Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Digital Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Wirausaha Muda

Perkembangan Teknologi Digital Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Wirausaha Muda
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Oleh: Siti Nur Hamidah*

Kewirausahaan merupakan aspek yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara. Banyak negara maju yang perekonomiannya bergantung pada sektor kewirausahaan contohnya seperti negara Taiwan. Kewirausahaan dapat meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan perekonomian suatu negara. Dengan adanya kewirausahaan akan mengurangi pengangguran dan meningkatkan penghasilan pajak negara. Sehingga banyak negara-negara berkembang yang berupaya untuk meningkatkan jumalah wirausaha dinegaranya. Salah satunya yaitu negara Indonesia yang berupaya untuk meningkatkan jumalah kewirausahaannya

Pemerintah Indonesia sudah beberapa tahun ini berusaha untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia dengan meningkatkan jumlah wirausaha terutama pada generasi milenial. Berbegai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan wirausaha generasi muda salah satunya yaitu dengan adanya perubahan kurikulum pendidikan baik di sekolah atau di perguruan tinggi. Adanya pelajaran atau mata kuliah Kewirausahaan membuat generasi muda lebih mengetahui mengenai kewirausahaan. Upaya tersebut membuahkan hasil dan sudah terbukti wirausaha muda di Indonesia terus mengalami peningkatan dan menciptakan berbagai inovasi baru dalam dunia bisnis. Berbagai program yang dilakukan pemerintah cukup berhasil meningkatkan minat kewirausahaan. Dan ditambah lagi dengan adanya revolusi industry 4.0 dimana revolusi yang sangat mengedepankan kemajuan teknologi yang ada diindonesia. Dengan adanya revolusi industry 4.0 berdampak baik pada kemajuaan teknologi bisnis yang ada di Indonesia. Sehingga peningkatan wirausaha yang ada di Indonesia dibarengi dengan kemajuan berbagai macam tekonologi di bidang bisnis. Pemerintah harus dapat memanfaatkan hal tersebut dengan cara dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dapat membantu generasi muda untuk menciptakan suatu inovasi baru yang bermafaat bagi negara dan masyarakat.

Menurut pendapat dan penilaian saya generasi muda atau milenial cukup pintar dalam melihat peluang bisnis diera revolusi industry 4.0. Bahkan ada salah satu generasi muda Indonesia yang berhasil menciptakan aplikasi yang sangat berguna bagi wirausaha yaitu William Tanuwijaya, ia berhasil membuat tokopedia yang sekarang banyak digunakan masyarakat untuk aktivitas jual beli secara online. Generasi milenial pintar dalam mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan omset. Banyak wirausaha muda yang tidak hanya membuka kios atau toko saja, mereka juga menggunakan berbagai macam aplikasi dan social media yang digunakan sebagai media jual beli dan promosi sehingga dapat meningkatkan omset. Dengan kemajuan teknologi ini sudah berhasil meningkatkan kewirausahaan di Indonesia. Tidak hanya itu saja dengan kemajuan teknologi telah menciptakan berbagai media dan aplikasi bsinis yang dapat meningkatkan perekonomian suatu negara dan juga mengurangi pengangguran di Indonesia. Contoh dampak dari revolusi industry 4.0 yaitu adanya platform belanja online seperti shopee, tokopedia, lazada, buka lapak dan lain-lain. Dengan adanya semua meida belanja online tersebut membawa dampak baik bagi penjualan maupun konsumen. Dampak baik bagi penjual mereka lebih mudah memasarkan barangnya dan juga menghemat biaya distribusi produk mereka, sedangkan bagi konsumen mereka lebih mudah untuk berbelanja kebutuhannya tanpa perlu datang ke tempatnya.

Dengan adanya aplikasi belanja online dan social media memunculkan beberapa perusahaan ekspedisi seperti JNE, Sigesit, Sicepat, JNT dll. Bahkan omset mereka mengalami peningkatan yang signifikat karena masyarakat yang mulai melakukan belanja online. Di masa COVID 19 masyarakat lebih memilih untuk belanja online dari pada datang langsung ketempat, sehingga dapat mencegah terjadinya kerumunan dan keluar rumah. Dengan munculnya perusahaan ekpedisi di Indonesia dapat mengurangi pengangguran.

Menurut pengamatan saya, generasi milenial mulai tertarik membuat wirausaha karena perkembangan teknologi ini. Mereka merasa bahwa membuat suatu bisnis menjadi lebih mudah dan fleksibel. Mereka beranggapan bahwa membuka bisnis tidak terlalu sulit karena tidak perlu memilki modal besar untuk membuat kios dan menghabiskan waktu untuk menjaga kios. Banyak generasi milenial yang membuka bisnis dibarengi kuliah dan sekolah, dan hal tersebut tidak menggangu waktu belajar mereka karena mereka hanya membutuhkan keahlian dalam melakukan promosi dan penjualan hanya menggunakan smartphone. Sehingga mereka dapat belajar berbisnis sejak mereka masih kuliah atau sekolah. Hal tersebut akan membentuk karakter seorang wirausaha sejak mereka masih remaja.

Generasi muda sangat gembar dengan kuliner, kosmetik, dan Fashion, sehingga usaha yang banyak ditekuni oleh meraka dibidang tersebut. Dengan hobby mereka tersebut membuat mereka melakukan berbagai inovasi baru dibidang kuliner, fashion dan kosmetik. Sebelum melakukan inovasi merka melihat peluang usaha. Sehingga inovasi produknya dapat dijual dipasar Indonesia bahkan hingga internasional. Salah satu jenis usaha yang banyak digemari oleh generasi muda yaitu usaha makanan dan minuman. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi makanan dan minuman yang dapat bersaing dengan produk lain. Para wirausaha biasanya melakukan inovasi makanan dengan menggabungkan makanan luar negeri dicampur dengan bumbu-bumbu Indonesia, sehingga masyarakat penasaran dan tertarik untuk membelinya, sedangkan minuman yang sangat banyak dijual yaitu minuman yang menggunakan toping Boba dan gula aren.

Berdasarkan pengamatan saya, Untuk fashion sendiri mereka melakukan inovasi dengan menambahkan gaya berpakaian orang luar negeri seperti korea. Banyak para wirausaha muda yang menggabungkan fashion Indonesia dengan korea, karena banyaknya masyarakat di Indonesia yang tertarik dengan fashion korea. Sehingga mereka membuat baju sesuai dengan fashion korea namun masih sesuai dengan tatakrama berpakaian yang ada di Indonesia. Fashion yang banyak dijual yaitu berbagai model kerudung dengan bahan yang bagus dan nyaman, berbaagai macam baju dan celana yang bermotif dan polos, berbagai macam bentuk tas baik slimbag, tote bag dll, sedangkan sepatu lebih dominan dengan menjual sneakers, high heels dll. Sedangkan untuk kosmetik sendiri mereka tertarik membuka usaha tersebut dikarenakan banyak nya masyarakat Indonesia yang sangat tertarik dan antusias dengan kosmetik terutama dikalangan reamaja. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Produk yang banyak melakukan inovasi dan dijual di Indonesia yaitu skincare, bedak, foundation, serum, liptin, cream wajah dll.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa peningkatan bisnis di Indonesia berawal dari adanya perkembangan kemajuan teknologi di Indonesia. Perkembangan teknologi yang membawa damapak baik bagi bisnis yaitu social media dan berbagai web atau aplikasi belanja online. Dengan adanya hal tersebut para generasi muda yang memang gemar menggunakan dan pintar dalam menggunakan teknologi dan media social  merasa ada peluang untuk membuat suatu bisnis. Mereka hanay perlu modal smartphone dan membeli atau membuat beberapa produk sesuai dengan konsumen masyarakat Indonesia. Para generasi muda mulai melakukan berbagai promosi dengan mengandalkan social media. Sehingga hal tersebut menyebabkan kemajuan teknologi dan  social media dapat membawa dampak positif terhadap generasi muda. Dengan melakukan promisi di social media mereka dapat mengehamat biaya karena tidak perlu membuat brosur. Bsinis online tersebut juga sangat fleksibel, sehingga mereka yang masih menempuh pendidikan dapat membuka bisnis. Sekarang ini sudah banyak pelajar dan mahasiswa yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk berbisnis online. Sehingga dapat disimpulkan untuk meningkatkan kewirausahaan atau bisnis harus dibarengi denga kemajuan teknologi dan adanay sarana dan prasarana untuk membuat suatu bisnis sehingga banyak yang tertarik , dan pemerintah harus mengambil peran penting untuk meningkatkan kemajuan teknologi dan sarana prasarananya sehingga hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Berbisnis pada usia muda akan menciptakan sikap dan melatih mental menjadi seoarang wirausaha.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

 Posted by Dedi Purwana

44 komentar untuk "Perkembangan Teknologi Digital Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Wirausaha Muda"

  1. Terimakasih, bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  2. Terima kasih penulis, tulisannya bermanfaat sekali 🙏

    BalasHapus
  3. Pengamatannya keren, artikelnya bagus. Mantap

    BalasHapus
  4. Kerenn, sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus bisa menambah wawasan👍

    BalasHapus
  6. Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. kereeeeen👍 sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berbagi ilmu nya, artikel nya mantap👍

    BalasHapus
  9. Terimakasih blogger atas ilmu nya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Menambah wawasan nih kak, sering2 buat ya kak 👍

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Mantapp ertikel yang sangat menarik nih. Terimakasih penulis

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat sekali ka infonya
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Informatif dan dengan penulisan yang bagus..

    BalasHapus
  15. informatif artikelnya serta menambah wawasan:)

    BalasHapus
  16. Harus bisa pakai teknologi dong? wa keren artikelnya

    BalasHapus
  17. Konsep pematerinya sesuai dengan arus perkembangan teknologi, good job

    BalasHapus
  18. Sangat setuju dan sepakat jika media sosial merupakan grafik yang paling signifikan untuk terjadinya proses bisnis dalam perkembangan teknologi di era 4.0

    BalasHapus