Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Umum Mobil Tidak Bisa Distarter

Dapat dipastikan kepanikan menghantui kita entah sebagai dosen atau mahasiswa manakala akan berangkat ke kampus, tetiba mobil tidak bisa distarter. Acap kali kepanikan semakin menjadi ketika melihat jam tangan sudah menunjukkan waktu mulai perkuliahan sedangkan mobil masih belum bisa distarter.

mobil tidak bisa di starter
Gambar oleh FABIANNE SIBBIO dari Pixabay

Pada umumnya, mobil tidak bisa distarter itu disebabkan karena ada bagian pada aki yang sudah mulai lemah atau yang sering disebut soak. Ya, seiring dengan pemakaiannya, komponen penyimpan energi listrik ini memang akan mengalami penurun performa.

Jadi ketika masalah ini terjadi, hal pertama harus dicek adalah bagian aki terlebih dahulu. Namun jika aki sudah dipastikan aman dan mobil belum bisa distarter, kemungkinan akar dari masalah tersebut berasal dari komponen-komponen lainnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Nah, jadi ada beberapa komponen yang mungkin saja mengakibatkan mobil tidak dapat dihidupkan dengan cara distarter. Lalu apa saja komponen tersebut, simak informasi yang di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi.

1. Busi yang kotor

Dalam proses penghidupan mobil melalui starter, busi berperan penting. Fungsi dari busi sendiri adalah untuk membuat percikan yang dibutuhkan untuk bisa menyalakan bahan bakar dan udara dalam kompresi mesin mobil.

Biasanya, debu dan kotoran akan menempel pada busi jika tidak pernah dibersihkan. Kotoran dan debu itulah yang akan membuat busi gagal mengeluarkan percikan api. Sehingga bahan bakar dan udara tidak bisa terbakar dan mesin mobil menyala.

2. Aliran bahan bakar tidak lancar

Untuk bisa menyala, tentu saja mesin mobil membutuhkan bahan bakar yang mengalir dari bagian tangki. Sama halnya seperti ketika kehabisan bahan bakar, mesin mobil tidak akan bisa dinyalakan. Hal ini juga terjadi jika bahan bakar tidak masuk ke dalam mesin.

Namun seiring dengan peningkatan usia dari mobil tersebut, biasanya tangki akan kotor bahkan timbul karat di bagian dalamnya. Nah, kotoran dan karat inilah yang bisa menghambat jalannya bahan bakar menuju ke mesin mobil.

3. Kerusakan pada dinamo starter

Dalam proses pengaliran listrik ke aki, dinamo atau yang juga disebut dengan alternator mempunyai peranan yang penting. Jika komponen yang satu ini mengalami masalah atau kerusakan, bisa saja mobil tidak dapat distarter.

Akan tetapi, sebenarnya dinamo starter mobil sendiri bukanlah komponen yang mudah rusak. Jadi kemungkinan adanya kerusakan pada komponen ini sangat kecil, kecuali usia mobil yang memang sudah sangat tua.

4. Koil yang terlalu panas

Selain busi dan dinamo starter, komponen lain yang bisa membuat mobil tidak dapat distarter adalah koil. Koil sendiri memiliki fungsi untuk menggandakan tegangan listrik serta kutub positif menuju ke aki. Nah, arus listrik yang besar mengalir ke busi dan mematik percikan api.

Namun jika koil dalam kondisi terlalu panas, mesin mobil justru tidak bisa dihidupkan dengan cara distarter. Koil juga menjadi salah satu komponen dalam pembakaran mesin yang mudah kotor karena kotoran yang mengendap.

Oleh sebab itu, beberapa komponen yang sudah disebutkan di atas memang harus selalu dicek sobat dunia kampus secara berkala. Jika sudah tidak bisa dibersihkan atau diperbaiki, alangkah baiknya ganti dengan komponen yang baru.