Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Cegah Plagiarisme Dengan Aplikasi Turnitin

Maraknya tindakan plagiarisme pada karya akademik menjadi perhatian kita semua, tidak hanya dikalangan akademisi namun juga di masyarakat awam. Pelanggaran etika akademik seperti ini muncul bisa saja disebabkan minimnya pengetahuan tentang apa, mengapa dan bagaimana plagiarisme terjadi dari para pelaku. Atau memang tindakan memalukan ini dilakukan secara sengaja tanpa rasa bersalah dari pelakunya.

Untuk menghindari jebakan plagiarisme selain konsisten menegakkan etika akademik dengan penuh kesadaran, kita dapat memanfaatkan beragam software yang berfungsi mendeteksi similarity atau kesamaan karya kita dibandingkan karya orang lain. Aplikasi yang kerap digunakan semisal Unplag.com, Writecheck, Copyscape, DupliChecker, PlagScan, Viper, PlagTracker, Turnitin dan masih banyak software lainnya baik gratis maupun berlangganan.

Penulis sendiri terbiasa menggunakan aplikasi Turnitin untuk mendeteksi dan menguji kadar kesamaan atau keaslian karya ilmiah sebelum dipublikasikan. Aplikasi ini memang tidak gratis. Pengguna aplikasi baik perorangan ataupun institusi harus terlebih dahulu berlangganan. Turnitin sangat membantu dalam hal:

  1. Originality Check – Pengujian keaslian karya dengan cara menguji similaritas/ kesamaan teks dengan informasi yang terdapat pada database turnitin dan juga seluruh website di internet.
  2. GradeMark digital assessment – Penilaian karya atau tugas siswa dan mahasiswa secara digital.
  3. PeerMark – Hasil pengecekan ditentukan secara bebas tergantung pada keputusan instruktur/ dosen/ guru.
  4. GradeBook – Pengecekan pnline yang memungkinkan instruktur/ guru/ dosen memberikan tugas suatu kelas atau kelompok siswa/ mahasiswa.
Adapun langkah-langkah menguji orisinalitas karya ilmiah dengan menggunakan aplikasi Turnitin sebagai berikut:

  1. Masuk ke website dengan alamat www.turnitin.com
  2. Jika anda sudah memiliki account cukup klik Log in lalu masukan email dan password anda. Jika belum maka anda harus create account terlebih dahulu.


3. Klik Instructor.


4. Isi data dengan lengkap


5. Setelah data terisi lengkap, Klik ” I Agree Create Profile ” dan setelah sukses silahkan LOG OUT dan LOGIN kembali.
6. Login kembali dengan alamat email dan password untuk akses Turnitin pada tampilan berikut:

7. Selanjutnya akan tampil layar seperti ini lalu klik “quick submit”.


8. Pada layar berikut anda check list seluruh opsi yang ada pada kotak “customize  your search” lalu klik “Submit”.



9. Pada tampilan berikut anda isi nama depan dan belakang author, judul karya, lalu pilih file yang akan diupload dengan mengklik “Choose from Computer” lalu klik “Upload”.



10. Hasilnya akan tampak sebagai berikut, lalu klik “Confirm dan klik “Go to Assignment in Box”.



11. Akan muncul tampilan berikut, tunggu beberapa saat maka pada kolom “Similiratity” akan muncul persentase tingkat kesamaan artikel. Untuk mengetahui sumber kesamaaan artikel, cukup anda klik pada presentase tersebut dan akan ditampilkan uraian persentase berikut sumbernya.



12. Bila anda ingin menguji file lain cukup klik submit dan ikuti langkah-langkah upload file sebelumnya. Nah selamat mencoba.


2 komentar untuk "Cegah Plagiarisme Dengan Aplikasi Turnitin"