Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Memulai Bisnis dengan Media Sosial

Oleh: Nanine Ivana*

Cakrawala media sosial terus meluas sejak masyarakat mengetahui keberadaannya. Terdapat banyak alasan untuk menggunakan jejaring sosial. Sementara beberapa menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan teman, rekan kerja, dan keluarga. Media sosial telah menjadi pilihan nomor satu pengguna Internet untuk mengumpulkan dan bertukar informasi. Hasil studi terbaru telah menunjukkan bahwa 89% pengguna internet menghabiskan setidaknya 3 jam per hari untuk berkomunikasi dengan teman melalui facebook; dalam penelitian yang sama, 76% dari responden menyebutkan bahwa mereka menghabiskan setidaknya empat jam per hari untuk mencari informasi tentang produk di media sosial. 

dunia kampus bisnis melalui media sosial
Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Pengguna media sosial di Indonesia, menurut Hootsuite (We are Social), telah mencapai 160 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2020. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia meningkat 12 juta (8,1 persen) antara April 2019 dan Januari 2020. Penetrasi media sosial di Indonesia sebesar 59 persen pada Januari 2020. Media sosial awalnya hanya digunakan untuk memungkinkan pengguna berhubungan dengan orang lain lewat perangkat lunak yang dalam komunitas virtual terbatas. Namun, kini media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana komunitas virtual untuk berinteraksi semata, tetapi juga digunakan sebagai saluran dalam bekerja.Terbukti, persentase pengguna internet yang menggunakan media sosial untuk keperluan bekerja di Indonesia, menurut Hootsuite (We are Social), sebesar 65 persen.

Sebagai generasi milenial, kita sebaiknya memanfaatkan keberadaan media sosial salah satu nya dengan membuka usaha atau berwirausaha melalui media sosial. Media sosial adalah salah satu jalan paling efektif untuk memasarkan, menawarkan bisnis online anda ke masyarakat luas. Melalui media sosial, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk mempelajari produk yang mungkin tidak ditawarkan oleh media iklan lain. Menyadari pentingnya media sosial untuk pertumbuhan bisnis online Anda akan memberikan lebih banyak peluang untuk berkembang dan menarik lebih banyak pelanggan. media sosial untuk bisnis tidak lagi opsional. Ini adalah cara penting untuk menjangkau pelanggan anda, mendapatkan wawasan berharga, dan mengembangkan merek anda. Berikut ini adalah beberpa manfaat berbisnis menggunakan Media Sosial :

Pertama, Komunikasi dengan customer lebih cepat dan lebih mudah. Dalam bidang Industri apapun bisnis anda, tentu tantangan atau rintangan akan selalu hadir didalamnya. tetapi jalur komunikasi yang dulunya agak menantang untuk dibangun sekarang tidak lagi sulit untuk dilakukan. Karna sekarang terdapat sebuah platform di berbagai media sosial yang akan mempermudah jaringan komunikasi untuk menyebarluaskan produk anda ke seluruh masyarakat. Hal tersebut dpat Pelanggan dapat mengomunikasikan umpan baliknya dalam waktu yang singkat hanya dengan menggunakan media sosial.

Kedua, Memanusiakan Merk (Humanize Brand). Sebuah studi di Inggris dari Trinity Mirror Solutions menemukan bahwa lebih dari setengah orang dewasa tidak mempercayai suatu merek sampai mereka melihat "bukti dunia nyata" bahwa merek tersebut menepati janjinya. Untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan, kita harus menunjukkan sisi kemanusiaan dari merek atau brand produk kita. Bagaimana Anda merangkul nilai-nilai merek anda? (Apakah produk anda bahkan memiliki nilai merek?) Bagaimana anda mencari kepentingan terbaik pelanggan dan karyawan anda? Apakah produk anda benar-benar berfungsi?

Kemampuan menciptakan hubungan manusia yang nyata adalah salah satu manfaat utama media sosial untuk bisnis. Kami menyebutnya momen hubungan yang Berarti. Perkenalkan pengikut anda kepada orang-orang yang membentuk perusahaan anda dan tunjukkan bagaimana pelanggan yang ada menggunakan dan mendapatkan manfaat dari produk anda. Program-program untuk meningkatkan daya tarik pembeli melalui media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk memanusiakan merek produk kita.

Ketiga, Networking & Partnerships. Membangun hubungan yang berkualitas menjadi jauh lebih mudah dengan komunikasi yang efisien yang kami dapatkan dari media sosial, dan membangun hubungan dengan influencer utama menghasilkan banyak nilai untuk merek Anda.

Keempat, Customer Feedback. Dalam dunia bisnis, penjualan, dan keuntungan, terlepas dari apa industri anda dan kepada siapa anda memasarkan dan menjual, fokusnya harus benar-benar berada pada pelanggan.  kesuksesan, baik secara digital maupun tradisional, dicapai dengan memahami - dan memberikan - layanan pelanggan dengan kualitas terbaik, dan melakukan segala daya anda untuk memastikan pelanggan dan pelanggan potensial yang anda memiliki pengalaman terbaik dengan perusahaan Anda. edia sosial membantu kami mempertahankan reputasi itu dengan memberi kami platform untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan kami seperti yang belum pernah kami lakukan sebelumnya. Itu juga berarti kami menerima umpan balik pelanggan nyata langsung dari sumbernya, lebih cepat dari sebelumnya (dan biasanya jauh lebih mentah juga).

Bisnis harus menggunakan peluang luar biasa ini untuk membangun merek mereka sebagai operasi yang benar-benar mengutamakan konsumen, yang pada akhirnya membangun reputasi merek menjadi sesuatu yang tidak pernah salah dan diandalkan selama bertahun-tahun oleh basis pelanggan yang terus berkembang

Kelima, Buat Pelanggan Terkesan. Melalui media sosial banyak sekali platform yang dapat menarik perhatian pelanggan agar membeli produk anda. Salah satu nya dengan memasarkan produk anda melalui aplikasi media sosial Instagram atau website. menarik pelanggan melalui postingan foto produk anda. Semakin menarik dan kreativ foto posingan produk anda, hal tersebut akan menjadi pertimbangan pelanggan untuk membeli produk anda.

Keenam, Branding. Branding adalah sebuah cara bagaimana anda membangun citra dan reputasi yang baik dimata pelanggan. Karena pentingnya branding, bisnis dan organisasi harus membangun merek yang kuat sejak awal sehingga mereka dapat secara konsisten mempertahankannya seiring pertumbuhan dari bisnis nya. Manfaat dari memasarkan produk melalui media sosial salah satunya yaitu branding. Dengan melakukan branding yang secara terus menerus dan menarik, dapat terhubung secara mendalam dengan pelanggan, karyawan, dan masyarakat umum. Hubungan ini adalah proses bertahap yang terjadi seiring waktu, tetapi dimulai dengan membangun reputasi yang baik, membiarkan audiens mengenal brand anda dan akhirnya menemukan cara berkomunikasi yang berkesan, dan berujung membeli produk anda.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis, anda dapat memulai langkah tersebut dengan memulai bisnis melalui media sosial terlebih dahulu. Sedikit demi sedikit melakukan branding melalui media sosial lambat laun akan mengembangkan dan meningkatkan usaha anda tersebut. Asalkan anda memilki niat, motivasi, dan usaha yang tinggi juga dalam menjalankan bisnis tersebut. Selalu berusaha mencari jalan keluar jika bisnis anda sedang terpuruk, mencari cara untuk menarik perhatian pelanggan anda. Bisnis anda akan berhasil jika dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan bisnis anda. Semoga artikel ini berguna bagi sobat dunia kampus yang ingin terjun berbisnis.

*Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Posted by Dedi Purwana

 

1 komentar untuk "Memulai Bisnis dengan Media Sosial"