Pacu Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan, Inovasi, dan Motivasi

Oleh: Chairunnisa*

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia, tetapi dengan banyaknya jumlah SDM yang dimiliki tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia sehingga menyebabkan tingkat pengangguran yang semakin tinggi terutama pada saat pandemi Covid-19 ini. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pun memaparkan, di Indonesia jumlah angka pengangguran meningkat 3,7 juta orang akibat pandemi. "Angka pengangguran hari ini lumayan kenaikannya, sekitar 3,7 juta orang perhitungan Bappenas, ini sebuah angka yang relatif besar," jelas Suharso ketika memberikan paparan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (28/7/2020).

pendidikan kewirausahaan di dunia kampus

Saat pandemi Covid-19 ini banyak karyawan yang di PHK dan dirumahkan, perekonomian Indonesia pun mengalami penurunan yang sangat drastis. Banyak para karyawan yang di PHK dan dirumahkan mengalihkan pekerjaan mereka dengan membuka usaha atau menjadi seorang wirausaha dadakan, padahal mereka hanya menggunakan modal nekat semata mereka tidak memiliki ilmu untuk memulai bisnis atau usaha hanya karena desakan ekonomi yang harus mereka dapatkan untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menumbuhkan minat berwirausaha bagi mahasiswa sehingga para mahasiswa memiliki bekal atau ilmu pengetahuan tentang bagaimana memulai sebuah usaha dan bagaimana cara menghadapi resiko dalam berwirausaha.

Mengapa mahasiswa enggan berwirausaha?

Pertama, Lebih memilih menjadi pegawai swasta atau pegawai negeri. Hanya sedikit mahasiswa yang setelah lulus memilih untuk menjadi seorang wirausaha, banyak dari mereka yang lebih memilih pekerjaan menjadi pegawai swasta atau negeri dengan gaji sesuai keinginan mereka setiap bulan.

Kedua, Resiko yang dihadapi terlalu besar. Banyak mahasiswa yang tidak ingin menjadi seorang wirausaha karena resiko yang dihadapi terlalu besar, mereka takut gagal, takut usaha yang dibuat tidak banyak konsumennya, modal yang dikeluarkan lebih banyak dari pada keuntungan yang didapatkan.

Ketiga, Tidak ada dukungan baik dari lingkungan internal atau eksternal. Tidak ada motivasi dalam diri dan dukungan dari lingkungan keluarga dan teman untuk membantu dalam membuka usaha tersebut.

Oleh sebab itu, pendidikan kewirausahaan, inovasi, dan motivasi berwirausaha sangat penting dalam menumbuhkan minat berwirausaha terutama bagi seorang mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan dapat diperoleh saat mahasiswa masih berkuliah dimana mahasiswa mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, inovasi juga sangat penting dalam memulai sebuah usaha dimana dalam menciptakan suatu produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada sesuai dengan perkembangan zaman, tidak kalah penting motivasi berwirausaha pun sangat berpengaruh karena dorongan baik dari diri sendiri maupun dari eksternal sangat mempengaruhi dalm menumbukan minat berwirausaha.

10 Karakteristik wirausaha sukses

Pertama, Percaya Diri. Jika Anda menanamkan sikap atau rasa percaya diri ketika berwirausaha maka hasil yang Anda dapat pun akan maksimal dan kalaupun mendapatkan kesulitan maka dengan rasa percaya diri kesulitan tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Kedua, Orientasi Hasil. Sebelum membuka usaha Anda harus memikirkan tujuan dan hasil apa yang akan didapat dengan membuka usaha tersebut, hasil disini tidak hanya materi tetapi juga kepuasan konsumen.

Ketiga, Berani ambil resiko. Sebagai seorang wirausaha berani mengambil resiko dan kegagalan sudah harus Anda pikirkan serta Anda harus siap akan hal itu jika terjadi dan dapat mendewasakan serta membuat Anda berpikir secara matang.

Keempat, Memiliki jiwa kepemimpinan, Hal ini sangat penting ada dalam jiwa seorang wirausaha, karena seorang wirausaha itu pemimpin bagi karyawan-karyawan lainnya, sukses atau jatuhnya usaha tersebut tergantung bagaimana strategi yang dibuat oleh pemimpinnya.

Kelima, Orisinil atau Original, Sebagai seorang wirausaha harus memiliki ide/gagasan yang inovatif dalam menciptakan suatu produk sehingga tidak meniru atau menjiplak usaha orang lain.

Keenam, Kejujuran. Ini merupakan hal sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha kejujuran dalam usaha dan bisnis yang dijalankan sehingga konsumen pun merasa nyaman, puas, dan senang dengan produk usaha Anda.

Ketujuh, Pantang Menyerah. Bagi seorang wirausaha dalam mendirikan sebuah usaha jatuh bangun ialah hal yang biasa dan sikap pantang menyerah harus ditanamkan bagi para wirausaha terutama untuk seorang pemula.

Kedelapan, Mempunyai kreativitas yang tinggi. Untuk melakukan inovasi terhadap produk atau usahanya sehingga konsumen tidak merasa bosan dan selalu melakukan pengembangan terhadap usaha atau produk yang dihasilkan.

Kesembilan, Optimis, merupakan sikap yang mengharuskan Anda untuk berpikir secara positif baik ketika terjadi kegagalan atau kesulitan sekali pun. Dengan Anda berpikir secara positif, Anda akan lebih semngat dalam menjalaninya.

Kesepuluh, Pandai mencari peluang. Sebagai seorang wirausaha Anda harus mengetahui pangsa pasar Anda, lokasi strategis untuk Anda membuka usaha tersebut. Dan dekat dengan sumber daya yang didapatkan. 

Dengan mengetahui karakteristik untuk menjadi seorang wirausaha, maka hal tersebut dapat menjadi pegangan ketika Anda ingin membuka usaha atau menjadi seorang wirausaha. Terutama bagi mahasiswa dimana mahasiswa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk meningkatkan UMKM Indonesia dan meningkatkan presentase wirausaha di Indonesia. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, jumlah wirausahawan di tanah air tidak sebanding dengan populasi penduduk. Dia menyampaikan persentase jumlah wirausahawan masih di bawah 4%.

Oleh sebab itu, kerjasama dengan perguruan tinggi sangat penting untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan, inovasi, dan motivasi berwirausaha juga sangat berpengaruh dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa. Semoga saja jumlah wirausaha baru semakin meningkat di bumi pertiwi.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

Komentar

  1. Terkadang sikap percaya diri, ide untuk berkreasi udah sangat banyak, dukungan semangat dari teman dan orang orang terdekat sudah ada, namun modal dana adalah faktor utama penghambatnya untuk berwirausaha, kira kira apa yg harus dilakukan ya? Btw terima kasih nissa sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  2. ilmu yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang ingin mulai berwirausaha. terimakasih prof

    BalasHapus
  3. Artikel nya sangat bermanfaat bagi pemula yg ingin berwirausaha. terima kasih πŸ˜‡

    BalasHapus
  4. Menarik sekali, mahasiswa wajib tahu iniπŸ˜‡. Terimakasih prof sudah mempublish artikel yg bagus ini

    BalasHapus
  5. Pengetahuan yang sangat bagus dan bermanfaat terutama untuk mahasiswa yg ingin mulai berwirausaha. Terima kasih prof

    BalasHapus
  6. Artikel yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha. Terima kasih ilmunya

    BalasHapus

Posting Komentar

POSTINGAN TERPOPULER

7 Tips Menentukan Topik (bukan judul) Skripsi

Teknologi Informasi menjadi Inovasi dalam Berwirausaha?

Perempuan Di Lumbung Kemiskinan