Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Wirausaha di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh: Suwantini*

Di saat pandemi Covid-19 yang terjadi tentu membawa banyak dampak merugikan dalam berbagai aspek terutama pada aspek perekonomian. Dimana banyak orang yang mengalami kerugian diantaranya: penghasilan menurun secara drastis, banyaknya pengeluaran yang bertambah dan ada yang kehilangan pekerjaan mereka. Hal seperti itu membuat banyaknya pengangguran dan masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Menjadi Wirausaha di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Tom Fisk dari Pexels

Bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya jika keadaan ekonomi mereka sulit dari segi penghasilan menurun, usaha bisnis yang sepi pembeli, kebutuhan yang meningkat dan sebagainya. Salah satu upaya untuk bisa mengembalikan keadaaan ekonomi mereka agar perlahan-lahan bisa seperti semula ialah mereka bisa dengan membangun wirausaha bisnis online. Membangun wirausaha ini dimulai dengan menerapkan ide kreativitas yang dimiliki, berani, semangat untuk memulai wirausaha, pantang menyerah, mempunyai tekad yang kuat dan harus selalu melihat peluang yang ada untuk bisa melakukan inovasi.

Langkah awal untuk menjadi wirausaha adalah harus bisa mengabaikan rasa ketakutan dalam dirinya untuk bersaing. Karena di tengah pandemi ini bukan waktunya untuk takut bersaing dengan sesama wirausaha lainnya tetapi adalah saatnya untuk sesama wirausaha harus saling mendukung, membantu dan menguatkan sesama agar keadaan perekonomian mereka bisa sama-sama pulih kembali sehingga dengan begitu mereka juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Hal ini bisa terealisasikan dengan misalnya dimulai dari membuat grup sesama wirausaha yang dimana mereka bisa saling bekerja sama dalam berkolaborasi membangun usaha bisnis, saling membantu dalam memasarkan produk usaha yang mereka jual masing-masing dan bisa saling memberikan masukan-masukan yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis mereka masing-masing. 

Seorang wirausaha tentu harus melihat peluang yang ada. Peluang yang ada disaat pandemi ini ialah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dimiliki seperti: handphone, laptop dan sebagainya untuk membangun usaha bisnis secara online dan memasarkan produk secara online. Mengapa  membangun bisnis secara online bisa dijadikan sebagai peluang yang ada di tengah pandemi? karena disaat pandemi ini banyak orang yang tidak berani untuk keluar rumah sehingga mereka memutuskan untuk melakukan berbagai aktivitas mereka secara online tanpa mereka harus keluar rumah untuk aktivitas seperti: belanja kebutuhan hidup sehari-hari bisa secara online, memesan makanan dan minuman secara online dan sebagainya. Dengan membangun usaha online yang kemudian kamu pasarkan secara online baik itu lewat e-commerce ataupun postingan sosial media tentu bisa membuat orang-orang melihat produk yang kamu pasarkan dan kemudian bisa menarik mereka untuk berbelanja di toko kamu secara online  

Membangun usaha bisnis bisa dimulai dari hobi yang dimiliki. Misalnya untuk orang yang memiliki hobi seperti memasak, menjahit, menanam dan lainnya tentu bisa mengeksplor dan mengembangkan hobi mereka untuk membangun usaha bisnis. Bagi yang hobi memasak tentunya bisa membuat usaha bisnis kuliner makanan atau minuman untuk dijual. Apalagi di masa pandemi seperti ini bisnis kuliner bisa menjadi bisnis yang memiliki banyak keuntungan karena dimasa pandemi seperti ini kebanyakan orang cenderung lebih banyak membeli makanan atau minuman dibandingkan dengan hal lainnya. Sehingga membangun bisnis kuliner di masa pandemi tentu bisa menambah sedikit demi sedikit pendapatan. Membangun usaha bisnis kuliner tentu juga harus menerapakan protokol kesehatan baik dari produksi sampai ke tangan pembeli agar pembeli merasa aman ketika membeli dan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang dijual.

Bagi yang memiliki hobi menjahit tentunya bisa membuat usaha bisnis fashion sendiri. Dengan keadaan pandemi seperti ini tentu banyak orang yang memerlukan masker, tenaga medis yang sangat membutuhkan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) untuk mereka bisa bekerja menangani pasien, dan sebagainya. Hal seperti itulah juga bisa mendorong banyak penjahit untuk bisa membuat masker, pakaian APD dan sebagainya dikarenakan masker sangat dibutuhkan semua orang namun mengingat masker medis mengalami kelangkaan karena banyak orang membeli masker dalam jumlah relatif banyak untuk stok sehingga menyebabkan masker medis mengalami kelangkaan dan dijual dengan harga relatif mahal sehingga membuat orang-orang harus berpikir dahulu untuk membeli masker. Dari kejadian itu bisa membuat peluang bagi yang memiliki hobi menjahit untuk bisa memproduksi masker dari kain dengan jumlah banyak dan kemudian bisa dijual dengan harga terjangkau sehingga orang-orang yang kurang mampu bisa membeli masker. Dengan begitu usaha menjahit tentu bisa menjadi peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan dan menolong orang lain.    

Sesuai perkembangan zaman kita berada di era revolusi industri 4.0. Di era ini, banyak kemudahan bisa dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Teknologi digital tentu memberikan banyak manfaat yang positif tetapi meskipun begitu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya karena jika kita salah menggunakannya maka akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Untuk membangun wirausaha bisnis online harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi digital dengan baik. Jika dulu biasanya membangun usaha bisnis kita harus mempunyai toko atau tempat usahanya terlebih dahulu secara offline untuk bisa membuka usaha sehingga diperlukan modal yang jumlahnya relatif besar untuk membuka usaha namun sekarang membuka usaha bisnis bisa tanpa harus memiliki toko terlebih dahulu yaitu dengan berjualan secara online baik itu dengan berjualan lewat e-commerce, sosial media dan sebagainya. Usaha bisnis secara online disaat pandem tentu sangat memberikan peluang untuk kita bisa mendapatkan penghasilan yang baik dari usaha online. Karena disaat pandemi seperti ini tentu orang sangat takut jika harus membeli kebutuhan mereka secara langsung di toko.

Selain memanfaatkan teknologi digital wirausaha juga harus aktif dalam mengikuti kegiatan acara seminar-seminar yang bertemakan wirausaha. Disaat pandemi banyak sekali acara seminar-seminar online yang bertemakan terkait dengan kewirausahaan dan bisnis yang dimana seminar tersebut tentu memiliki banyak manfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana bisa menjadi wirausaha yang berhasil dalam menjalankan bisnis sehingga bisa membangun usaha bisnis di tengah masa pandemi. Ketika mengikuti kegiatan seminar tersebut tentu akan bertemu dengan orang-orang hebat yang telah memiliki banyak pengalaman dalam menjalankan wirausahanya dari awal mereka membangun wirausahanya sampai berhasil menjalankan usaha wirausahanya dengan sukses. Dengan pengalaman yang mereka bagikan tentu bisa menjadi motivasi untuk bisa sukses dalam membangun wirausaha sendiri.

Jika ingin berwirausaha tentunya harus memiliki: Pertama, jiwa keberanian. Berani membangun usaha bisnis dan berani menerima risiko yang akan terjadi. Kedua, membangun rasa percaya diri. Camkan bahwa diri sendiri memiliki kemampuan dan tekad yang kuat untuk menjalankan usaha bisnis dijalani sehingga tidak ada rasa inscure. Ketiga, harus memiliki sikap sabar dan jujur. Sabar dalam menghadapi perubahan-perubahan yang nantinya akan terjadi dan jujur dalam menjalankan usaha. Keempat, selalu melihat peluang. Peluang yang ada bisa dijadikan sebagai acuan untuk memiliki ide membangun bisnis. Kelima, mempunyai target yang ingin dicapai dalam waktu yang telah ditentukan. Target yang dicapai baik dari segi pendapatan, pemasaran, pelanggan maupun produk yang mungkin ingin ditambahkan atau dilakukan inovasi.

Ketika menjadi wirausaha ketahuilah bahwa wirausaha yang berhasil bukanlah orang yang langsung sukses dalam menjalankan usaha bisnisnya tetapi wirausaha yang berhasil ialah orang yang selalu belajar baik dari kegagalannya dan dari sekitarnya. Belajar dari kegagalannya maka ia harus bisa bangkit memperbaiki kegagalan bisnisnya sehingga bisnisnya perlahan kembali seperti semula dan kedepannya tidak lagi mengalami kegagalan yang pernah terjadi. Dalam menjalankan bisnis tentu tidak selalu berjalan dengan baik tentunya akan ada risiko yang dihadapi yang dimana bisa terjadi sewaktu-waktu. Meskipun begitu risiko dalam bisnis harus bisa diselesaikan dengan baik dan tepat janganlah langsung menyerah dan ingatlah harus selalu mempunyai tekad untuk berhasil karena seperti yang diketahui dalam membuka usaha tentunya harus berani menerima risiko yang terjadi. Mengatasi risiko bisnis yang terjadi tentu bisa menjadi pelajaran kedepannya untuk tidak mengalami lagi sehingga ketika terjadi suatu masalah dalam bisnisnya sudah bisa mengantisipasi untuk tidak terjadi dan bisa mengatasi risikonya sendiri.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Admnistrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

posted by Dedi Purwana

64 komentar untuk "Menjadi Wirausaha di Tengah Pandemi Covid-19"

  1. Fitria Nur Aini6 Desember 2020 16.47

    artikelnya sangat bagus dan bermanfaat dimasa pandemi saat ini, apalagi bagi yg ingin mulai berwirausaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Artikelnya bagus juga bemanfaat untuk menjadi wirausaha apalagi ditengah pandemi ini
    Mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Amalia 🙏 semoga artikelnya bermanfaat

      Hapus
  3. sangat bagus artikel nya, memberi informasi yang bermanfaat untuk menjalankan usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Aini semoga artikel ini bermanfaat 🙏

      Hapus
  4. Artikel yang bagus dan bermanfaat untuk yang ingin menjadi wirausaha

    BalasHapus
  5. Sangat informatif sekali artikelnyaa

    BalasHapus
  6. Artikel nya sangat bermanfaat dan menambah wawasan.

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat bermanfaat sekali dan memotivasi☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.... Senang bisa memotivasi 🤗

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Artikelnya bagus.. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan 👍

    BalasHapus
  10. Sangat memotivasi... Menarik... Terimakasih

    BalasHapus
  11. Artikel yang sangat memberi memotivasi untuk berwirausaha dan juga memberi informasi yang bermanfaat👍☺️

    BalasHapus
  12. Artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi bangett

    BalasHapus
  13. bermanfaat dan menarik bangett

    BalasHapus
  14. Keren bgt artikelnya.. sangat bermanfaat sekali untuk kita semua

    BalasHapus
  15. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Sangat informatif sekali, bagus artikelnya

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Artikelnya menarik, menambah wawasan dan sangat memotivasi👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih senang bisa membantu dan memotivasi 🤗

      Hapus
  19. Tema dan isi nya Sangat informatif artikel nya suan, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih tari... senang bisa membantu :)

      Hapus
  20. Sangat menarik dan isinyabmudah dipahami

    BalasHapus
  21. artikelnya sangat menarik dan informatif ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih .... Semoga Bermanfaat informasinya :)

      Hapus
  22. Renny Andriani8 Desember 2020 00.01

    Artikelnya sangat informatif, terima kasihh

    BalasHapus
  23. Artikelnya yang bemanfaat untuk menjadi referensi wirausaha, terlebih lagi ditengah pandemi saat ini. Terima kasih:)

    BalasHapus
  24. Artikelnya sangat bermanfaat dan sangat informatif, terima kasih

    BalasHapus
  25. Artikelnya menarik dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. Artikelnya sangat menarik dan membantu untuk yang mau menjadi wirausaha di saat seperti ini

    BalasHapus
  27. Artikelnya sangat bermanfaat dan menarik

    BalasHapus
  28. Artikel yang sangat bagus dan bermanfaat:)

    BalasHapus
  29. Artikel yang menarik dan sangat memotivasi untuk bagi yang ingin menjadi wirausaha

    BalasHapus
  30. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya

    BalasHapus
  31. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  32. Putri Aisyah salsabil21 Desember 2020 15.26

    Artikel nya sangat bermanfaat sekali untuk saya karena dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  33. artikel ini sangat baik dan memberikan manfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  34. Terima kasih semoga membantu :)

    BalasHapus