan cepat pula. Semua hal di buat sedemikian rupa dan se simpel mungkin untuk tujuan meminimalisir penyebaran virus Covid- 19 ini dan juga mengembangkan lebih jauh lagi perkembangan teknologi.

Pandemi Covid-19 ini bukanlah penghalang dalam menjalankan bisnis atau usaha, membangun dan meningkatkan kreatifitas, juga mencari peluang, dengan adanya pandemi ini justru membuat kita dapat berfikir lebih lagi atas apa yang telah kita jalankan sebelumnya. Perlu di ingat, tidak ada usaha yang langsung menunjukan sayap nya, semuanya membutuhkan proses, bahkan kegagalan pun dapat ada dalam apa yang kita jalani. Namun jangan menjadikan kegagalan sebagai ketakutan, karena kegagalan yang sesungguhnya ada orang yang benar- benar sudah menyerah atas apa yang telah di jalaninya. Sehingga perlunya minat dan kesadaran diri yang dalam dari diri kita sendiri, agar apa yang kita lakukan dapat menjadi pengembangan dan pembelajaran yang terus berjalan untuk diri kita.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Neger Jakarta.

Posted by Dedi Purwana

84 komentar untuk "Sisi Lain dari Pandemi Covid-19"

  1. Artikel yang sangat informatif terima kasih

    BalasHapus
  2. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat menarik dan informatif,terimakasih

    BalasHapus
  4. Artikel yang bagus dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Artikelnya sangat menarik, terimakasih

    BalasHapus
  7. Kayak baca berita CNN berkualitas bgt πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. terima kasih bella sangat bermanfaat artikelmu

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  10. Wihh artikelnya sangat bermanfaat kita jadi tau sisi lain dari pandemi itu bagaimana. Penulisannya juga sudah bagus. Terimakasih kepada penulis dan pemilik blog atas artikelnya

    BalasHapus
  11. Artikel ini sangat bermanfaat dan berkualitas

    BalasHapus
  12. Artikelnya menarik dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Artikel ini sangat bermanfaat dan berkualitas

    BalasHapus
  14. Artikel yang dipaparkan sangat menarik. Artikel tersebut yang disampaikan sangat mudah dipahami dan memiliki wawasan yang cukup luas.

    BalasHapus
  15. Artikelnya menarik dan sangat bermanfaat

    Balas

    BalasHapus
  16. artikelnya informatif bangetttt nih makasih banyakkk

    BalasHapus
  17. Artikelnya bagus, menambah wawasan πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  18. Informatif bangettttt, kerennnnπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  19. Rika Agustiyani10 Desember 2020 09.52

    Artikel yang dipaparkan sangat menarik. Artikel tersebut yang disampaikan sangat mudah dipahami dan memiliki wawasan yang cukup luas.Very good artikel You are sis

    BalasHapus
  20. artikelnya sangat menarik dan informatif πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  21. Wahhh keren bangett dan dangat bermanfaat artikelnya... Terima kasih telah membuat fikiran saya lebih terbuka

    BalasHapus
  22. wahhh artikel nya sangat bermanfaat banget informasi nya jg jelas banget bahasa yang di gunakan sangat mudah di mengerti.. keren banget

    BalasHapus
  23. Artikel nya sangat bermanfaat dan menambah wawasan.

    BalasHapus
  24. Artikal yang bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  25. bagus dan bermanfaatπŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  26. informasi yang sangat mudah dimengerti, informatif, dan menambah wawasan. terima kasih bella!

    BalasHapus
  27. Artikel yang sangat Informatif dan mudah di pahami

    BalasHapus
  28. Artikelnya sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  29. Artikel nya sangat informatif, terimakasih bella!

    BalasHapus
  30. terimakasih informasinyaπŸ’―πŸ’―

    BalasHapus
  31. Woah bagus untuk menambah wawasan dan ilmu makasihπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Bagus banget artikel nya sangat menarik.bagus untuk menambah wawasan dan ilmu.makasih πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  34. Artikelnya menarik

    BalasHapus
  35. Artikelnya sangat menarik.Membahas permasalahan yang sedang terjadi saat ini, tentu saja menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca khususnya saya sendiri.

    BalasHapus
  36. artikel yang sangat bermanfaat untuk masa sekarang

    BalasHapus