Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Sederhana Tembus Kampus Negeri Favorit

Kampus negeri selalu rutin melaksanakan ritual tahunan seleksi penerimaaan mahasiswa baru. Saat ritual ini dilaksanakan beragan berita viral bermunculan. Mulai dari isu lama terkait perjokian hingga cuitan twitter yang sedang viral saat ini terkait tawaran harga untuk program fast track memuluskan tembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa susah payah. Tawaran bantuan lolos PTN dengan tarif mulai puluhan hingga ratusan juta, lengkap dengan pilihan program studinya. Persis seperti menu di restoran yah sobat dunia kampus.

Tidak ada asap tanpa api. Sebuah analogi yang menggambarkan rasa tidak percaya atas kemampuan diri siswa SMA/ SMK untuk mengikuti seleksi masuk PTN. Ditambah kekhawatiran berlebih orang tua jikalau anak kesayangannya tidak dapat kuliah di PTN favorit. Nah, Kondisi seperti ini dimanfaatkan sebagian oknum picik untuk mengeruk keuntungan. Dalam teori ekonomi berlakulah hukum permintaan dan penawaran berlaku.

Orang tua yang yakin atas kemampuan akademik anaknya tentu tidak akan mudah tergiur iming-iming cuitan twitter tersebut. Berkaca dari pengamalan sebelumnya, hampir setiap tahun banyak orang tua tertipu mentah-mentah atas janji palsu oknum picik tersebut. Sudah bayar mahal, eh anak tetap tidak diterima di PTN yang dijanjikan. Percayalah, cara-cara curang tersebut justru menghancurkan masa depan si anak itu sendiri. Betapa tidak hancur, manakala mereka dididik untuk meraih sesuatu dengan cara-cara tidak jujur. Lebih baik uang puluhan hingga ratusan juta tersebut disumbangkan ke masjid atau tempat ibadah lainnya.

Lalu apa sih tips dan triknya agar lolos seleksi PTN? Berikut ini strategi sederhana bagi kalian siswa SMA/SMK yang ingin lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru kampus negeri favorit;

Pertama, tanamkan dalam pikiran kalian, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Kesuksesan meraih sesuatu terpulang pada diri kita masing-masing. Tidak mungkin impian dapat diraih manakala waktu, tenaga dan pikiran yang kalian alokasikan biasa-biasa saja. Selalu berpikir positif pada segala macam situasi dan kondisi merupakan amunisi ampuh manakala kalian ingin menjadi pribadi unggul.

Kedua, tingkatkan rasa percaya diri. Yakinlah hasil tidak akan menghianati proses. Jika kalian sudah bersungguh-sungguh melakukan persiapan secara matang, setidaknya memberikan rasa tenang saat mengikuti test seleksi masuk. Orang tua/ wali turut aktif membangkitan rasa percaya diri anak dalam menghadapi test masuk PTN.  Tidak lolos seleksi SNMPTN, ikuti UTBK SBMPTN. Jika peluang kedua ini juga tidak lolos, jangan patah semangat. Kampus negeri memberikan kesempatan terakhir bagi calon mahasiswa mengikuti jalur seleksi mandiri.

Ketiga, perbanyak latihan soal. Tingkatan intensitas membaca buku yang menyediakan soal-soal tryout ujian masuk PTN. Saat yang sama, rajin mengikuti tryout baik yang gratis maupun berbayar yang disediakan sekolah atau Lembaga di luar sekolah. Ini untuk mengasah kemampuan menyelesaikan soal-soal test secara jitu sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan.

Keempat, jangan sungkan bertanya pada kakak-kakak alumni sekolah kalian yang telah berhasil menembus kampus negeri. Tidak ada salahnya kalian menggali informasi seputar program studi dan kampus pilihan dari dari mereka yang saat ini sedang kuliah di kampus tersebut. Mereka tentu dengan senang hati diajak berdiskusi.

Kelima, konsultasi dengan guru BK di sekolah terkait pemilihan program studi dan prospek peluang pekerjaan lulusan prodi tersebut. Guru BK akan secara bijak membantu kalian memilih prodi berdasarkan kemampuan akademis, bukan karena keinginan kalian semata tanpa mengukur kemampuan diri.

Keenam, ikut program bimbingan belajar. Meski tidak menjamin kalian lolos, tetapi pengalaman belajar dan pemahaman tentang strategi tembus PTN sangat bermanfaat dalam memilih program studi berdasarkan kemampuan akademik kalian. Bimbingan belajar biasanya menyediakan layanan tryout online secara berkala.

Ketujuh, perbanyak doa disetiap waktu dan kesempatan. Jika segala sesuatu terkait dengan test sudah kalian persiapkan dengan baik, doa adalah senjata ampuh terakhir tembus PTN yang kalian inginkan. Kalian sudah berusaha optimal dan serahkan hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Pencipta.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika semua strategi di atas sudah diikuti tetapi tetap tidak lolos PTN? PTN bukan satu-satunya pilihan kalian akan suskses dimasa depan. Toh masih ada kampus swasta sebagai alternatif untuk melanjutkan pendidikan setamat SMA. Kualitas beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bahkan mampu mengungguli PTN. Faktanya, diantara 100 kampus terbaik di Indonesia, terselip beberapa PTS dalam kelompok tersebut. Fakta lain, toh banyak public figure sukses di tanah air jebolan kampus swasta. Kalaupun kalian kuliah di PTS, tidak berarti kalian dianggap warga kelas dua.

Manakala kalian memutuskan kuliah di kampus swasta, tentu berbagai indikator perlu dipertimbangkan, seperti apakah program studi pilhan tersedia di kampus tersebut. Jika ada, apa akreditasinya, bagaimana kurikulum dan tenaga pendidik di program studi tersebut, fasilitas akademik dan non akademik yang dimiliki dan berapa biaya kuliah per semesternya. Dan tentu sederet pertanyaan lainnya menjadi bahan pertimbangan sebelum kalian memutuskan. Layaknya membeli barang atau jasa, tentu kalian sebagai konsumen tidak ingin kecewa atas barang atau jasa yang sudah terlajur dibeli.

Kalian bisa memilih kampus swasta yang ada mulai dari ujung barat hingga ujung timur di bumi pertiwi. DKI Jakarta memang mendominasi jumlah PTS, namun provisi jawa barat juga tidak kalah dari sisi ketersediaan PTS. Sebutlah Bandung – Paris Van Javanya provinsi ini, memiliki banyak pilihan PTS. Kampus swasta di Bandung sangat beragam jenisnya mulai politeknik/akademi, Institut, sekolah tinggi, hingga universitas. Kampus swasta tersebut tidak saja menerima calon mahasiswa berasal dari lulusan baru SMA/SMK, bahkan menerima calon mahasiswa berstatus karyawan. 

kampus swasta di bandung
https://masoemuniversity.ac.id

Salah satu kampus yang menawarkan program kuliah kelas karyawan di Bandung adalah Masoem University. Dengan tagline creative, innovative and Inspiring, kampus swasta di Bandung ini memiliki program studi terakreditasi untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Kerennya, sebagai salah satu kampus swasta di Bandung ini menyediakan fasilitas asrama mahasiswa, sehingga relative menghemat biaya penyelesaian studi mahasiswa. Meski biaya kuliah per semesternya terkesan murah, bukan berarti kualitas layanannya rendah. Sobat dunia kampus yang berminat dan ingin mengetahui lebih jauh silakan kunjungi laman https://masoemuniversity.ac.id Selamat datang para calon intelektual muda!