Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Pentingnya Pengembangan Sikap dan Mental Wirausaha

Penulis: Dedi Purwana

Sobat dunia kampus, artikel kali ini melanjutkan artikel sebelumnya wirausaha pilihan hidup. Memotivasi mahasiswa untuk mau berkiprah sebagai wirausaha memerlukan kesabaran. Mengapa? Karena menjadi pegawai setelah lulus kuliah sudah tertanam dalam mindset sebagian besar mahasiswa. Faktanya, dari 40 mahasiswa yang mengikuti kuliah kewirausahaan, misalnya kurang dari 10% dari mereka yang akan menjawab YA dengan mantap saat ditanya berminatkah mereka menjadi wirausaha. Dapat dipastikan, sisa 90% dari mereka membayangkan menjadi wirausaha penuh risiko.


Pentingnya pengembangan sikap mental wirausaha
Foto oleh Gabby K dari Pexels
 

Resiko menjadi wirausaha tentu ada. Sama halnya dengan menjadi seorang pegawai, apakah lantas tidak beresiko? Pasti ada resiko! Resiko kehilangan pekerjaan manakala perusahaan mengalami kebangkrutan. Jadi pengangguran pun ada resikonya. Nah, kalau semuanya ada resiko tugas sobat kampus adalah bagaimana meminimalisir resiko tersebut.

Resiko menjadi wirausaha dapat ditekan dengan pemahaman yang baik tentang sikap dan mental seorang wirausaha. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengembangkan sikap dan mental sebagai seorang wirausaha. Tips berikut dapat digunakan untuk mengembangkan sikap dan mental apabila sobat dunia kampus ingin menjadi wirausaha sukses:

Pertama, mengetahui cara menemukan kepuasan dan bangga akan pekerjaan serta prestasinya. Ingat, sekecil apapun usaha itu, lakukanlah dengan bangga. Tujuan hidup seorang wirausaha tidak melulu mendapatkan untung. Mereka akan puas dan bangga apabila hasil karya mereka bermanfaat bagi orang banyak, entah konsumen, suplier, karyawan, dan masyarakat lingkungan sekitar. Ini wujud pemenuhan aktualisasi diri, yang diklaim Abraham Maslow sebagai tingkatan motivasi tertingi seseorang.

Kedua, selalu bersikap positif terhadap pekerjaan. Sikap positif terhadap pekerjaan akan menjadikan pekerjaan tersebut menggairahkan, menarik dan memberi kepuasan. Jangan lupa bahwa selalu bersikap positif atas pekerjaan, membantu meningkatkan produktifitas.

Ketiga, menyempatkan diri untuk merenungkan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan. Refleksi diri seperti ini dapat dilakukan setiap hari selama 10 menit sebelum tidur. Seorang wirausaha sukses selalu berpegang teguh pada prinsip hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Hari esok harus lebih baik dari apa yang dikerjakan hari ini.

Keempat, kembangkan rasa humor. Dunia wirausaha sangat dinamis. Tekanan stres menjadi kondisi psikologis keseharian. Seorang wirausaha seyogianya memiliki rasa humor tinggi, namun proporsional. Dalam negosiasi alot, rasa humor bisa mencairkan suasana perundingan.

Kelima, pusatkan pikiran untuk menyelesaikan berbagai masalah. Wirausaha sukses selalu dituntut untuk fokus menyelesaikan berbagai persoalan. Jangan pernah menunda penyelesaian masalah harus menjadi prinsip utama seorang wirausaha.

Keenam, bergaulah dengan orang-orang yang berpikir positif dan berprofesi sebagai wirausaha. Bergaul dengan orang-orang yang berfikir positif akan menularkan aura positif. Berteman dengan sesama wirausaha akan bermanfaat dalam hal sharing knowledge.

Ketujuh, menjauhi pikiran dan ide-ide negatif. Ketahuilah bahwa berpikir negatif terhadap sesuatu hal, akan menghalangi kalian untuk meraih peluang yang ada.

Kedelapan, harus selalu awas terhadap peluang-peluang untuk memperbaiki keadaan baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan kerja maupun dalam kehidupan masyarakat. Ingatlah, wirausaha adalah orang yang mampu menangkap peluang lalu mengoptimalisasikannya menjadi keuntungan finansial maupun non-finansial.

Kesembilan, jangan takut meninggalkan suatu ide, jika tidak menghasilkan sesuatu yang benar. Wirausaha itu selalu kreatif. 1001 ide ada dalam benak pikiran mereka. Manakala merealisasikan sebuah ide dan tenyata tidak berhasil, wirausaha tidak pernah takut kehilangan ide.

Kesepuluh, percayalah pada diri dan bakat yang dimiliki.  Wirausaha menyakini bahwa sukses akan datang pada diri sendiri dan bakat yang dimiliki.  Sukses akan datang pada orang yang percaya pada kemampuannya dan menggunakan kemampuan itu sepenuhnya.

Pada akhirnya, sobat dunia kampus mulailah mengevaluasi diri apakah 10 sikap dan mental tersebut melekat dalam diri anda. Jika semua karakteristik ada dalam diri sobat dunia kampus, jangan ragu untuk bermimpi menjadi wirausaha sukses.



 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Pengembangan Sikap dan Mental Wirausaha"