Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Teknologi Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi

Oleh: Aini Margiastuti*

Kondisi pandemi di Indonesia yang tidak kunjung membaik, jumlah korban akibat virus covid-19 yang semakin hari terus bertambah besar dan telah menembus ratusan ribu jumlah penduduk yang terkena virus covid-19 ini. Membuat semakin besar dampak yang diberikan terhadap kehidupan ini. Kondisi kesehatan masyarakat, baik secara fisik maupun mental selama menjalani masa pandemi ini, kondisi ekonomi negara yang tak kunjung membaik, pendidikan yang terpaksa masih harus dijalankan secara daring, dan berbagai aktivitas masyarakat yang berubah seiring dengan berjalannya masa pandemi yang tak kunjung berakhir ini. Berbagai macam dampak besar yang tidak bisa terkendali akibat pandemi ini. 

Teknologi Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi
Foto oleh Tranmautritam dari Pexels

Tidak terkecuali dengan para pedagang kecil atau UMKM yang terkena dampak yang cukup besar selama masa pandemi ini. UMKM atau usaha mikro kecil menengah adalah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu (UU No. 20 Tahun 2008). UMKM sendiri biasanya usaha dalam bidang fashion, kuliner, dan furniture. Usaha-usaha kecil yang dijalankan masyarakat tentunya akan sangat membantu perekonomian negara, dimana UMKM berlaku sebagai roda penggerak perekonomian negara. Tetapi, bagaimana dalam keadaan pandemi seperti ini?

Banyak sekali para pelaku kegiatan UMKM yang mengalami kerugian hingga berujung gulung tikar. Ruang gerak yang terbatas selama adanya pandemi dan terlebih sejak ada nya kebijakan PSBB ini. Selain itu, semakin banyak muncul persaingan para pedagang UMKM selama pandemi ini. Banyak sekali masyarakat yang terkena PHK atau pemberhentian dari pekerjaannya memulai usaha kecil untuk terus menyambung kehidupan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi pemerintah maupun kita sebagai masyarakat. Bagaimana kita semua harus tetap menjaga UMKM. Berbagai macam upaya telah dikerahkan. Pemerintah telah berupaya dengan memberikan berbagai sosialisasi, seminar, maupun bantuan dana langsung kepada para UMKM. Dengan adanya bantuan biaya langsung atau pinjaman rendah bunga terhadap para pengusaha UMKM diharapkan akan membantu kondisi keuangan usaha agar tetap bisa menjalankan usahanya di tengah pandemi ini. Selain itu, beriringan dengan usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah kita juga harus turut membantu dengan membeli produk lokal atau UMKM agar perputaran roda perekonomian dapat terus berjalan.

Di masa seperti ini, daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi dari para pengusaha atau pedagang UMKM sangat diperlukan. Para pengusaha UMKM harus melakukan pembaruan dan inovasi terhadap usahanya. Di era sekarang dimana teknologi sudah sangat berkembang dan masyarakat sudah memasuki dunia digital. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi para pengusaha UMKM. Walaupun dengan keterbatasan ruang gerak selama pandemi, sebenarnya sudah ada banyak sekali teknologi digital yang mampu membantu UMKM dalam menjalankan usahanya. Para pengusaha UMKM harus melek terhadap teknologi saat ini. Banyak sekali teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha UMKM. Lalu apa saja sih cara yang dapat dilakukan para pengusaha UMKM untuk dapat bertahan di masa pandemi ini?

Pertama, para pengusaha atau pedagang UMKM harus melakukan inovasi terhadap produk jualannya. Mengapa? Karena pada saat seperti ini banyak sekali persaingan antar pedagang. Dimana kita harus lebih unggul dengan memberikan sentuhan yang berbeda pada produk yang telah kita miliki. Contohnya usaha kuliner atau makanan, banyak sekali usaha makanan saat ini, bukan? Namun, kita dapat mencoba memberi variasi produk seperti dengan menyediakan varian rasa baru atau yang berbeda dengan kebanyakan. Selain rasa yang utama untuk memikat para pelanggan, kita juga bisa dengan cara menawarkan varian yang berbeda yang dapat membuat para pelanggan merasa penasaran dan tertarik untuk membeli dan memilih produk dari kita. Selain itu, misalnya berusaha dalam bidang fashion atau aksesoris. Dimana memainkan daya kreativitas para pengusaha yang cukup tinggi. Para pengusaha harus mampu berkreasi dengan produknya dalam jangka waktu pendek atau dengan kata lain harus mengikuti perkembangan permintaan pasar. Pengusaha UMKM dalam hal ini harus mampu menyediakan barang yang mengikuti tren saat ini atau bahkan harus dapat menciptakan tren baru yang tidak dimiliki oleh pihak atau produk lain. Selain itu, para pengusaha juga harus memperhatikan dari segi kemasan. Dengan menambah nilai estetika pada kemasan juga akan menarik pelanggan untuk memilih dan kembali membeli produk pada kita.

Kedua, para pengusaha harus dapat memanfaat berbagai teknologi yang ada untuk memasarkan produknya. Saat ini, sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan pasti sudah menggunakan media sosial. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah untuk menarik pelanggan dengan memasang iklan atau promosi produk melalui media sosial. Dengan mempromosikan di media sosial para pengusaha UMKM juga mendapatkan jaringan luas terhadap sasaran pasar. Karena media sosial mampu dengan mudah menghubungkan masyarakat berbagai kalangan, daerah, bahkan mampu menyatukan orang-orang di dunia. Dengan begitu, peluang usaha akan bertambah besar.

Ketiga, selain media sosial sebagai ajang promosi, kini juga sudah tersedia berbagai market place, e-commerce, dan aplikasi digital yang dapat menunjang pengusaha untuk menjual produknya. Para pengusaha UMKM dapat berjualan secara online melalui berbagai aplikasi. Sama hal nya seperti promosi melalui media sosial, dengan berjualan online tentunya akan semakin banyak orang yang tau terhadap produk kita. Para pengusaha juga dapat memanfaatkan aplikasi transportasi online untuk mengantarkan pesanan pelanggan yang memiliki jarak yang lumayan jauh dan tentunya itu akan sangat memudahkan proses distribusi.

Untuk para pengusaha baru yang memulai bisnis UMKM hal yang harus diperhatikan adalah analisis swot untuk mengetahui kondisi pasar. Untuk menentukan usaha apa yang ingin dilakukan yang sesuai dengan modal, untuk para perintis baru UMKM di tengah pandemi seperti ini harus benar-benar memperhitungkan modal usaha dengan usaha yang ingin digelutinya. Agar menghindari terjadinya kerugian diawal usaha. Selain itu, harus lebih meningkatkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang berbeda dengan yang sudah ada dan promosi agar dapat menarik pelanggan.

Diantara semua itu, yang dilihat dari pelanggan adalah pelayanan yang mampu kita berikan terhadap pelanggan. Para pelaku UMKM harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap setiap pelanggan dan mampu menerima kritik serta saran dan masukan yang diberikan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan marasa nyaman atas pelayanan yang diberikan dan akan kembali untuk berbelanja produk kita. Dengan menerima berbagai saran masukan dari pelanggan juga dapat membuat usaha yang kita miliki akan berkembang semakin baik dan memiliki nilai plus dari pelanggan.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk tetap berusaha atau menjaga UMKM di tengah kondisi pandemi. Tetap yakin dan semangat untuk menjalani usaha di masa seperti ini. Dengan usaha yang maksimal nantinya akan memberikan dampak yang baik untuk kemajuan usaha yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk kita senantiasa mendukung para pengusaha UMKM dengan membeli produk UMKM untuk ikut membantu menjaga kestabilan perputaran roda perekonomian.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Posted by Dedi Purwana 

141 komentar untuk "Teknologi Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi"

  1. Artikel yg bermanfat, memberikan tips bagi pelaku UMKM
    terimakasih..

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bermanfaat dan memerikan informasi baru πŸ‘

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat ☺

    BalasHapus
  5. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat. Semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan mampir dan memberi komentar

      Hapus
  6. Terima kasih sudah membagikan pemikirannya, sangat bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan mampir dan memberi komentar

      Hapus
  7. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
  8. Menarik sekali artikelnya πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  9. Wah,bener banget sih umkm saat ini sangat terpengaruh akibat pandemi. Semoga umkm di indonesia dapat bangkit kembali ke depannya. Keren artikelnyaa

    BalasHapus
  10. MasyaAllah, setuju banget!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita harus tetap mendukung dan mencintai produk lokal umkm yaa

      Hapus
  11. aini sangat pintar dan cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih jubel, jangan lupa untuk tetap dukung umkm ya

      Hapus
  12. Informasi yang sangat bagussssss

    BalasHapus
  13. aini membantu saya dalam memahami pelajaran di sma

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih khusnul, jangan lupa untuk selalu mendukung umkm ya

      Hapus
  14. Artikel yang menarik! semangat buat pengusaha umkm dan kita semua,semoga pandemi ini ga menghalangi kita semua untuk sukses!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih febby, tetap dukung dan cintai produk umkm ya

      Hapus
  15. informasinya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Informasi yang sangat bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
  17. Artikel ini sangat membuka mata kita selaku pembaca, bahwasanya UMKM di Indonesia ini harus lebih diperhatikan dan dikembangkan lagi. Terima kasih untuk artikelnya yang cukup bermanfaat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan mampir dan memberi komentar, tetap cintai produk umkm ya

      Hapus
  18. Informasi yang solutif, semoga bisa bermanfaat dan dapat diterapkan nilai baik nya πŸ‘

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Informasi yang terdapat dalam artikel sangat tepat, dan juga dapat menjadi referensi bagi para UMKM baru dalam menjalani bisnis. Artikel yang menarik!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih dea, tetap jaga dan cintai produk umkm ya

      Hapus
  21. Dimasa pandemi ini banyak sekali pelaku UMKM yg gulung tikar, untuk itu tetap dukung UMKM dengan cara membeli produk'a.
    Mudah2an dengan membaca artikel ini banyak pelaku UMKM yg menggunakan teknologi untuk memajukan usahanya..
    Terimakasih untuk penulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan mampir dan memberi komentar, semoga dengan keadaan seperti ini umkm tetap bertahan dan dapat berkembang

      Hapus
  22. amazing dan bermanfaat. tingkatin lagi ka wawasan dan
    kreatifitasnya :)

    BalasHapus
  23. Artikel ini sangat informatif dan bermanfaat. Keep up the good job!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan membaca artikel saya dan memberi komentar

      Hapus
  24. sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru. semangat buat artikel yang lainnya ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan membaca artikel saya dan memberi komentar

      Hapus
  25. Terimakasih artikelnya memberi insight yang sangat bagus!

    BalasHapus
  26. sangat infromatif

    BalasHapus
  27. informatif sekali ��

    BalasHapus
  28. Artikel nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  29. Artikelnya menarik dan juga bermanfaat sekali

    BalasHapus
  30. artikel yang menarik dan bermanfaat, semoga kedepannya umkm dapat segera bangkit

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, tetap dukung produk umkm ya

      Hapus
  31. Sangat bermanfaat dan mengedukasi...

    BalasHapus
  32. Artikelnya cukup menarik dan informatif

    BalasHapus
  33. Artikelnya menarik dan bermanfaat sekali:)

    BalasHapus
  34. Artikel trsebut sangat bermanfaat

    BalasHapus
  35. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  36. Artikelnya sangat informatif dan dikemas dengan bahasa yang sangat mudah dipahami dan menarik. Aku juga setuju banget sama pemikirannya, semoga dengan artikel ini, makin banyak warga yang mendukung UMKM Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, semoga walaupun dalam keadaan pandemi seperti ini umkm tetap bertahan dan terus berkembang. Jangan lupa juga kita harus membantu dengan membeli produk umkm

      Hapus
  37. Terima kasih artikelnya sangat informatif

    BalasHapus
  38. Informatif sekali artikelnya sangat bermanfaatπŸ™

    BalasHapus
  39. Terima kasih artikel yang informatif dan setuju banget sama yang dituangkan di artikel ini

    BalasHapus
  40. Wah artikel ini sangat bagus dan sangat membantu

    BalasHapus
  41. Terima kasih sangat bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Artikel sangat menarik, informatif. Semangat!

    BalasHapus
  44. sangat informatif, tema yang diangkat sangat cocok dengan kondisi saat ini.

    BalasHapus
  45. Artikel ini sangat menarik! Tema yang disajikan sangat cocok khususnya bagi para pelaku umkm yang sangat terdapak di masa pandemi seperti ini. Semoga pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
  46. wahh artikelnya sangat menarik dan informatif niihh!! Ternyata masih banyak cara yang dapat kita lakulan untuk menjaga UMKM di tengah pandemi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, semoga umkm dapat terus berkembang ya

      Hapus
  47. artikel yang saangat bermanfaat, patut diacungi jempol

    BalasHapus
  48. Renny Andriani7 Desember 2020 23.57

    informasinya sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  49. bagus sekaliii artikelnya aini

    BalasHapus
  50. Artikel yang sangat bermanfaat dan informatif.

    BalasHapus
  51. wahh terima kasih,artikelnya sangat informatif

    BalasHapus
  52. Terima kasih konteksnya bagus dan informatif, tetapi mungkin akan lebih bagus jika ditambahkan beberapa gambar atau foto yang berkaitan dengan isinya, supaya tidak monoton hehehe... selalu sukses pada setiap karya berikutnya vroh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas saran dan masukan nya

      Hapus
  53. Barakallah..artikel yg informatif dan mudah untuk dipahami, semoga pelaku UMKM semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi pandemi ini.
    untuk penulis semoga lancar dalam menuntut ilmu dan tetap semangat y de.

    BalasHapus
  54. Barakallah..artikel yg informatif dan mudah untuk dipahami, semoga pelaku UMKM semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi pandemi ini.
    untuk penulis semoga lancar dalam menuntut ilmu dan tetap semangat y de.

    BalasHapus
  55. artikel yang sangat informatif.. terimakasih aini

    BalasHapus
  56. Artikel yang sangat informatif dan bermanfaat. Terimakasih ainii

    BalasHapus
  57. Artikelnya menarik dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  58. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenan membaca artikel ini dan memberikan komentarnya

      Hapus
  59. Artikelnya sangat menarik, menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca.

    BalasHapus
  60. Artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  61. artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  62. Artikelnya menarik dan sangat informatif bagi pembaca

    BalasHapus
  63. Artikelnya sangat informatif dan bermanfaat

    BalasHapus
  64. artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  65. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat bagi para pembaca

    BalasHapus
  66. sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus