Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Terancamnya UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Rizka Bunga Mustika*

Apa yang kamu ketahui tentang UMKM? Tahukah kamu pentingnya UMKM bagi perekonomian di Indonesia? Bagaimana nasib UMKM di Indonesia pada masa pandemi ini? UMKM merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang dimiliki perorangan maupun badan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No. 20 Tahun 2008, seperti misalnya Industri kerajinan tangan. UMKM disebut penting karena merupakan aktivitas bisnis yang dapat memberikan dampak pada perekonomian Negara, diantaranya seperti penyedia lapangan pekerjaan, pencipta pasar baru, sumber inovasi, serta menjadi pemeran utama dalam kegiatan ekonomi. Pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia sejak bulan Maret lalu, saat ini sudah membuat nasib UMKM menjadi terancam karena para pelaku UMKM tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Seperti yang kita lihat sehari-hari ini, bahwa banyak kios-kios pedagang kuliner dan barang-barang kebutuhan sehari-hari tutup.

Terancamnya UMKM di Masa Pandemi Covid-19
Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

Salah satu hal yang menjadi faktor terancamnya UMKM adalah susahnya transaksi antara penjual dan pembeli yang mana ini membuat ancaman langsung terhadap UMKM. Pemerintah mengeluarkan peraturan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 dengan cara ibadah dari rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Selain itu pemerintah pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak minimal 1 m. Serta tidak keluar rumah bila tidak ada hal yang penting.

Contoh UMKM selain industri kerajinan tangan yang terkena dampak pandemi covid-19 adalah para pelaku UMKM di bidang kuliner. Biasanya banyak masyarakat membeli makanan atau minuman di toko atau tempat mereka berjualan. Namun, semenjak adanya virus covid-19 dan peraturan PSBB sudah tidak ada lagi yang membeli sehingga menyebabkan menurunnya pendapatan para pelaku UMKM dibidang kuliner tersebut. Tak hanya itu alasan lain karena masyarakat takut kalau pedagang tersebut terkena virus covid-19, lalu ketika kita  membeli makanan atau minuman kita pun akan terkena virus covid-19. Hal ini sangat menghambat pergerakan UMKM yang mana 80% kegiatan UMKM dilakukan di luar rumah.

Sulitnya mendapatkan modal usaha serta banyaknya harga bahan baku yang naik menjadi faktor lain yang mampu mengancam nasib UMKM di masa pandemi. Para penyedia bahan baku yang meliburkan para karyawanya pun termasuk dalam faktor yang mengancam UMKM. Menurut data yang di dapat dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebanyak 30.137 pekerja di PHK dan 1.322.799 di rumahkan tanpa upah. Terhambatnya proses pembangunan jalur distribusi yang terhenti akibat wabah ini menjadikan hal ini turut serta menjadi faktor yang mengancam UMKM, dikarenakan para pelaku bisnis tidak dapat menjangkau market yang lebih luas, seperti luar kota, lintas provinsi, sampai luar pulau. Bahkan, tidak sedikit pun UMKM yang mengeluh karena penghasilan yang menurun atau tidak mendapatkan penghasilan lebih, susah mendapatkan bahan baku, distribusi terhambat, dan produksi terhambat, sehingga membuat banyak UMKM yang memberhentikan sementara usahanya, terlebih lagi ada yang sampai menutup usahanya.

Setelah beberapa bulan kemudian ketika penyebaran wabah ini sudah mulai mereda banyak masyarakat yang mulai berani keluar rumah untuk membeli makanan, minuman atau barang UMKM. Karena banyak barang dan bahan UMKM yang tidak bisa di dapat secara online dan hanya dapat ditemukan secara langsung. UMKM itu sudah menjadi kebutuhan yang mana orang-orang membutuhkan ketersediaan UMKM.

Dalam hal ini, pemerintah juga memberikan beberapa strategi untuk membantu para pelaku UMKM supaya tidak mengalami kebangkrutan dan supaya tetap bisa melanjutkan hidup di masa pandemi covid-19 seperti:

Pertama: Memberikan bantuan sosial (Bansos). Bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada para pelaku UMKM bukan hanya sekedar bansos tunai, tetapi juga Program Keluarga Harapan (PKH), paket sembako, BLT desa, pembebasan atau pengurangan tarif listrik, dan yang terkahir kartu prakerja.

Kedua: Menurunkan insentif perpajakan. Apabila insentif perpajakan diturunkan, pelaku UMKM tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membayar pajak karena pendapatan mereka yang besarnya tidak bisa dipastikan perharinya, maka sangat perlu diadakan program tersebut demi kesejahteraan para pelaku UMKM.

Ketiga: Memberikan stimulus modal kerja. Modal kerja ini diberikan kepada pelaku UMKM supaya usahanya tidak gulung tikar (bangkrut) dan tetap bisa berjualan di masa pandemi covid-19 ini. Dan strategi ini juga sangat membantu untuk menambahkan menu-menu yang baru dan unik untuk dijual.

Keempat: Skema program relaksasi dan restrukturisasi kredit UMKM. Program ini bertujuan untuk penundaan angsuran, subsidi bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, dan penambahan fasilitas kredit.

Pelaku UMKM pun sudah melakukan beberapa cara supaya bisa tetap berdagang, bisa mempertahankan hidup dan terus memenuhi kebutuhan masyarakat. Ada pula strategi yang dapat dilakukan para pelaku UMKM, beberapa cara di antaranya yaitu:

Pertama: Membuka usaha online shop, seperti shopee, lazada, bukalapak, dan aplikasi online shop yang lainnya. Online shop adalah jenis e-commerce yang didirikan secara mandiri tanpa ada pihak ketiga. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh karena tidak melanggar peraturan pemerintah yang melarang adanya pertemuan jual beli secara langsung, yang mana online shop ini memudahkan pembeli untuk membeli dari rumah. Bahkan pelaku UMKM tidak perlu susah payah untuk keluar rumah melakukan aktivitas perdagangan, karena bisa dilakukan didalam rumah.

Kedua: Setelah membuat online shop hal yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM adalah membuat promosi. Promosi adalah upaya untuk menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli. Salah satu promosi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat promo menarik, misalnya promo beli satu gratis satu, atau bisa juga dengan promo potongan setengah harga bila membeli lebih dari 3 buah.

Ketiga: Selain membuat online shop dan melakukan promosi, pelaku UMKM harus membuat suatu pembaharuan pada produk yang akan di jual, salah satunya dengan menambahkan rasa baru pada produk makanan, atau bisa dengan membuat kemasan baru yang menarik supaya banyak pelanggan yang tertarik.

Ternyata pandemi covid-19 sangat mengancam para pelaku UMKM, bahkan ada yang sampai gulung tikar, sehingga membuat pemerintah membantu para UMKM supaya tetap berjualan di masa pandemi, selain itu para pelaku UMKM pun tidak menyerah dengan apa yang dialaminya, sehingga membuat para pelaku UMKM melakukan beberapa strategi. Dengan adanya bantuan dan strategi yang dilakukan oleh pemerintah dan para pelaku UMKM semoga UMKM di Indonesia bisa berjalan lancar supaya perekonomian di Indonesia stabil seperti sebelum adanya virus covid-19 dan semoga para pelaku UMKM bisa mempertahankan hidup di masa pandemi. Serta, semoga pandemi di Indonesia pun segera berakhir.

* Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Posted by Dedi Purwana

151 komentar untuk "Terancamnya UMKM di Masa Pandemi Covid-19"

  1. Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 13.42

      Terimakasih Deyna

      Hapus
  2. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 13.42

      Terimakasih Sintha

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat sekaliii

    BalasHapus
  4. Fernanda Amelia Putri10 Desember 2020 19.51

    artikel sngat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 13.44

      Terimakasih Fernanda

      Hapus
  5. bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.00

      Terimakasih Natasya

      Hapus
  6. bagus dan sangat menambah informasi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.01

      Terimakasih Ine

      Hapus
  7. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.02

      Terimakasih Hastari

      Hapus
  8. An Nissa Panindha14 Desember 2020 13.08

    Artikel nya bagus, sangat bermanfaat dan Informatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.02

      Terimakasih An Nissa

      Hapus
  9. Penyampaian artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.03

      Terimakasih Hesti

      Hapus
  10. artikel nya bagus dan bermanfaat sekali!

    BalasHapus
  11. Artikelnya menarik dan bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.04

      Terimakasih Ardhian

      Hapus
  12. sangat bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.05

      Terimakasih Wulan

      Hapus
  13. Bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  14. artikelnya bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.06

      Terimakasih Septy

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Informatif dan bagus artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.27

      Terimakasih kak Dhea

      Hapus
  17. Artikelny bagus dan bermanfaat, terima kasih author

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.28

      Terimakasih Fajar

      Hapus
  18. Bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.29

      Terimakasih Citra

      Hapus
  20. Dua.. Tiga.. Mantap
    Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.30

      Terimakasih Risat

      Hapus
  21. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.30

      Terimakasih Ifro

      Hapus
  22. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.31

      Terimakasih Ariq

      Hapus
  23. Sangat bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  24. Good job, menambah pengetahuan tentang yang terjadi sekarang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.40

      Terimakasih Dimas

      Hapus
  25. Bagus, sangat bermanfaat sekalian dimasa seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.49

      Terimakasih Anggita

      Hapus
  26. Bagus, sangat bermanfaat sekalian dimasa seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 14.50

      Terimakasih Anggita

      Hapus
  27. semangat terus menebar manfaat melalui tulisan

    BalasHapus
  28. Artikel nya bagus dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  29. Fernanda Amelia Putri14 Desember 2020 16.05

    Artikel sangat bermanfaat, keren...

    BalasHapus
  30. Adelia Salsabila14 Desember 2020 16.56

    Artikelnya kerenn,bermanfaat banget.Semangat,sukses selalu✨✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 18.25

      Aamiin Allahumma Aamiin. Terimakasih Adel. Semangat dan sukses selalu ya Adel ❤️

      Hapus
  31. keren artikel nya.semangat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 18.25

      Terimakasih, Semangat juga yaaaa

      Hapus
  32. Keren banget artikelnya, sangat bermanfaat juga

    BalasHapus
  33. Artikelnya bagus dan bermanfaat..

    BalasHapus
  34. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 18.27

    Terimakasih

    BalasHapus
  35. Keren, sangat bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  36. Artikelnya bermanfaat sekali, sukses terus ka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika14 Desember 2020 22.09

      Aamiin Allahumma Aamiin. Terimakasih Gina. Sukses juga ya sayang

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Relate sekali lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika15 Desember 2020 10.58

      Terimakasih Arya

      Hapus
  39. Mengedukatif min

    BalasHapus
  40. Jangan lupa dibaca artikelnya, isinya bermanfaat bgt apalagi dibaca dimasa pandemi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika15 Desember 2020 11.00

      Terimakasih yaaaaa

      Hapus
  41. Artikel sangat bermanfaat trus kembangkan

    BalasHapus
  42. Putri Aulia Azzahra15 Desember 2020 14.30

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika15 Desember 2020 14.32

      Aamiin Allahumma Aamiin, terimakasih Putri. Sukses selalu juga ya ❤️

      Hapus
  43. Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika16 Desember 2020 10.26

      Terimakasih Iman

      Hapus
  44. Terimakasih, bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika17 Desember 2020 16.10

      Terimakasih Cindy

      Hapus
  45. Artikelnya bagus, Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika17 Desember 2020 16.10

      Terimakasih Nisa

      Hapus
  46. Kerennn, sangat bermanfaat^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika19 Desember 2020 11.53

      Terimakasih yaaaa

      Hapus
  47. Artikel sangat bermanfaat. Sukses selalu rizka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika19 Desember 2020 11.54

      Aamiin Allahumma Aamiin. Terimakasih ❤️

      Hapus
  48. Gokilll, bikin pedagang jadi fokus dagang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika19 Desember 2020 21.01

      Terimakasih Gustiiiii

      Hapus
  49. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 06.16

      Terimakasih Given

      Hapus
  50. artikelnya informatif banget, jelas dan padat jugaa. Good luck!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 06.17

      Terimakasih faraaaaa

      Hapus
  51. Bagus, sangat bermanfaat👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 06.17

      Terimakasihhhhhh

      Hapus
  52. Maa Syaa Allah artikel yg bagus, informatif dan yg pasti bermanfaat in Syaa Allah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 06.29

      Terimakasih kazhimii

      Hapus
  53. Masyaallah sangat bermanfaat����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.44

      Terimakasih dheaa

      Hapus
  54. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.45

      Terimakasih sasti

      Hapus
  55. Fahri Triwidiyanto23 Desember 2020 07.22

    Artikel ini bermanfaat menambah pengetahuan
    Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan perekonomian di Indonesia kembali normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.46

      Aamiin Allahumma Aamiin. Terimakasih Fahrii

      Hapus
  56. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.47

      Alhamdulillah, terimakasih kak Zahira

      Hapus
  57. Artikel yang bagus dan bermanfaat 👍🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.47

      Alhamdulillah, terimakasih Nabila

      Hapus
  58. Artikel nya sangat mengedukasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 08.48

      Alhamdulillah, terimakasih krishna

      Hapus
  59. Artikel nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 10.34

      Terimakasih Widiaaaa

      Hapus
  60. Artikel yang informatif dan juga bermanfaat, penulisannya yang jelas tidak berbelit2 membuat mudah di pahami✨.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 10.35

      Alhamdulillah, Terimakasih Sherly

      Hapus
  61. Bermanfaat juga artikelnya,materinya juga menarik dan mudah di pahami,dan bahasanya juga tidak berbelit-belit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 10.36

      Terimakasih Khrisna

      Hapus
  62. Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 15.22

      Alhamdulillah, Terimakasih Jehannnn

      Hapus
  63. Artikel yang sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.01

      Terimakasih yaa

      Hapus
  64. Artikel yang sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.02

      Terimakasih yaa

      Hapus
  65. Artikel yang sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.03

      Terimakasih yaaa

      Hapus
  66. Wah menarik sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.04

      Terimakasih Asyifaa

      Hapus
  67. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.04

      Terimakasih Yogaa

      Hapus
  68. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.05

      Alhamdulillah terimakasih wildahh

      Hapus
  69. Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika28 Desember 2020 08.05

      Terimakasih Warass

      Hapus
  70. Artikelnya sangat bermanfaat dan dapat memotivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizka Bunga Mustika4 Januari 2021 09.32

      Alhamdulillah, terimakasih Syuhada

      Hapus