Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

YouTubers Salah Satu Peluang Sukses Masa Kini

 

YouTubers Salah Satu Peluang Sukses Masa Kini
Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Oleh: Hastuti Selmi Rahmah*

Sumber kesuksesan setiap orang memang berbeda-beda, banyak orang yang harus besusah-susah terlebih dahulu unutk mencapai hal itu. Adapula orang yang sukses dengan tantangan yang mudah. Namun hal itu sudah menjadi takdir dan rejeki masing-masing orang. Contohnya kisah kesuksesan salah satu pemuda Indonesia yaitu Atta Halilintar, ia dikenal dan dijuluki sebagai King Youtube dimana dia adalah seorang youtubers no satu seAsia saat ini dengan jumlah subscriber 26 juta orang. Dia adalah salah satu inspirator yang memulai hidupnya dengan berbisni. Sejak kecil ia mulai memanfaatkan peluang-peluang disekitarnya dengan menjadi sorang wirausaha. Hingga pada tahun 2014 ia mulai terjun kedunia sosial yaitu menjadi seorang youtubers. Tidak hanya Atta Halilintar ada salah satu youtubers yang juga sukses di bidang ini, dia adalah Naisa Alifia Yuriza. Di usia yang baru menginjak 13 tahun ia sudah punya penghasilan yang bisa dibilang sangat fantastis diusianya sekarang ini. Awalnya ia hanya menjadikan kontennya itu sebagai sekedar hobinya, namun hal mendapat respon dari para penikmat youtube, hingga akhirnya sekarang ia menjadi youtuber cilik dengan jumlah subscriber sebanyak 8 juta orang dan tentunya penghasilan yang sangat banyak.

Youtube merupakan salah satu media sosial sumber segala informasi saat ini. Mulai dari pengetahuan, berita-berita terupdate, tutorial, hiburan dan lain sebagainya, semua itu bisa di temukan dalam satu aplikasi saja. Banyak orang mulai berkecimpung didunia youtube ini, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tuapun banyak yang menjadi seorang youtubers. Namun hal itu tidak menjadi batasan bagi setiap orang yang ingin menjadi seorang youtubers sukses, jadi selama ada kesempatan kenapa tidak untuk mencoba selama hal itu bermanfaat. Banyak hal yang bisa kita ekspor lewat aplikasi youtube ini misal seperti skill atau kemampuan yang kita miliki, hobby, pengetahuan atau ilmu, hal-hal yang inspiratif, menghibur dan masih banyak lainnya.

Tetapi untuk menjadi seorang youtubers yang sukses, tidak segampang membalikkan telapak tangan atau sekedar mengupload sebuah video lalu kita akan mendapatkan banyak uang. Namun semua itu membutuhkan kreativitas dan inovasi supaya apa yang kita buat bisa diterima dan disukai oleh para pengguna youtube. Diera yang sekarang ini dimana perkembangan teknologi semakin meningkat, bisa dibilang akan lebih mempermudah dan sangat membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan viewers maupun subscribe youtube kita.

Di bidang per youtubean ini kita tidak hanya sekedar melakukan sesuatu untuk memperoleh banyak uang, namun banyak manfaat yang bisa kita dapat dari ambil dimana kita bisa membantu para penikmat youtube dengan konten kita buat, saling memberi informasi, hal-hal inspirat, saling menghibur atau membahagiakan membuat orang senang, dan jika itu bisa diterima dengan baik atau bahkan bisa diterapkan dan bermanfaat, maka itu bisa menjadi tabungan pahala bagi kita.

Sudah saatnya kita mulai memanfaatkan peluang-peluang disekitar untuk menjadi seorang yang sukses apalagi dikondisi saat ini adanya pandemi covid-19 dimana kebanyakan waktu terbuang sia-sia. Memanfaatkan dan mencoba untuk terjun kedunia yang berbeda yaitu menjadi sorang youtubers. Ada beberapa tips menjadi seorang youtubers pemula diantaranya yaitu :

Pertama, untuk memulai segala sesuatu pastinya dibekali dengan niat dan semangat yang tinggi akan hal itu. Untuk menjadi seorang youtubers pemula kita tentunya harus punya yang namanya akun youtube. Pembuatan akun ini merupakan hal yang paling penting dan wajib. Pembuatan nama bebas, namun buatlah nama yang semenarik mungkin dan mudah untuk diingat. Setelah membuat akun pastikan untuk mengaktifkan fitur monetization, agar pihak dari youtubenya tahu bahwa kita membutuhkan kompensasi dari akun yang telah dibuat dan segera memprosesnya sesuai dengan kebijakan yang telah ada. Biasanya setelah membuat akun youtube, kita juga perlu membuat akun Google Adsense karena nantinya pendapatan yang kita peroleh diberikan oleh Google Adsense.

Kedua, setelah membuat akun hal kedua yang perlu dilakukan adalah menentukan apa tema dari konten yang kita buat. Ada banyak pilihan tema konten seperti konten pengetahuan, vlog kehidupan sehari-hari, konten tentang makanan, traveling, tutorial, fashion, game dan banyak masih banyak lagi. Buatlah konten yang sesuai dengan kemampuan, kesukaan yang dimiliki agar lebih mudah dan menyenangkan dalam pembuatan videonya. Dan konten-konten yang menarik akan membuat banyak orang atau para pengguna/penikmat youtube mengunjungi akun kita dan pastinya akan berpengaruh baik ke akun kita karena akan semakin dikenal.

Ketiga, hal selanjutnya yang nggk kalah penting jika ingin menjadi seorang youtubers mempersiapkan peralatan seperti kamera dan software editing yang akan digunakan untuk membuat video yang akan kita upload. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang ragu-ragu untuk terjun kedunia ini karena banyak yang mengirah bahwa untuk menjadi seorang youtubers memerluka camera yang canggih dan kemampuan editing yang tinggih. Padahal sesungguhnya untuk memulainya, cukup menggunakan kamera atau alat-alat yang sederhana seperti misalnya bisa menggunakan kamera HP dan hal itu juga tidak menjadi masalah untuk kontennya sendiri karena yang paling berpengaruh adalah kemenarikan atas konten yang kita buat dan itu menjadi senjata utama dalam aplikasi atau platform youtube. Dan dari segi editing kita bisa belajar secara otodidak dan bahkan sekarang lebih mudah karena perkembangan zaman yang semakin maju sudah banyak software editing yang cukup mudah digunakan.

Keempat, tips selanjutnya adalah bagaimana cara kita membagikan atau mempopulerkan video yang telah kita upload, karena belum tentu konten tersebut akan langsung ditonton ole banyak orang. Disini kita harus bisa memanfaatkan media-media sosial yang kita miliki misalnya kita dapat menshare konten-konten youtube kita ke sosmed seperti instagram, facebook, whatsApp, twitter, line dan bisa juga bagikan keteman-teman atau meminta bantuan mereka untuk memviralkan video kita.

Kelima, hal selanjutnya adalah memaksimalkan jumlah pengikut atau subscriber akun youtube kita. Untuk menjadi seorang youtubers yang sukses salah satu tantangan yang sulit adalah meningkatkan jumlah subscriber. Karena jika soerang youtuber memiliki banyak pengikut itu artinya banyak orang yang menyukainya. Untuk membuat orang respon suka pada konten-konten kita, kita juga harus bersikap baik responsif kepada mereka. Biasanya disetiap video yang kita upload pasti ada yang berkomentar dan bertanya-tanya tentang video tersebut. Dan kita bisa membalas komentar atau menyukai komentar-komentar mereka tersebut sebagai bentuk respon yang baik atau bisa dibilang komunikasi antar sang youtuber dengan para penontonnya. Atau bahkan kita bisa meminta requestion kepada mereka tentang konten-konten seperti apa yang mereka inginkan. Dengan begitu channel kita bisa lebih disukai dan jumlah subscribernya pun juga akan meningkat dengan sendirinya. Selain menjalin hubungan atau komunikasi yang baik kita juga bisa meningkatkan subcriber kita dengan memberi mereka reward atau giveaway.

Dalam menjalani ataupun menjalankan sesuatu kita harus bersikap konsisten dan komitmen terhadapa apa yang kita jalankan tersebut, sehingga feedback yang kita dapatkan juga dapat memuaskan. Seperti halnya dalam menjadi seorang youtubers ini kita harus konsisten dalam menjalaninya. Membuat dan mengupload video konten secara konsisten, karena semakin sering kita membuat videonya maka semakin sering juga channel kita muncul diberanda youtube apalagi bagi orang yang sudah pernah atau sering menonton video kita. Dan pelan-pelan channel kita akan meningkat dan terkenal selama kita terus berjuang, bekerja keras dan sabar. Nah, siapkah sobat dunia kampus menjadi youtuber? Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana  

21 komentar untuk "YouTubers Salah Satu Peluang Sukses Masa Kini"

  1. Tipsnya bagus, terimakasih penulis

    BalasHapus
  2. Tipsnya bagus, terimakasih penulis

    BalasHapus
  3. Sebagaimana diketahui youtube awalnya hanya platform untuk mengupload dan menyebarkan video sekarang menjadi salah satu pekerjaan yang menarik di mata banyak anak muda. Artikel ini menyajikan informasi serta tips teknis untuk orang-orang yang tertarik terjun ke dunia youtube.

    Terimakasih penulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bangat kak Ryan dan sekarang youtube adalah salah satu platform yang penikmatnya, semua kalangan umur dari anak kecil sampai orang tua.
      Terimakasih atas komentarnya

      Hapus
  4. Terimakasih penulis, artikelnya sangat informatif

    BalasHapus
  5. Artikel nya bermanfaat dan informatif, terima kasih penulis

    BalasHapus
  6. artikelnya menarik dan informatif sekali,sehingga menambah wawasan. terima kasih

    BalasHapus
  7. Bener banget, jadi youtuber itu nggak sekali upload doang, tapi harus berkelanjutan. Tanks penulis

    BalasHapus
  8. Artikelnya menarik, terimakasih penulis

    BalasHapus