Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi di Era Generasi Milenial

Oleh : Alya Putri Havi*

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap tatanan kehidupan manusia dan mempengaruhi terhadap dunia, baik dari segi pendidikan, pekerjaan dan lain - lain. Di era revolusi 4.0 seperti sekarang dimana semua hal dalam kehidupan ini menggunakan internet, dan hal ini merupakan era kemajuan dari perkembangan teknologi yang sangat di butuhkan dalam kehidupan manusia khususnya. Sebagai generasi milenial yang hidup di era modern sekarang ini, kebutuhan dan aktivitas yang serba cepat menuntut kita untuk tidak lepas dari perkembangan teknologi. 

Foto oleh Mateusz Dach dari Pexels

Perkembangan teknologi memang sudah kebutuhan kaum milenial dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Generasi milenial merupakan orang yang mengutamakan kepraktisan dalam segala hal, baik itu dari hiburan hingga pendidikan. Bahkan generasi milenial ini adalah penggemar gadget, sehingga tidak heran lagi jika kebanyakan orang menggunakan gadget yang canggih serta dengan teknologi terbaru dan hampir setiap orang memiliki gadget lebih dari satu unit, baik itu karena kebutuhan ataupun karena hanya sebatas keinginan semata. 

Semenjak adanya koneksi jaringan internet, dimana semua orang dapat dengan mudah mengakses fasilitas tersebut dimana saja dan kapan saja. Hal itu membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah, lebih singkat dan lebih cepat dalam mendapatkan informasi dan lain lain. Dan itulah salah satu alasan teknologi diciptakan untuk membantu manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari - hari,baik untuk mencari informasi pendidikan serta usaha. Tentunya ada banyak peranan internet yang membantu kita semua dalam menjalankan kegiatan kita sehari-hari, terutama pada masa pandemi corona saat ini dimana semua kegiatan pendidikan, pekerjaan dan hiburan menggunakan akses internet sebagai media penghubung dan pembelajaran. Karena internet membuka peluang yang besar untuk kita semua, terutama generasi milenial untuk bebas berekspesi dan berkarya, dan juga sebagai ladang mencari inovasi dan kreasi baru. Di dunia yang  serba cepat ini, membuat kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan segala hal. Jadi kita sebagai generasi milenial harus bisa memanfaatkan dan menggunakan internet semaksimalkan mungkin agar dapat berguna baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, terutama jika kita dapat memanfaatkan kemajuan internet untuk berinovasi dan berkreasi untuk pembelajaran, hiburan, informasi dan masih banyak lagi yang dapat kita manfaatkan dari internet itu sendiri.

Gaya hidup yang serba digital sangat mempengaruhi dunia saat ini, terutama pada sektor pendidikan dan pekerjaan. Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi kini sudah bisa mengubah metode pembelajaran. Salah satu wujud perkembangan teknologi pada bidang pendidikan adalah munculnya aplikasi atau platform yang berkaitan dengan pendidikan, sehingga dapat memudahkan siswa dan pengajar dalam proses memberikan materi pembelajaran. Dalam keadaan covid seperti sekarang ini yang dimana semua harus dirumahkan atau dapat disebut dengan daring. Dengan adanya teknologi proses pembelajaran tidak harus dilakukan secara tatap muka, tetapi bisa menggunakan media internet sebagai penggantinya. Dan adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi digital. Perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan untuk pelajar dalam melakukan pertukaran data, memudahkan dalam mencari berbagai informasi, dan sebagainya. Dimana hal itu berguna untuk memudahkan pelajar dalam proses belajar, selama pelajar tersebut dapat memanfaatkannya pada hal yang positif.

Dalam dunia pekerjaan, perkembangan teknologi dapat menciptakan lapangan pekerjaan seperti youtuber, selebgram, dan masih banyak lagi hal yang dapat kita gunakan jika kita sebagai pengguna internet dapat bijak dalam menggunakan kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi juga dapat digunakan untuk membuka peluang bisnis seperti online shop. Karena sekarang sudah banyak orang yang lebih suka jika berbelanja secara online karena kemudahan dalam berbelanja, dimana kita hanya tinggal memilih dan langsung melakukan pembayaran pada waktu yang singkat. Dengan seperti itu bisa membuka peluang usaha dengan menggunakan teknologi internet. Selain itu, perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif bagi seorang pembisnis dalam menjalankan usahanya seperti lebih  mudah dalam memasarkan suatu bisnis atau produknya, proses komunikasi lebih baik, singkat dan mudah, dan dapat menyimpan informasi yang aman.  

Meskipun perkembangan teknologi terdapat banyak dampak positif, tetapi ada beberapa dampak negatif dari perkembangan teknologi. Dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah pertama, munculnya rasa kecanduan bagi seseorang. Pengguna teknologi canggih ini bisa saja bergantung pada teknologi sehingga waktu habis hanya untuk menikmati teknologi tersebut. Misalnya kecanduan game online yang membuat seseorang menjadi lupa akan hal lain karena hanya berfokus pada game online tersebut. Kedua, dampak negatif dari perkembangan teknologi yaitu adanya ide kejahatan. Seseorang bisa saja mendapatkan ide yang buruk atau jahat yang dapat merugikan orang lain karena melihat dari internet.  

Dari dampak negatif tersebut memang bisa dapat merusak mental dan fisik bagi pengguna, tetapi dampak negatif tersebut bisa dihindari dengan beberapa cara. Ketika seseorang menggunakan teknologi yang berdampak dengan munculnya kecanduan yang biasanya terjadi kepada anak anak, bisa dihindari dengan membataskan waktu pemakaian gadget dan internet, perbanyak aktivitas, dan mencontohkan yang baik. Selain itu untuk menghindari adanya kejahatan di internet atau soial media, bisa dihindari dengan lebih menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran, Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Revolusi industri 4.0 merubah perkembangan manusia sebagaimana mestinya, pola interaksi yang berubah   menjadi   lebih   simple   berkat   bantuan teknologi media sosial.  Tidak  terkecuali  dalam  hal  interaksi   antar   manusia.   Kemajuan   teknologi   membuat   komunikasi   menjadi  semakin  mudah. Kemajuan   teknologi   membuat   cara   berkomunikasi   antar   manusia    menjadi    lebih   menarik    dan    beragam. Para pengguna dapat mengakses media teknologi yang sudah canggih dan beragam, salah satu medianya adalah  media  internet  yang  dapat  membantu  masyarakat  atau  para  pelajar mempelajari  ataupun  mengetahui  informasi. Internet sebagai media pencari informasi merupakan salah satu yang paling  banyak  digunakan  dimana  setiap  pengguna  internet  dapat  mencari informasi  yang  mereka  inginkan  kapanpun  dan  dimanapun. Kemudahan  inilah yang membuat pengguna internet semakin banyak. Ketika kita menggunakan internet atau kemajuan teknologi dengan bijaksana, maka kita dapat mengembangkannya menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk banyak orang yang akan merasakan manfaat tersebut. Tetapi sebaliknya, jika kita menggunakan kemajuan teknologi untuk hal yang negatif maka dapat merugikan banyak orang karena kesalahan yang kita lakukan. Terutama pada akses internet, dimana kita bisa mendapatkan apa saja yang kita inginkan dan ketidak terbatasan informasi yang dapat kita akses dari kemajuan teknologi saat ini. Oleh karena itu, kita sebagai generasi milenial harus dapat menggunakan internet sebaik mungkin dan menjadikan kemajuan teknologi ini pada industri 4.0 untuk menggembangkan sesuatu hal yang berguna untuk kemudian hari.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Posted by Dedi Purwana

24 komentar untuk "Perkembangan Teknologi di Era Generasi Milenial"

  1. materinya sangat menarik untuk dibahas pada era saat ini!

    BalasHapus
  2. Informasinya membantu sekali

    BalasHapus
  3. informasi yang di sampaikan sangat bermanfaat,dan materinya sangat menarik,bagus...

    BalasHapus
  4. bagus dan sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. bagus banget alya artikelnya, kerenπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat membantu πŸ™Œ

    BalasHapus
  7. Informasinya sangat sesuai ya dengan kondisi sekarang...

    BalasHapus
  8. Sangat menarik dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  10. terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus