Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting 1

Pentingnya Kesadaran Untuk Memulai Bisnis

Oleh: Rizka Ananda Putri*

Bisnis bukan hanya sekedar menjual namun bisnis juga harus mampu menghasilkan laba yang signifikan menaik seiring berjalannya waktu dalam membuka bisnis tersebut. Jika kita mengeluarkan modal namun penghasilan dari penjualan kita tidak menghasilkan laba tentunya itu menjadi hal yang sia sia dan tidak bernilai.

Pentingnya Kesadaran Untuk Memulai Bisnis
Foto oleh Brett Sayles dari Pexels

Penting untuk kita menyadari betapa pesatnya perubahan di era revolusi 4.0 yang membawa dampak terhadap semua aspek dan tak terkecuali dalam berwirausaha. Jika dilihat dari banyaknya wirausaha yang menjalankan bisnis, kita perlu sadar apakah pilihan yang ingin kita jalankan sudah tepat dan akan menjamin perkembangan kedepannya atau hanya mengikuti trend saja. Dampak covid-19 ini menjadikan banyak orang yang akhirnya mencoba untuk berwirausaha namun tidak sedikit orang yang hanya mengikuti trend saja tanpa memikir panjang apa yang akan terjadi kepadanya, apakah ia benar menjalankan bisnis? apakah ia sudah memberanikan diri untuk mampu bersaing? apakah ia paham dengan apa yang ia jalankan? Karena hanya mengikuti trend berbisnis menjadikannya gagal dalam menjalankan usaha tersebut dan tentunya hal seperti itu yang harus kita sadari dan jangan sampai hanya karena trend kita jadi mencoba hal yang tidak kita tahu terlebih dahulu.

Di era revolusi 4.0 ini memulai bisnis tentunya tidak mudah karena maraknya perkembangan teknologi yang menjadikan bisnis makin berkembang pesat. Jika awalnya sebagian orang hanya menjalankan bisnisnya dengan cara konvensional sekarang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis dengan cara digital akibatnya menjadikan bisnis makin beragam dan tentunya banyaknya persaingan.

Seorang pembisnis adalah seorang wirausaha, agar tidak salah dalam menjalankannya tentunya kita harus paham terlebih dahulu apa itu wirausaha. Wirausaha adalah seseorang yang selalu memiliki ide dan gagasan bagus dalam membuat sebuah produk. Menjadi seorang wirausaha bukan hal yang mudah menjadi seorang wirausaha adalah sesuatu yang menantang karena dalam melakukakan nya kita harus mampu mengelurakan biaya proses awal hingga adanya laba yang dihasilkan  jika kita ingin memulai berwirausaha kita harus mampu menanamkan jiwa yang positif dan kreatif.

Dengan berpikir positif bahwa produk yang diciptakan akan menjadi produk yang unggul dan mampu bertahan dalam jangka panjang, berpikir positif dalam bersaing dengan cara yang benar dan menghindari perbuatan kotor yang menjadikan nya merusak citra produk tersebut, kreatif dengan produk-produk yang ingin di kembangkan  dan mempunyai strategi bisnis dalam jangka waktu panjang.

Kesadaran itu harus diterapkan sejak awal jika kita benar benar ingin menjadi seorang wirausaha dan bukan hanya mengikutin trend saja. karena jika kita mampu bersungguh-sunnguh dalam menjalankannya akan menjadi hal yang mudah bagi kita dalam menghadapinya kedepan percaya bahwa semua akan bejalan dengan baik jika kita mempunyai niat yang sungguh-sungguh

Untuk memulai usaha yang selayaknya mungkin ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai seorang wirausaha yang bijaksana, yaitu:

Pertama, Produk. kita harus mampu mencari atau mengetahui produk apa yang akan kita jual. Kita harus tau produk apa yang berguna dalam jangka waktu panjang, dan tentunya di era digital ini yang memberi dampak pada perubahan pola kebiasaan konsumen yang lebih sering menggunakan fitur online contohnya saja jika membeli makanan, biasanya konsumen akan membeli makanan secara langsung ketempat makanan tersebut, namun dengan berkembangnya teknologi dengan adanya Go-Food seiring berjalanya waktu pun konsumen mengubah kebiasaan dengan menggunakan Go-Food dibanding membeli secara langsung. Itu memberi gambaran bahwa produk gojek, grab atau platform yang memberikan jasa pengantar makanan memberi efek perubahan pada pola kebiasaan masyarakat yang menjadikanya unggul dalam produknya.

Kedua, Inovasi. Inovasi memang bukan hal yang mudah yang bisa dilakukan namun jika wirausaha mampu menciptakan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen itu akan menjadi nilai tambah dan proses keberhasilannya dalam menciptakan sebuah produk yang baru. Tentunya dalam persaingan yang begitu banyak ini sudah sepantasnya bagi seorang pembisnis untuk membuat inovasi baru untuk produknya

Ketiga, Keberanian. Seorang wirausaha harus berani dalam mengambil keputusan, harus berani dengan pesaing pesaing yang ada, berani dalam setiap perubahan dan  mampu mengkodisikan setiap perubahan yang terjadi dengan tetap berfikir positif dan bijaksana. Contonya ketika keadaan pandemi seperti saat ini, hal yang harus dilakukakn seorang wirausaha adalah tetep optimis dalam menjalankan usahanya, berani dengan perubahan situasi dan mampu mengendalikanya dengan baik dan tentu hal itu akan menajadi nilai lebih saat kita mampu mengendalikan usaha di kondisi yang tidak memungkinkan namun mampu bertahan.

Keempat, Branding. Penting bagi seorang pembisnis untuk menciptakan brand terhadap produknya, jika brand  dari produk yang diciptakan dikenal oleh masyarakat tentunya akan menjadi sebuah keberhasilan dalam produknya. Contohnya brand Adidas yang sudah pasti kita tahu seperti apa nama adidas dikalangan banyak orang. Penting bagi wirausaha agar mampu membranding produknya dengan gambaran yang unik dan mampu dikenal dengan cepat, untuk itu harus didasari dengan konsep yang sesuai dengan produk dan terkesan unik dalam menggambarkannya.

Kelima, Marketing. Sebagai seorang wirausaha kita harus mampu memperkenalkan produk kita mempasarkan produk tersebut terhadap pelanggan untuk meyakinkan bahwa produk tersebut layak digunakan atau menjadi produk yang tepat untuk dipilih. Dalam memasarkan produk tentunya bukan hal yang sulit di era digital saat ini karena kita mampu memanfaatkan platform media social seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagianya untuk kita pasarkan, bahkan untuk menjualnya pun juga sudah cukup memadai dengan platform Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.

Tips diatas menjadi acuan bagi kita yang ingin memulai bisnis dengan baik tentunya kita harus menyadari hal apa saja yang harus kita lakukan dengan kita sadar dengan apa yang akan kita lakukan disitulah rasa niat bersungguh-sungguh dalam berbisnis. Produk, Inovasi, Keberanian, Branding, dan Marketing menjadi salah satu landasan kuat agar bisnis berjalan dengan baik.

Dari uraian diatas mungkin ada perlakuan yang tidak salah untuk dilakukan yaitu mengikuti sebuah trend, karena dari awalnya kita bergerak untuk mecoba berbisnis dengan trend yang meyakinkan disitulah ada niat kecil yang muncul untuk akhirnya kita memulai sebuah bisnis yang sungguh-sungguh. Belajar dari kesalahan yang pernah terjadi untuk tidak diulangi Kembali, belajar dengan apa yang sudah dilakukan agar dikemudian hari mampu melakukan yang terbaik, dan agar mampu menciptakan inovasi yang baru sehingga berguna untuk banyaknya kalangan masyarakat. Namun ada lebih baiknya jika kita mnegetahui terlebih dahulu, sadar dengan apa yang akan kita perbuat sehingga menimbulkan efek yang positif kedepannya.

Harus disadari bahwa saat ini merupakan era digital 4.0 yang memungkinkan untuk mengakses dan membagikan informasi di internet, namun akan ada revolusi baru yang harus kita hadapi yaitu revolusi 5.0 yang dimana menjadi dasar bahwa teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri dan kita harus mampu menghadapi perubahan tersebut.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat dunia kampus.

*Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 

Posted by Dedi Purwana 

5 komentar untuk "Pentingnya Kesadaran Untuk Memulai Bisnis"