Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Memanaskan Mobil di Pagi Hari Sebelum Beraktivitas

Sobat dunia kampus tahukah kalian, ada banyak cara untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima setiap hari. Apalagi sebagai pemilik kendaraan harus tahu cara yang mudah dalam menjaga performa kendaraan, salah satunya dengan memanaskan mesin kendaraan. Hal ini adalah cara yang paling mudah dan bisa dilakukan siapa saja di rumah. Waktu ideal untuk memanaskan mesin adalah di pagi hari, alasannya karena selama semalaman mobil tidak menyala sehingga perlu waktu untuk mesin dan komponen lainnya sampai panas dan ada di performa terbaiknya.

mobil bekas surabaya
Gambar oleh Paul Brennan dari Pixabay

Tentunya tidak masalah jika mobil tidak dipanaskan dan bisa langsung pergi beraktivitas, tetapi hal yang dikhawatirkan adalah banyak komponen yang belum panas sehingga mengganggu kinerja. Bagi yang jarang memanaskan mobil saat pagi hari, maka ada baiknya mulai sekarang untuk berubah dan mulai melakukan hal yang penting ini. Di bawah ini juga akan dijelaskan cara tepat memanaskan mobil saat pagi hari sebelum mulai banyak aktivitas.

Perhatikan waktunya

Waktu untuk memanaskan mobil berbeda-beda tergantung teknologi yang ada pada mobil, ada yang butuh waktu cepat tetapi ada juga kendaraan butuh waktu agak lama agar bisa cepat panas. Jika memiliki mobil injeksi maka disarankan untuk memanaskan mesin pada rentang waktu 30 detik sampai 1 menit saja dan jangan terlalu lama karena bisa boros bahan bakar. Untuk mobil injeksi, waktu untuk memanaskan mesin bisa agak lama sekitar 5 sampai 10 menit agar saat dijalankan sudah langsung panas.

Tak perlu menginjak gas

Saat memanaskan mesin, maka pemilik kendaraan tidak perlu menginjak gas, hal tersebut karena sirkulasi penggunaan oli yang ada di mesin belum mencapai 100% melumasi setiap komponen sekitar mesin. Jika memaksa untuk menginjak gas maka akan membuat gesekan menjadi lebih kasar karena belum terlumasi oleh oli sehingga bisa merusak beberapa komponen. Jadi biarkan saja mesin dalam keadaan idle saat dipanaskan di garasi rumah.

Jangan menyalakan AC

Tips selanjutnya adalah tidak dianjurkan menyalakan AC ketika mesin sedang dipanaskan karena suhu di dalam mobil belum mencapai level normal dan bisa membebani kinerja mesin yang belum terlalu panas. Ada baiknya menyalakan AC ketika mesin sudah panas dan normal sehingga bisa cepat dingin dan menyejukkan kabin.

Panaskan pada area terbuka

Jika mobil berada di garasi tertutup maka ada baiknya membuka pintu garasi sebelum mulai memanaskan mesin, alasannya agar terdapat sirkulasi udara karena terdapat gas buangan yang keluar dari knalpot.

Itulah cara tepat dan cerdas dalam memanaskan mobil sebelum pergi melakukan aktivitas. Mobil yang jarang dipanaskan tentunya akan membuat beberapa komponen jadi rusak, jika sudah banyak yang rusak maka kemungkinan besar mobil akan dijual. Sebaiknya orang yang ingin beli mobil bekas harus waspada, ada baiknya beli di platform mobbi saja. Keunggulan dari mobbi yaitu memastikan semua mobil bekas Surabaya certified yang berarti lolos inspeksi lebih dari 150 titik. Jadi mulai sekarang percayakan jual beli kendaraan hanya di platform mobbi.