Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengais Income Tambahan Ala Mahasiswa

Melanjutkan postingan sebelumnya 8 ide bisnis ala mahasiswa, kali ini sobat dunia kampus akan diajak untuk menggali peluang lain mendapatkan income tambahan dari internet khususnya Youtube dan web/ blog.  

pasarview dunia kampus
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay 

Youtube merupakan plaform web berbagi video. Sejak kehadirannya pada tahun 2005 dan kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun berikutnya, telah merebut hati para penggunanya mulai sekedar menonton konten hiburan hingga ladang untuk mengais rejeki bagi para youtuber pemula dan profesional. Bahkan youtube ditengarai sudah menjadi pesaing berat TV, Radio dan Bioskop. Warga kampuspun mulai turut memanfaatkan situs berbagi video ini untuk kepentingan perkuliahan.

Dosen dapat memanfaatkan youtube sebagai penunjang perkuliahan. Web berbagi video ini dapat dijadikan sumber rujukan untuk materi pokok bahasan  tertentu dalam satu mata kuliah. Dosen dapat memberikan penugasan proyek pembuatan video dari sub pokok bahasan yang diberikan kepada mahasiswa baik secara invidu maupun berkelompok. Dan yang tidak kalah pentingnya, pemanfaatan youtube memacu gairah mengajar dan belajar karena mendukung gaya belajar anak-anak milenial.

Bagi mahasiswa, youtube dapat didayagunakan untuk memahami satu pokok bahasan yang tidak sempat disampaikan dosen saat tatap muka atau maya. Selain sebagai media mengupload tugas/ proyek kuliah, platform yang satu ini dapat melatih kreatifitas mahasiswa sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah bagi mahasiswa yang ingin memanfaatkan youtube untuk menambah penghasilan, tidak ada salahnya memperhatikan hal-hal berikut: Pertama, buatlah channel youtube dengan niche tertentu, semisal sesuai minat, hobi, dan kompetensi diri. Kedua, buatlah konten video semenarik mungkin. Ketiga, sosialisasikan channel youtube seintensif mungkin. Keempat, perbanyak viewer dan subscriber untuk memonetisasi channel/ akun melalui google adsense. Bagi youtuber pemula memang butuh proses dan waktu yang lama untuk dapat meningkat jumlah viewer dan subscriber. Dalam aturan youtube misalnya, persyaratan untuk menjadi mitra google adsense, channel/ akun youtube kalian harus  memiliki minimal 1000 subscribers dan 4000 jam tonton. 

Youtuber pemula yang ingin channelnya segera termonetisasi, bisa memanfaatkan layanan jasa pasarview. Pasarview.com adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang digital advertising agency yang memberikan layanan jasa promosi web/blog dan channel/ akun youtube. Promosi meliputi jasa tambah viewer bagi web/ blog dan tingkatkan jumlah viewer serta jam tayang youtube. 

Konsep bisnis pasarview adalah simbiosis mutualisme, yaitu mempertemukan pemasang iklan (advertisers) dengan penonton iklan (viewers). Viewers bisa mendapatkan penghasilan dengan melihat iklan yang dipasang oleh advertiser baik berupa video maupun website dan atau blog. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menggiurkan untuk teman-teman mahasiswa tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan. Sedangkan bagi advertiser tentunya berharap dengan memasang iklan bersama pasarview.com bisa mendapatkan lonjakan trafik yang masuk ke web atau blognya sehingga berdampak peningkatan skor Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan Google index. Selain itu advertisers bisa meningkatkan jumlah viewer dan jam tayang ke akun youtube mereka.

Adapun manfaat spesifik yang akan diperoleh advertisers diantaranya: 1) View youtube atau website bertambah dengan cepat; 2) 4000 jam tayang youtube cepat tercapai sehingga akun youtube bisa di monetisasi dan siap menghasilkan uang dari iklan yang tampil; 3) Meningkatkan kunjungan ke tempat usaha advertisers; 4) Memberikan informasi mengenai produk yang dipasarkan dan dibutuhkan oleh konsumen; 5) Menyampaikan dan mengenalkan produk ke konsumen; dan 6) Meningkatkan brand awareness bisnis milik advertisers.

Sedangkan keuntungan bagi viewers selain untuk mendapatkan income tambahan, proses pendaftaran sangat mudah, tanpa modal dan gratis. Bila durasi iklan telah ditonton sepenuhnya maka viewer akan mendapatkan komisi yang langsung masuk ke akun secara otomatis. Minimum penarikan saldo minimal hanya Rp. 100.000 dan langsung ditransfer ke rekening masing-masing viewer. Nah, sobat kampus yang berminat mendaftar menjadi viewer silakan kunjungi https://www.pasarview.com

Peluang untuk mendapatkan uang saku dengan beragam manfaat di atas dapat diperoleh mahasiswa sekaligus tentunya membantu meringankan beban finansial orang tua. Pepatah mengatakan 1000 jalan menuju Roma, seribu jalan juga untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Selamat mengais rupiah dari internet sobat dunia kampus [ ].