Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Kreatif di Masa Pandemi

Oleh: Rachmah Inez Kusuma*

Pada awal tahun 2020, kita digemparkan dengan munculnya sebuah virus yang mematikan yaitu virus covid-19. Pandemi covid-19 ini membawa dampak negatif yang sangat besar di berbagai sektor kehidupan, terutama pada sektor ekonomi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan serta banyak pelaku usaha yang tidak mampu bertahan dalam menjalankan usahanya. Namun, dampak virus corona ini juga dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk menciptakan peluang usaha sendiri di masa yang sulit ini. Di tengah pandemi covid-19 ini, perilaku kreatif sangatlah diperlukan, terutama bagi para pelaku usaha. Kreativitas dalam berwirausaha atau berbisnis memegang peranan penting dalam situasi seperti saat ini. Kreativitas yang dimaksud dapat berupa ide atau gagasan dalam menciptakan suatu hal yang kreatif yang kemudian dapat menarik minat banyak konsumen.

Ide Bisnis Kreatif di Masa Pandemi
https://www.pexels.com/id-id/foto/bayangan-gambar-ikon-imajinasi-256514/

Banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis, akan tetapi orang tersebut bingung harus usaha apa dan bagaimana memulainya. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha atau bisnis tersebut. Ilmu bisnis yang kuat saja tidak akan cukup, akan tetapi harus diimbangi juga dengan niat dan tekad yang kuat. Kreativitas dan inovasi dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis juga sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan usaha atau bisnis dalam menghadapi persaingan yang ketat.

Lalu, bagaimana cara seseorang untuk meningkatkan kreativitas dalam memulai sebuah usaha atau bisnis? Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa meningkatkan kreativitas sangatlah penting, terutama saat menghadapi masa sulit seperti sekarang ini. Jika seseorang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis akan tetapi merasa kesulitan mencari ide kreatif, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dalam memulai sebuah usaha atau bisnis:

·      Punya semangat untuk menambah ilmu baru

Orang kreatif adalah orang yang mempunyai banyak ide yang bisa diperoleh jika orang tersebut memiliki pengetahuan. Pengetahuan dan wawasan tentang sebuah usaha atau bisnis harus ditambah seiring berjalannya waktu. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah membaca, sharing dengan orang lain, atau mengikuti beberapa seminar dan pelatihan tentang kewirausahaan dan bisnis.

·      Jangan takut untuk bereksperimen

Kreativitas dan inovasi akan memunculkan peluang usaha baru yang menguntungkan. Namun, inovasi dan ide-ide cemerlang tidak akan membuahkan hasil jika orang tersebut takut untuk mencoba. Janganlah takut untuk melakukan eksperimen-eksperimen kecil yang sebenarnya dapat membuka kesempatan kita untuk belajar dari kesalahan dan bereksplorasi kembali.

·      Jalin relasi dengan orang-orang yang kreatif

Bergaul dan menjalin relasi dengan orang-orang yang kreatif mampu menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan kreativitas. Seseorang bisa menjalin relasi dengan orang-orang kreatif melalui komunitas-komunitas ataupun dengan orang yang ada di sekitar. Karena adanya pemberlakuan social distancing, kita bisa memanfaatkan jejaring media sosial untuk bergabung dengan komunitas. Bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama akan menambah hasrat atau passion kita terhadap hal tersebut. Manfaatkanlah waktu bersama mereka untuk saling bertukar pikiran, menggali ide, menuangkan ide, ataupun meminta kritik dan saran. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan inspirasi ataupun gagasan baru.

·      Peka terhadap lingkungan sekitar

Meningkatkan kreativitas juga bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar kita. Mulailah untuk terbiasa peka dan memperhatikan secara detail apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Jadikanlah apapun yang didengar, dilihat, dan dirasakan sebagai proses mengembangkan kreativitas. Jangan membatasi diri dan mulailah peduli pada lingkungan sekitar. Selain hal tersebut, cobalah untuk menerima masukan, baik fakta ataupun informasi lainnya dari orang yang ada di sekeliling kita, bahkan dari orang yang bertolak belakang dengan kita sekalipun. Dengan demikian, barangkali kita akan mampu menemukan ide ataupun gagasan baru.

·      Selalu sedia buku catatan kecil

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja tanpa kenal waktu. Maka dari itu, kita perlu menyiapkan buku catatan kecil di dekat kita untuk menampung ide yang tiba-tiba menghampiri kita. Ide tersebut bisa saja muncul saat kita sedang melamun, bekerja, atau bahkan ketika kita sedang ada di jalan. Dengan menuliskan atau mencatat ide yang datang tersebut, tentunya akan memudahkan kita untuk mengembangkannya di kemudian hari dan mengantisipasi jika kita lupa akan ide yang muncul tersebut.

Lalu, apa saja ide bisnis kreatif yang bisa dilakukan pada saat pandemi ini? Berikut beberapa contoh ide dan peluang usaha atau bisnis kreatif yang bisa dilakukan pada saat pandemi seperti sekarang ini:

1.    Usaha Pembuatan Masker Kain

Selama pandemi ini, masker adalah salah satu barang yang harus digunakan dan banyak dicari oleh semua orang. Ketika masker satu kali pakai sudah sulit dicari, orang berbondong-bondong mencari masker kain sebagai pengganti. Ide dan peluang usaha pembuatan masker kain ini juga merupakan usaha jangka panjang karena akan digunakan terus menerus walaupun pandemi ini telah selesai.

2.    Usaha Online Shop

Sebelum pandemi, usaha online shop memang sudah dilakukan oleh banyak orang. Namun, sekarang ini online shop semakin marak digunakan oleh khalayak ramai untuk membeli barang. Dengan hanya memanfaatkan handphone dan bertransaksi menggunakan mobile banking, membuat orang banyak beralih ke belanja online. Untuk ide dan peluang usaha online shop ini, kita bisa menjual barang yang sekiranya sering dicari oleh banyak orang. Produk yang sering dicari di pasaran adalah baju, tas, sepatu, dan case handphone. Jangan lupa untuk mendaftarkan usaha tersebut ke berbagai platform online supaya online shop tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak ramai.

3.    Usaha Makanan Beku (Frozen Food)

Masa mengisolasi diri membuat semua aktivitas terbatas sehingga kegiatan membeli bahan makanan pun menjadi sulit. Banyak keluarga harus belanja banyak bahan makanan dan menyimpannya untuk jangka panjang supaya tidak keluar rumah secara terus-menerus. Tetapi, tidak semua bahan makanan dapat bertahan lama dan akan berakhir busuk jika tidak digunakan. Oleh karena itu, ide dan peluang usaha makanan beku ini sangat bermanfaat dan banyak dicari oleh masyarakat karena memudahkan mereka. Jenis-jenis makanan beku yang banyak dicari adalah sosis, nugget, sambal, risoles, dan lainnya.

4.    Usaha Virtual Photoshoot

Untuk orang yang suka dalam bidang fotografi, ini merupakan ide dan peluang usaha yang bagus untuk orang tersebut. Virtual photoshoot sedang trend pada masa pandemi ini. Selama mengisolasi diri di rumah, orang-orang tidak bisa melakukan photoshoot di studio secara langsung sehingga kita bisa memanfaatkan ide dan peluang usaha virtual photoshoot ini dengan baik. Hanya bermodalkan kamera, handphone, laptop, jaringan internet, dan berbagai properti kecil seperti gelas, bunga, dan kaca kita sudah bisa membangun bisnis ini.

5.    Desain Grafis

Selama pandemi, semakin banyak usaha-usaha baru yang merintis, semakin banyak juga jasa desain grafis yang dibutuhkan. Jasa desain grafis biasanya dicari untuk mendesain logo, mendesain kemasan, hingga mendesain konten di platform online. Apabila kita pandai dalam dunia desain atau bahkan hobi dalam mendesain, kita bisa memanfaatkan ide dan peluang usaha desain grafis tersebut.

Mungkin masih banyak lagi ide bisnis kreatif lainnya yang berkembang di luar sana saat ini. Bahkan, mungkin dari kalian banyak yang memiliki ide kreatif tentang sebuah usaha atau bisnis yang belum pernah ada sebelumnya. Jika memang benar begitu, kalian bisa merealisasikan ide tersebut dengan mencoba untuk memulai menjalankan usaha atau bisnis tersebut. Jika kalian masih ragu dengan ide yang kalian miliki, kalian bisa mencari informasi lagi tentang usaha atau bisnis tersebut. Kalian dapat meminta saran dan masukan dari seseorang yang ahli atau bahkan dari orang terdekat kalian. Jika ide tersebut dirasa masih terlalu sulit untuk kalian realisasikan sekarang, kalian bisa mencoba memulai bisnis yang sudah ada dengan keunikan tersendiri yang kalian miliki.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

28 komentar untuk "Ide Bisnis Kreatif di Masa Pandemi"

  1. Ilmunya bermanfaat sekali. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 15.17

      Alhamdulillah, terima kasih kembali.

      Hapus
  2. Wihh nambah ilmu baru nih, terimaakasihhh ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 15.45

      Alhamdulillah, terima kasih kembali.

      Hapus
  3. Artikelnya sangat bermanfaat, terima kasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 15.47

      Alhamdulillah, terima kasih kembali.

      Hapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 15.51

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya.

      Hapus
  5. Artikelnya sangat bermanfaat dan informatif, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 16.03

      Alhamdulillah, terima kasih kembali:)

      Hapus
  6. Adinda Rizki Larasati15 Desember 2020 15.57

    Sangat inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 16.04

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya:)

      Hapus
  7. Mantap, sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 16.05

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya:)

      Hapus
  8. Sangat bermanfaat nez, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 17.21

      Alhamdulillah, terima kasih kembali:)

      Hapus
  9. MasyaAllah sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 17.22

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya:)

      Hapus
  10. sangat informatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 17.23

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya:)

      Hapus
  11. Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 18.41

      Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya Fio:)

      Hapus
  12. Mantapp Inez makasih ya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 18.42

      Alhamdulillah, terima kasih kembali Dawa:)

      Hapus
  13. Masyaallah thankyou for the information rachmah inez

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma15 Desember 2020 22.01

      Alhamdulillah, you're welcome. Thank you for your comment Feria:)

      Hapus
  14. Arista Wulandari17 Desember 2020 18.34

    Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rachmah Inez Kusuma17 Desember 2020 19.38

      Alhamdulillah, terima kasih kembali:)

      Hapus