Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virus Datang, Etika Murid Tidak Sehat?

Oleh: Amalia Putri Alamsyah*

Tahun bertambah, zaman berubah justru di sini Indonesia ditantang apakah bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada, siapakah yang dapat melakukan perubahan terhadap negara khususnya di negara yang kita cintai ini? Tentunya semua orang yang ada di dalam negara ini terutama murid yang masih sekolah baik di kalangan SD, SMP, SMA/SMK sederajat maupun di Perguruan Tinggi (silahkan baca juga artikel Menegakkan Etika Pelajar di Masa Pandemi)

Virus Datang, Etika Murid Tidak Sehat?
Foto oleh Dominika Roseclay dari Pexels

Murid sangat berperan dalam perubahan sehingga seringkali disebut sebagai agen perubahan, mengapa? Karena murid diharapkan mampu untuk melakukan perubahan besar terhadap suatu negara yang membuat negara itu menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan menerapkan target yang akan dicapai. Semakin tinggi murid tersebut bersekolah maka semakin banyak pula ilmu yang akan didapatkannya, tetapi kita lihat di Indonesia saja, apakah semua orang yang berpendidikan itu sudah pasti mempunyai etika yang baik? Tidak. Menurut saya untuk mencari ilmu yang bisa dikaitkan dengan etika itu tidak harus kita dapatkan dari sekolah tetapi kita bisa mencarinya sendiri misalnya dengan membaca, mencari referensi, melihat orang sekitar dan lainnya.

Tahun 2020 merupakan tahun dimana sudah dimasukinya era Revolusi Industri 4.0, yang membuat kita sebagai manusia (pemeran utama) harus bisa meningkatkan apa yang kita punya sebelumnya. Tentunya tidak mudah begitu saja untuk kita bisa merubah segalanya menjadi hal yang lebih baik atau modern dari sebelumnya, mengingat akan selalu ada tantangan yang tentunya akan menggiring dalam hal mencapai cita-cita atau target. Perlu diketahui tahun 2020 ini juga merupakan tahun yang sangat membuat Indonesia bisa dibilang krisis karena segala bidang menurun, mengapa bisa terjadi? Tentu saja yang sedang hangat-hangatnya adalah pandemi COVID-19 yang mempunyai dampak yang sangat berakibat dalam segala bidang. COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Corona yang baru-baru ini ditemukan.

Menanggapi adanya pandemi COVID-19 ini, pemerintah Indonesia tentu saja terus mengevaluasi bagaimana rakyat bisa tetap produktif walaupun harus memenuhi protokol kesehatan yang ada seperti tidak keluar rumah kalau tidak ada kepentingan, memakai masker jika berpergian, menerapkan sosial distancing, menerapkan physical distancing dan lainnya.

Dalam bidang pendidikan, pemerintah sudah memberitahukan bahwa pendidikan untuk saat ini dilakukan secara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau disebut dengan pembelajaran daring/online sampai situasi di nilai normal kembali, dimana banyak pro kontra terhadap keputusan ini. Tapi apa boleh buat itulah keputusan yang dinilai terbaik dari pemerintah. Namun yang anehnya, tidak semua murid bisa beretika dengan baik saat melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini, malah ada banyak  berita yang viral mengenai PJJ yang tidak patut dicontoh. 
 
Mengapa saya mengambil tema ini untuk dibahas, karena saya sendiri adalah seorang mahasiswi semester 1, yang seharusnya bisa menduduki bangku kuliah tetapi terhalang oleh virus sehingga harus berkuliah secara daring, sehingga saya tertarik membahas ini karena saya pun sedang merasakannya.  Kali ini saya akan membahas apa saja etika yang perlu kita ketahui saat belajar daring.

Etika berperilaku dalam menuntut ilmu secara online:

1.   Disiplin waktu, sama seperti pembelajaran tatap muka yang di mana kita harus masuk ke kelas tepat waktu, di saat pembelajaran daring juga saat sudah waktunya kita harus sudah stand by di aplikasi pendukung (Zoom, Google Meet, dan lain-lain). Jangan seenaknya berfikir kita bisa bermalas-malasan seperti bangun terlambat karena tidak masuk sekolah, kita juga harus mengisi link absen tepat waktu dengan memperhatikan batas waktu yang diberikan. Saya pernah melihat di sosial media dimana seorang murid karena menyepelekan waktu, dia malah terlambat untuk mengikuti pembelajaran daring tersebut.

2.  Waktu saat mengirim pesan, dalam arti ketika menghubungi guru atau dosen, murid harus bisa memperhatikan waktu di mana saatnya bisa mengirim pesan misal pukul 08.00 itu merupakan waktu yang tepat karena sudah jamnya untuk melakukan pembelajaran, jangan mengirim pesan lewat dari jam yang kiranya guru atau dosen sedang sibuk mungkin mengurus keluarga atau hal lain, misal jam 18.00 karena dalam kehidupan guru juga tidak hanya mengurusi murid saja.

 3. Sopan saat mengirim pesan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengirim pesan kepada guru atau dosen yaitu:

  • Mengucapkan salam, contoh Selamat pagi Bapak Dedi
  • Perkenalan diri, contoh saya Amalia Putri Alamsyah, mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2020
  • Jelaskan tujuan secara singkat padat jelas, contoh Saya ingin konsultasi mengenai pengerjaan tugas Pengantar Bisnis
  • Ajukan pertanyaan tapi jangan kita yang atur waktunya ya, contoh Apakah bapak ada waktu di minggu ini
  • Akhiri dengan terima kasih, contoh Terima kasih sebelumnya Pak

 4.    Memperhatikan guru atau dosen, maksudnya rajin, memahami dan melaksanakan dalam arti:

  • Setiap guru pasti mempunyai peraturan yang berbeda-beda dan kita harus memahami karakteristik dari guru tersebut. Contohnya dalam pembelajaran daring ini, ketika guru memberi peraturan bahwa saat belajar murid tidak boleh mematikan kameranya atau murid tidak diizinkan bertanya sebelum ditanya, maka kita sebagai murid harus menaati nya
  • Hormat, seorang murid harus menghormati gurunya saat guru menjelaskan materi yaitu dengan benar-benar memperhatikan, tidak berisik, tidak sibuk dengan hal yang lain yang dapat mengganggu PJJ berlangsung agar guru merasa dihormati
  • Setelah kita memperhatikan penjelasan dari guru dan tidak mengerti maka sebaiknya kita bertanya karena guru juga akan senang menanggapi pertanyaan yang kita ajukan dari pada saat guru bertanya kita tidak mengerti maka itu akan membuat guru kurang semangat dalam pertemuan belajar selanjutnya. Perlu diperhatikan saat PJJ ini saat ingin bertanya sebaiknya mengucap salam memperkenalkan diri terlebih dahulu
  • Biasanya setelah diberi materi guru akan memberi tugas dan menentukan kapan tugas itu harus dikumpul. Murid yang beretika pasti tidak akan mengumpulkan tugas lebih dari waktu yang ditentukan, jadi ada baiknya kita mengumpulkannya sebelum batas waktu

 5.  Sopan, pembelajaran daring ini membuat kita harus mengeluarkan kuota untuk bisa melakukan PJJ, dan memang tidak semua dari kita mempunyai biaya yang cukup untuk membeli kuota. Kita boleh mengeluh tetapi kita harus memperhatikan kepada siapa kita mengeluh. Seperti yang baru saya lihat di sosial media ada video di mana saat guru menjelaskan ada satu murid yang berkata kurang lebih “Pak minta kuota, kuota saya habis” di situ semua murid langsung menghidupkan mic-nya dan sama-sama minta kuota kepada bapak guru. Di sini sangat disayangkan sekali karena kurang adanya kesopanan yang ditunjukkan oleh murid padahal kita tahu guru juga tidak bisa memberi kuota kepada muridnya

Menurut saya tidak hanya murid yang harus menuntut ilmu tetapi guru atau dosen juga karena dalam memberikan materi mereka harus benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan. Sebagai guru atau dosen juga harus bisa mengerti jika ada muridnya yang masih belum paham mengenai materi yang dijelaskan karena maklum saja pembelajaran dilakukan secara online yang membuat murid kesusahan untuk mengerti karena berbeda saat melakukan pembelajaran tatap muka. Saat PJJ kita tidak bisa berinteraksi secara bebas dengan teman-teman maupun guru berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang lebih mudah untuk dimengerti.

Terkadang sebagai murid saat pembelajaran berlangsung kita mengerti dengan apa yang dijelaskan, tetapi saat diberi tugas biasanya murid masih akan bingung dan akan bertanya lewat SMS atau aplikasi semacamnya. Di saat pembelajaran daring ini diharapkan guru atau dosen juga bersedia untuk menjelaskan kembali jika ada pertanyaan dari muridnya melalui aplikasi chat.

Masih banyak etika yang harus dipelajari. Namun pelajaran yang dapat dipetik dari keadaan pandemi COVID-19 ini adalah kita harus tetap produktif dan tentunya mentaati protokol kesehatan yang ada saat melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Ini demi mewujudkan negara Indonesia menjadi negara yang maju yang tidak tertinggal dari negara lain dalam bidang Pendidikan. Tidak lupa juga seluruh insan Pendidikan harus memperhatikan etika yang baik saat melakukan pembelajaran daring. Semoga Covid-19 segera berlalu. []

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

92 komentar untuk "Virus Datang, Etika Murid Tidak Sehat?"

  1. Terima kasih, artikel yang sangat mengedukasi untuk seorang murid dan mahasiswa lainnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amalia Putri Alamsyah2 Desember 2020 18.56

      Terimakasih :)

      Hapus
  2. Artikel yang bagus dan bermanfaat
    Mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amalia Putri Alamsyah2 Desember 2020 18.57

      Terimakasih :)

      Hapus
  3. Suka sekali dengan artikelnya, mengedukasi

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Amalia Putri Alamsyah2 Desember 2020 18.59

      Terimakasih :)

      Hapus
  5. Kerennn, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amalia Putri Alamsyah2 Desember 2020 18.59

      Terimakasih :)

      Hapus
  6. Artikelnya sangat bermanfaat dan menginspirasi. Semoga pandemi covid-19 segera berlalu

    BalasHapus
  7. Artikelnya keren dan menambah wawasan nih kak,semoga kita sebagai pelajar dapat melaksanakan etika tersebut

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat mengedukasi dan menambah wawasan kita

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat mengedukasi dan bermanfaat

    BalasHapus
  10. Fitria Nur Aini3 Desember 2020 16.25

    artikelnya sangat baik dan mudah untuk dipahami, sangat bagus

    BalasHapus
  11. Terimakasih banyak kepada Prof Dedi yang sudah memasukkan artikel saya dalam blognya🙏
    Semoga artikel saya ini dapat membantu para pembaca dan dapat diberi saran agar saya bisa membuat artikel yang lebih baik lagi kedepannya :)

    BalasHapus
  12. Artikel yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita

    BalasHapus
  13. artikelnya bermanfaat sekali, sangat membantu sekali saat kuliah online seperti ini

    BalasHapus
  14. Artikelnya sangat bermanfaat buat para pembaca penulisannya juga sudah bagus. Terimakasih kepada pemilik blog dan penulis yang telah menyajikan artikel ini

    BalasHapus
  15. Keren banget, makasih infonya kak🙏🏻

    BalasHapus
  16. artikelnya bagus, keren dan sangat memberi informasi terlebih untuk kita sebagai mahasiswa

    BalasHapus
  17. Artikel nya bermanfaat sekali, terimakasih yang sudah membuat

    BalasHapus
  18. Artikelnya bermanfaat sekali dan tentunya sangat menambah wawasan dan pengetahuan disaat kuliah online

    BalasHapus
  19. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
  20. Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih ☺

    BalasHapus
  21. Mantep banget materinya, penulisannya juga sudah bagus. Terimakasih kepada pemilik akun dan penulis atas ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali bagas
      Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  22. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  23. Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  24. Bguss artikel nya bermanfaat

    BalasHapus
  25. terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  26. Artikelnya bagus... Informasinya sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  27. Artikel yang sangat informatif, semoga pandemi covid-19 segera berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih :), aamiin agar kita dapat beraktifitas normal kembali

      Hapus
  28. Artikelnya bagus, sangat bermanfaat. Menambah wawasan dan pengetahuan👍

    BalasHapus
  29. artikelnya sangat bermanfaat dan informatif amalia

    BalasHapus
  30. Artikel yang sangat bermanfaat dan informatif. Terimakasih amalia

    BalasHapus
  31. Artikelnya sangat informatif terima kasihh yaa amaliaa

    BalasHapus
  32. Artikel yang sangat informatif dan bermanfaat 👍

    BalasHapus
  33. Artikel nya sangat menarik dan informatif banget nih, terimakasih ❤

    BalasHapus
  34. Artikelnya sangat mengedukasi dan bermanfaat😉

    BalasHapus
  35. Artikel yang sangat bagus, mengingatkan kembali kepada pelajar untuk patuh etika:)

    BalasHapus
  36. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat. Terimakasih:)

    BalasHapus
  37. Terimakasih sun
    Semoga bermanfaat ya :)

    BalasHapus
  38. Putri Aisyah salsabil21 Desember 2020 15.28

    Artikel nya sangat bermanfaat sekali untuk saya karena dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  39. artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  40. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, terima kasih

    BalasHapus