Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIAPKAH PAPERLESS DALAM PEMBELAJARAN DAN BISNIS?

 

SIAPKAH PAPERLESS DALAM PEMBELAJARAN DAN BISNIS?
Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Oleh: Dirgantara Firhan Ali*

Bumi, tempat. makhluk-makhluk hidup, setiap waktunya semakin panas. Banyaknya pembakaran. bahan bakar minyak seperti untuk. menjalankan kendaraan-kendaraan yang selalu digunakan manusia untuk berpindah tempat adalah salah satu penyumbang meningkatnya (karbon dioksida) yang dapat menyebabkan. temperature atmosfer terus meningkat dan juga menyebabkan efek. rumah kaca atau globalwarming. Namun, bumi memiliki pohon. yang dapat meredam kenaikan. gas rumah kaca. Bagaikan spons, pohon menyerap karbon dioksida. dengan sangat besar. Pohon Trembesi dan Cassia adalah contoh pohon yang .dapat menyerap karbon dioksida mencapai. ribuan kilogram per tahun. Sayangnya, manusia sangat tamak. Pohon-pohon yang dapat. mengurangi globalwarming. yang disebabkan oleh manusia itu sendiri digunakan dengan tidak tertersturktur, salah satunya adalah pembuatan kertas secara massif dan tidak terkontrol.

Saat ini kertas di gunakan di .seluruh bidang kehidupan, mulai dari Pendidikan, kesehatan, hiburan, bisnis sampai pengabdian momen penting seperti penulisan Akta Kelahiran, pembuatan KTP, dan KK. Dalam dunia pendidikan, kertas berperan sangat penting. Bahkan, menurut psikologi pendidikan, anak-anak yang menulis di atas kertas belajar lebih baik daripada yang mengetik .karena menurut penelitian yang dimuat di Daily Mail, dengan menulis otak terangsang untuk mengingat huruf .demi huruf yang tertulis, bentuk huruf bahkan isi teks itu sendiri, sehingga otak akan. bekerja secara maksimal. Dalam aktivitas pembelajaran, kertas berperan sangat penting seperti untuk mencatat .hal-hal yang diterangkan oleh dosen atau guru, pun dengan buku cetak yang digunakan sebagai sumber dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan, di universitas, kertas sangat dipakai, apalagi saat sedang melaksanakan tugas akhir atau skripsi.

Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan saja, kertas. sudah digunakan sebanyak itu. Padahal, satu batang pohon hanya dapat menghasilkan enam belas rim kertas, sedangkan oksigen yang dibutuhkan oleh tiga orang dapat diperoleh. dari satu pohon. Selain itu, dunia kehilangan sekitar 1.732,5 hektar hutan setiap jamnya untuk dijadikan bahan. baku kertas, dan dibutuhkan tiga ton kayu untuk. menghasilkan satu ton kertas. Selain kehilangan pohon, untuk. memproduksi satu ton kertas dapat menghasilkan sekitar 2,6 ton karbon dioksida, atau setara dengan gas buang mobil, selama periode .enam bulan. Dan di Indonesia, dari segi volume, sampah kertas hampir sama besarnya dengan sampah plastik (Anggit Setiani Dayana, 2019).

Melihat fakta sebelumnya, di platform twitter sudah banyak Generasi Z menerapkan dan mengkampanyekan. konsep paperless dalam kegiatan belajar. Konsep paperless dalam belajar sangat mudah untuk dibayangkan : mereka mengganti penggunaan kertas dengan media lain. Media lain sebagai pengganti kertas bermacam-macam. Mulai dari penggunaan gadget tablet  atau media digital sebagai. pengganti untuk menulis di atas kertas. Di era digital 4.0 saat. ini, banyak tablet yang dapat. menggantikan fungsi kertas untuk menulis. Yang diperlukan, cukup pena digital sebagai pengganti. pena dan tablet fisik itu sendiri. Bagi yang suka menulis berwarna-warni pun tidak perlu lagi membeli alat tulis warna-warni karena di dalam sebuah aplikasi yang terdapat pada tablet tersebut. sudah memiliki fitur untuk menulis atau mengganti dengan berbagai macam pilihan warna.

Selain tablet, laptop atau komputer pun. bisa digunakan sebagai pengganti kertas. Seperti untuk menggambar yang pada awalnya selalu menggunakan kertas dapat digantikan dengan menggambar digital menggunakan laptop atau komputer. dan untuk menggoreskannya dapat menggunakan. pen tablet sebagai pengganti mouse atau mouse pad. agar proses menggambar menjadi lebih mudah. dan terasa seperti. menggunakan pena atau. alat menggambar lainnya layaknya menggambar di atas kertas. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar digital dan tentu saja dilengkapi fitur yang. sesuai dengan keinginan kita dengan berbagai ketebalan, bahkan kuas untuk menebalkan outline dan mewarnai pun beragam dan memiliki berbagai macam warna yang sangat beragam.

Lalu, untuk buku cetak yang digunakan. sebagai sumber .dalam hal pembelajaran pun dapat menggunakan buku elektronik. Dengan menggunakan buku elektronik siswa maupun mahasiswa. tidak .perlu lagi membawa. buku yang banyak dan tebal setiap harinya karena cukup menggunakan laptop atau tablet yang dimiliki, mereka dapat. mengaksesnya dan secara tidak langsung. dapat mengurangi penggunaan kertas. Dan yang terakhir, untuk skripsi, sebelum skripsi tersebut disetujui. atau dalam masa bimbingan, mahasiswa. dapat menggunakan format pdf atau word agar dosen. pembimbing dapat dengan mudah mencoret. skripsi tersebut jika terdapat kesalahan. atau perbaikan sehingga dapat langsung direvisi dan tidak perlu untuk dicetak berulang-ulang kali.

Dunia Binis

Paperless merupakan sebuah langkah .di era digital untuk perusahaan-perusahaan yang telah mengurangi penggunaan .kertas atau tidak menggunakan kertas sama sekali. Mereka lebih memilih untuk menggunakan. digital untuk menyimpan dokumen mereka. Paperless dipandang sebagai sebuah inovasi terbaru dan perubahan. yang besar karena mengubah cara kerja kantor yang cenderung menggunakan kertas. Meski masih mengandung perdebatan, sistem ini sudah digunakan oleh banyak. instansi karena mendatangkan banyak keuntungan bagi usaha mereka.

Dalam bisnis, penggunaan kertas telah dikurangi. dan kertas biasanya hanya digunakan untuk beberapa keperluan penting. saja seperti untuk keperluan meeting, proposal, dan juga hal lainnya yang memerlukan hardcopy. Mereka lebih memilih untuk menyimpan. data-data dalam bentuk digital seperti cloud dan computer karena praktis dan lebih mudah diorganisir.

Penggunaan kertas yang berlebihan bisa. mendatangkan banyak kerugian sehingga, mendorong perusahaan untuk beralih kearah. digital karena, ada banyak manfaat yang bisa mereka rasakan seperti dibawah ini

Pertama, pemasaran yang lebih efektif. Saat ini,banyak  perusahaan yang memasarkan produk mereka lewat internet melalui berbagai macam. bentuk content marketing. Hal ini terlihat dari munculnya keuntungan dari blog sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaan mereka. Karena itu, hal ini. membuat sejumlah perusahaan tidak lagi menggunakan kertas untuk memasarkan produk mereka

Kedua, Kamu tidak perlu lagi susah-susah. mengirimkan kertas karena, file yang kamu punya bisa dikirimkan lewat internet dengan lebih cepat. Hanya dalam waktu yang singkat, file yang ada bisa kita kirimkan. ke tempat yang sangat jauh dengan sangat cepat.

Ketiga, paperless membuat ongkos pengeluaran operasional perusahaan lebih murah sehingga, ongkos perusahaan bisa diatur dengan baik.

Keempat, akses yang mudah, Pelanggan kamu bisa mengakses informasi tentang produk kamu dengan lebih mudah karena, semuanya bisa didapatkan hanya lewat website atau social media dari perusahaan kamu.

Perusahaan yang ingin menerapkan paperless harus memiliki .kesiapan yang matang. Walaupun dinilai lebih murah dalam pengunaannya, paperless membutuhkan kapasitas digital yang besar serta backup data yang memadai jikalau suatu hari data data yang telah disimpan memiliki kendala

Dengan mengurangi penggunaan kertas dalam banyak. aktivitas manusia, kegiatan yang akan berdampak kepada berkurangnya. konsumsi pohon, secara tidak langsung kegiatan tersebut adalah salah satu upaya dalam menajaga serta membela negara. Dalam hal ini upaya bela negara dilakukan dalam. rangka menjaga lingkungan hidup. Karena sesungguhnya membela negara merupakan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh semua warga negara .tanpa terkecuali sebagai wujud cinta kepada tanah air.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

17 komentar untuk "SIAPKAH PAPERLESS DALAM PEMBELAJARAN DAN BISNIS?"

  1. Fernanda Amelia Putri19 Desember 2020 pukul 17.43

    Artikel sangat bermanfaat, keren Dir!!

    BalasHapus
  2. sangat informatif πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  3. Sangat informatifdan saya yakin akan bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus
  4. sangat mantap artikelnya gan

    BalasHapus
  5. Bermanfaat dan menambah wawasan sekali artikel ini

    BalasHapus
  6. Rizka Bunga Mustika23 Desember 2020 pukul 06.21

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus