Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

8 Ide Bisnis ala Mahasiswa

Setiap kali memberikan kuliah, penulis tidak pernah bosan mengajak mahasiswa untuk mulai berbisnis sekecil apapun jenis bisnisnya. Ajakan ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki visi finansial yang terarah. Mereka harus mulai berfikir bagaimana caranya membantu meringankan beban keuangan orang tua. Orang tua mereka juga harus membiayai pendidikan anggota keluarga lainnya. Nah, tentunya tidak ada jalan lain untuk mendapatkan penghasilan kecuali dengan cara bekerja sambil kuliah atau berbisnis sambil kuliah.

agen pulsa termurah
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay 

Bekerja sambil kuliah mungkin pilihan menarik, namun peluangnya sangat terbatas. Sedikit sekali perusahaan kalaupun ada yang mau merekrut pegawai dengan status mahasiswa aktif. Oleh karenanya, pilihan kedua lah yang sebenarnya realistis dan terbuka lebar. Faktanya lebih banyak mahasiswa yang berwirausaha daripada bekerja, khususnya untuk mahasiswa jenjang diploma dan sarjana. Tentu berbeda halnya dengan mahasiswa S2 dan S3 yang sebagian besar dari mereka berstatus pekerja.

Kerap mahasiswa berdalih bahwa untuk memulai usaha butuh modal yang banyak. Kerap mahasiswa beragumen, “kami kan bukan keturunan keluarga Sultan”. Penulis selalu memotivasi mahasiswa dengan menyakinkan mereka bahwa modal bukanlah prasyarat mutlak untuk menjadi wirausaha. Yang terpenting bagi wirausaha pemula adalah semangat pantang menyerah disertai kreatifitas dan inovasi dalam menangkap peluang bisnis.

Lalu apa saja bisnis yang dapat dilakukan selagi kuliah? Sebelum mengulas beragam bisnis anak kuliahan, pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis yang dijalankan semata untuk mengurangi beban finansial orang tua. Selain itu, jangan korbankan kuliah hanya untuk fokus ke bisnis. Biasanya mahasiswa yang sudah kenal uang, sering terlena untuk menyelesaikan studi. Buat seseimbang mungkin antara kuliah dan bisnis. Manfaatkan gadget yang kalian miliki bukan sekedar untuk bersosialisasi atau menikmati hiburan semata, namun jadikan sebagai sarana penambah income. Internet of things membuka jalan lebar mahasiswa berbisnis secara online.  

Nah berikut ini ragam bisnis yang dapat dijadikan acuan mendapat penghasilan tambahan ala mahasiswa tanpa korbankan studi;

  1. Reseller. Perkembangan bisnis online begitu pesat. Mahasiswa bisa memilih menjadi reseller dari satu atau beberapa produk. Reseller memposisikan diri sebagai mediator antara pemasok barang dengan konsumen. Proses bisnisnya sederhana, kalian hanya mencari mitra supplier dan membeli produk mereka lalu menjualnya ke konsumen akhir. Margin keuntungan diperoleh dari selisih harga jual ke konsumen dengan modal pembelian produk supplier. 
  2. Dropshipper. Berbeda dengan reseller, dropshipper tidak memerlukan modal untuk beli produk. Sebagai dropshipper kalian hanya membantu supplier menjual produk mereka tanpa harus membeli produknya. Pendapatan dropshipper diperoleh dari komisi yang diberikan pihak supplier produk, manakala supplier melarang dropshipper menaikkan harga jual. Bila supplier mengijinkan dropshiper menaikkan harga jual tanpa memberikan komisi, pendapatan diperoleh dari selisih harga jual tersebut.
  3. Blogger. Kalian yang suka dan punya bakat menulis, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan dengan membuat blog. Buatlah blog dengan niche tertentu. Tema blog bisa berdasarkan hobi, tutorial, travelling, kuliner, gaya hidup, misalnya. Blog yang menarik dan mampu mendapat ratusan bahkan ribuan pengunjung akan dilirik advertiser untuk bermitra dengan kalian sebagai pemilik blog. Pengiklan bersedia membayar sejumlah uang untuk pemasangan iklan mereka di blog. Tugas kalian sebagai blogger adalah bagaimana membuat blog berisi konten berkualitas yang disukai pengunjung. Kalian juga bisa menawarkan jasa content placement di blog yang kalian buat.
  4. Youtuber. Fenomena banyaknya kalangan selebritis mendulang pundi-pundi uang dari platform youtube, mengisyaratkan bahwa ada peluang bisnis disini. Kalian yang suka membuat konten video menarik tidak ada salahnya mulai melirik menjadi youtuber. Sama halnya dengan blog, kalian harus membuat channel youtube yang berisi konten-konten video dengan minat khusus. Jika channel kalian mendapat perhatian banyak pengunjung dan kalian mendaftar google adsense, tidak menutup kemungkinan akan memperoleh penghasilan dari iklan-iklan mitra google. 
  5. Web Developer. Nah bagi kalian yang memiliki keahlian khusus utak atik website, tidak ada salahnya untuk berani menawarkan jasa pembuatan website. Keahlian ini tentu tidak banyak dimiliki orang lain. Penghasilan diperoleh dari proyek pembuatan website sesuai permintaan klien. Kalian dapat menangkap peluang dari para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat web sebagai sarana promosi dan penjualan online produk-produknya.
  6. Graphic Designer. Media digital telah merubah model promosi produk. Promosi konvensional dilakukan dengan cara mencetak brosur, fyier, dan spanduk. Semua media promosi seperti itu, sekarang sudah ditinggalkan dan beralih ke media online. Terbuka peluang bisnis bagi kalian yang memiliki skill dalam bidang graphic design. Sama halnya dengan web developer, penghasilan graphic designer diperoleh berbasarkan proyek yang diminta klien. 
  7. Pelapak Online. Kalian tentu tidak asing lagi dengan marketplace semisal Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Blibli dan puluhan marketplace lainnya. Kemudahan berbelanja online di marketplace tersebut, memberikan kesempatan pada wirausaha untuk membuka toko online tanpa harus memiliki toko secara fisik. Kalian yang ingin menjual produk, dapat memanfaatkannya dengan membuka lapak online di marketplace tersebut secara gratis.
  8. Agen Pulsa dan PPOB. Jumlah pengguna handpone di tanah air semakin meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari jumlah ini yang memanfaatkan handphone sebagai sarana mendapatkan penghasilan tambahan. Handpone yang kalian miliki dapat diberdayakan. Peluang usaha berbasis gadget yang satu ini bisa berupa menjadi Agen Pulsa dan jasa layanan Payment Point Online Bank (PPOB). Tidak terlalu rumit untuk memulai bisnis ini. Cukup kalian mendownload aplikasi Rajapay, misalnya di Google Play Store, lakukan registrasi, top up deposit, selanjutnya kalian sudah bisa memulai bisnis sebagai Agen Pulsa Termurah. Rajapay adalah aplikasi Agen Pulsa dan Pembayaran tagihan PPOB Termurah. Tersedia produk yang lengkap, seperti pulsa all operator, Token PLN, Paket Data, PLN Pascabayar, BPJS, PDAM, Telkom, Multifinance,PGN dengan harga yang relatif murah. Jika kalian penasaran, silakan kunjungi laman http://rajapay.com 

Sobat dunia kampus, tentu masih banyak ragam bisnis ala mahasiswa selain yang telah diuraikan di atas. Ingatlah banyak jalan menuju roma jika kita ingin memulai bisnis selagi kuliah. Yang terpenting, pertahankan tekad bulat untuk beribadah dengan cara mengurangi beban keuangan orang tua dalam membiayai studi kalian. Salam wirausaha!