Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Semangat Wirausaha Mahasiswa

Oleh: Olin Putri Marsyanda*

Wirausaha memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan dan kemajuan perekonomian suatu negara. Untuk berwirausaha memang tidak semudah yang kita kira, akan tetapi kita harus siap menghadapi berbagai tantangan yang akan muncul selama menjalankan usaha. Pengertian wirausaha itu sendiri pun bisa dikatan sebagai suatu proses dalam mengerjakan hal-hal baru, kreatif, inovatif dan bermanfaat. Setiap orang memiliki peluang untuk bisa menjadi pelaku usaha dan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Akan tetapi, terkadang ada beberapa orang belum berani action menjalankan usaha. Ketakutan dan keraguan untuk memulai, mencoba, menjadi kendala utama bagi sebagian orang untuk memulai suatu usaha.

Pentingnya Semangat Wirausaha Mahasiswa
Foto oleh nappy dari Pexels

Seberapa penting semangat wirausaha mahasiswa? Yuk kita bahas! Jiwa dan semangat kewirausahaan pada mahasiswa merupakan peranan penting dalam dunia bisnis dan ekonomi. Mahasiswa sebagai salah satu yang memiliki peran penting  dan harus memiliki semangat berwirausaha. Pasalnya, ini merupakan tantangan bagi generasi muda untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dengan menciptakan hal-hal baru, inovatif, dan kreatif. Pembekalan kewirausahaan ini perlu dipersiapkan sejak saat ini. Karena, semangat berwirausaha merupakan salah satu hal penting untuk berkontribusi nyata. Jiwa kewirausahaan ditanamkan untuk masa depan yang akan datang.

Setelah mengetahui pentingnya semangat wirausaha, apa hal-hal yang harus dipersiapkan? Sebagai awal mula mahasiswa terjun ke dunia wirausaha, hal pertama yang diperlukan adalah jiwa dan semangat berwirausaha. Dengan memiliki jiwa dan semangat wirausaha akan memperkuat kita dalam merintis usaha yang didirikan. Untuk memulai usaha tentunya harus memiliki tekad yang kuat dan pemberani. Dibutuhkannya mental pemberani itu untuk mengalahkan ketakutan-ketakutan dan keraguan-keraguan yang ada. Tekad yang kuat untuk memulai usaha dapat menjadi pondasi dasar untuk memulai suatu usaha. Kemudian, mulailah dari minat dan bakat yang kita miliki. Lakukan dengan fokus dan konsisten agar hasilnya pun konsisten. Mencari referensi untuk menambah pengetahuan di  bidang bisnis dan mau mempelajari hal-hal baru. 

Salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa dan semangat berwirausaha pada mahasiswa yaitu melalui pendidikan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan sudah dikembangan hampir di semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa merupakan kebijakan Presiden RI pada tahun 1995. Melalui pendidikan kewirausahaan ini bertujuan untuk membangun mental kewirausahaan, melatih keterampilan, dan menyusun rencana bisnis. Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi bukan diartikan sebagai pendidikan untuk memulai usaha, melainkan dimaknai sebagai pendidikan untuk membangun karakter wirausaha, jiwa wirausaha, semangat wirausaha, dan perilaku wirausaha.

Bagaimana menumbuhkan jiwa dan semangat wirausaha mahasiswa?

Ada 2 faktor yang mendorong tumbuhnya jiwa dan semangat berwirausaha pada mahasiswa. Pertama, faktor internal yaitu dari dorongan atau dukungan yang datang dari diri sendiri. Kedua, faktor eksternal yaitu dorongan atau dukungan yang datang dari luar. Mari kita bahas satu per satu.

Faktor internal merupakan dorongan atau dukungan yang datang dari diri sendiri. Artinya semangat wirausaha timbul dari dukungan dan dorongan dari diri sendiri/kemauan orang tersebut.

Faktor Internal

1)   Keinginan yang kuat untuk berinovasi

Untuk memulai suatu usaha tentunya dimulai dari diri sendiri. Tanamkan niat dan tekad yang kuat untuk memulai usaha. Berani untuk memulai dan mencoba hal-hal baru. Tumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri masing-masing.

2)   Mulailah dari hal-hal yang disuka dan sesuai minat yang dimiliki

Awal mula mahasiswa terjun ke dunia wirausaha biasanya bingung untuk memilih ide bisnis yang sesuai. Maka dari itu, mulailah dari hal-hal yang disuka. Dan juga, manfaatkan minat dan bakat yang dimiliki sebagai peluang usaha. Lakukanlah hal tersebut dengan ketekunan dan sepenuh hati agar tidak terasa berat jika dijalani.

 3)   Sikap selalu ingin maju

Semangat wirausaha bisa timbul karena sikap selalu ingin maju dikarenakan obsesi agar keinginannya tercapai. Sikap selalu ingin maju bisa menjadi dorongan untuk menumbuhkan semangat yang ada dalam diri kita. Rasa ingin maju juga membuat kita belajar dan mencoba hal-hal baru.

4)   Daya Saing

Daya saing yang dimaksud disini adalah karakteristik wirausahawan seperti; disiplin, jujur, komitmen, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis.

5)   Kemauan untuk belajar berwirausaha

Kemauan untuk belajar bisa memacu semangat dalam berwirausaha. Kenapa? Karena merupakan bukti untuk maju, mencoba hal baru, dan tidak putus asa ketika mengalami kegagalan. Ketika mengalami kegagalan, berani mencoba dan mengambil resiko. Belajar terus, belajar lagi, sampai berhasil.

Faktor eksternal merupakan dorongan atau dukungan yang datang dari luar. Artinya semangat wirausaha timbul dari dukungan dan dorongan dari luar yaitu; lingkungan, orang tua, dosen/guru, keadaan dan lain-lain.

Faktor Eksternal

1)   Pendidikan Kewirausahaan

Seperti pembahasan yang diatas, bahwa pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi bisa menjadi dorongan atau dukungan menumbuhkan semangat wirausaha. Kenapa? Dikarenakan sebagai pendidikan untuk membangun karakter wirausaha, jiwa wirausaha, semangat wirausaha, dan perilaku wirausaha.

2)   Motivasi Berwirausaha

Nah, motivasi berwirausaha juga bisa menjadi hal yang bisa mendorong semangat berwirausaha. Kenapa bisa mendorong semangat berwirausaha? Dikarenakan mendorong/menggerakkan keinginan mahasiswa untuk melakukan kegiatan kewirausahaan dengan mandiri, percaya diri, berorientasi pada masa depan, berani mengambil resiko, kreatif, dan inovatif. Motivasi berwirausaha disini merupakan motivasi yang melibatkan pada tujuan kewirausahaan itu sendiri. Jiwa dan semangat wirausaha akan muncul ketika seseorang berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide kreatifnya.

3)   Program Mahasiswa Wirausaha

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan salah satu program Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang ditujukan kepada seluruh perguruan tinggi negeri dan juga beberapa perguruan tinggi swasta. Nah, PMW ini bisa menjadi dorongan atau dukungan yang menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa. Dikarenakan PMW sendiripun bertujuan untuk meningkatkan semangat, menambah pengetahuan terkait kewirausahaan, mengembangkan minat dan bakat, dan meningkatkan keterampilan berwirausaha. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) juga bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa dan mendorong terbentuknya mahasiwa terdidik, berkarakter, dan memiliki konsep bisnis yang jelas. Lalu, juga untuk mempercepat pertumbuhan pembangunan ekonomi negara menuju negara yang mandiri, maju, dan sejahtera.

 4)   Seminar Kewirausahaan

Seminar kewirausahaan merupakan salah satu hal yang dapat mendorong semangat dan keinginan dalam berwirausaha. Seminar kewirausahaan juga menjadi tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Dengan mengikuti seminar kewirausahaan dapat menggali dan menambah wawasan terkait kewirausahaan. Seminar kewirausahaan juga menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat di bidang wirausaha. Kemudian juga, dengan mengikutin kegiatan tersebut kita dapat memperluas dan memperbanyak relasi bisnis. Seminar kewirausahaan biasanya diadakan untuk mengajak mahasiswa meningkatkan jiwa kewirausahaan, memiliki ide-ide, inovasi baru, sehingga masa depan kita bisa memiliki usaha sendiri dan dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Setelah pembahasan di atas kita dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi semangat berwirausaha mahasiswa. Lalu, kita juga susah mengetahui begitu pentingnya semangat berwirausaha. Tentunya kita sebagai generasi muda merupakan salah satu yang memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi di negara ini. Kita pun ditantang agar bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan hal-hal baru, inovatif, kreatif, dan juga bermanfaat. Maka dari itu, Yuk tanamkan jiwa dan semangat berwirausaha dari sekarang!

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

 Posted by Dedi Purwana

8 komentar untuk "Pentingnya Semangat Wirausaha Mahasiswa"